Bisa Atasi Gejala PMS, Ini Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Kesehatan

Kacang hijau organik

Kacang hijau organik merupakan bahan makanan yang dapat dijadikan berbagai olahan makanan. Selain itu, kacang hijau mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.


Kacang hijau menjadi salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Tanaman yang sering disebut dengan green gram, mung bean, golden gram, dan nama ilmiah Vigna radiata L.


Benarkah Kacang Hijau Organik Dapat Mengatasi PMS?

Umumnya hormon yang naik-turun sebelum menstruasi merupakan salah satu gejala PMS. Seringkali gejala tersebut menimbulkan rasa sakit pada area perut dan rahim, serta pegal-pegal di sekujur tubuh. Melalui kacang hijau, anda bisa mengatasi gejala-gejala PMS. 


Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan folat. Berbagai kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gejala PMS.


Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Rupanya, selain dapat mengatasi gejala PMS, kacang hijau organik juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan satu gelas kacang hijau seberat 100 gram mengandung sumber protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Nah, berikut ini beberapa manfaat kacang hijau yang baik untuk kesehatan, terutama untuk Anda yang sudah mulai menginjak usia 30-an.


  1. Cegah Risiko Penyakit Jantung

Masalah pada pembuluh darah dan kolesterol darah yang tinggi sering kali menyebabkan penyakit jantung. Namun, beberapa studi menyatakan jika konsumsi kacang hijau berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.


Antioksidan vitexin dan isovitexin pada kacang hijau organik berperan penting dalam menghambat kolesterol serta pembentukan jaringan lemak. Selain itu, antioksidan didalamnya mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.


  1. Tekanan Darah Menurun

Menginjak usia 30-an tekanan darah yang tidak stabil bisa saja terjadi pada siapa saja. Oleh kerana itu, mengonsumsi kacang hijau bisa cegah tekanan darah tinggi. Pasalnya, protein kacang hijau memiliki protein yang dapat menghambat kerja Angiotensin Converting Enxyme (ACE), yakni enzim yang berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi.


  1. Menurunkan Kolesterol

Selain mencegah penyakit jantung, kacang hijau organik juga dapat menurunkan kolesterol. Zat antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol total serta Low-Density Lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat.


Para ahli mengatakan bahwa bahwa antioksidan pada kacang hijau dapat menguraikan lemak dan kolesterol pada proses pencernaan. Kandungan ini juga dapat mencegah pembentukan timbunan lemak di tubuh.


Sekarang sudah tahu kan, kalau kacang hijau organik juga bisa mengatasi gejala PMS? Anda juga bisa memanfaatkan kacang hijau sebagai menu sehat harian, guna menunjang kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pastikan sediakan kacang hijau organik di rumah.


Kunjungi Health Choice untuk mendapatkan kacang hijau organik dan berbagai bahan makanan organik lainnya. Klik di sini untuk berbelanja.

 

Baca juga: Dikenal Tinggi Protein, Ini Fakta Kacang Hijau Organik Bisa Jadi ASI Booster

Baca juga: Bisa Jadi MPASI untuk Bayi, Ini Resep Bubur Kacang Hijau Praktis dan Muda


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published