Efektif Turunkan Kolesterol, Daftar Snack Sehat Ini Wajib Ada di Rumah

Efektif Turunkan Kolesterol, Daftar Snack Sehat Ini Wajib Ada di Rumah

Siapa nih yang masih mengira kalau makan camilan itu buruk untuk kesehatan? Jangan salah, beberapa makanan ringan atau snack justru bagus untuk kesehatan lho, termasuk menurunkan kolesterol. Tapi pastikan pilih snack sehat ya.

Camilan ini umumnya adalah makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi baik. Kalau kamu memiliki kolesterol tinggi, coba deh masukkan camilan ini dalam menu makanan sehat harianmu. Ingat, imbangi pula dengan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, kelola stres, dan tidur cukup. Sebab, kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit jantung hingga pembuluh darah.

Ingin tahu snack sehat apa saja yang bisa membantu menurunkan kolesterol? Ini dia daftarnya:

  • Edamame
  • Sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Nah, edamame alias kacang Jepang ini diketahui mengandung isoflavone yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

    Kandungan ini juga diklaim dapat menurunkan risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan kanker. Cara paling mudah untuk memasak edamame yaitu dengan merebusnya selama 2-5 menit. Agar lebih kaya rasa, kamu bisa menambahkan sedikit garam. Lalu dinginkan dan tiriskan. Edamame siap dinikmati!

  • Buah apel
  • Apel bisa menjadi camilan sehat untuk menurunkan kolesterol karena kandungan pektin di dalamnya. Pektin adalah serat larut air yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis serat ini juga mampu menyerap kolesterol dan lemak jahat pada usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses dan urin.

    Menurut penelitian, mengonsumsi dua buah apel utuh setiap hari dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Dengan begitu, serangan jantung dan stroke pun juga dapat dicegah.

    Kandungan pektin dan polifenol pada apel juga membantu meningkatkan kadar HDL. Apel juga sering masuk ke dalam menu makanan sehat para pelaku diet karena nutrisinya dan rendah lemak. Selain itu, polifenol di dalam apel bisa menurunkan oksidasi LDL yang berperan dalam pembentukan aterosklerosis.

    Apel juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh berkat vitamin dan antioksidan polifenol di dalamnya. Manfaat lainnya dari buah apel adalah kandungan seratnya yang tinggi, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

  • Alpukat
  • snack sehat

    Sumber foto: Google

    Siapa yang tidak kenal buah satu ini? Buah yang enak ini sering dijadikan topping es campur atau salad serta dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus. Selain enak, alpukat juga terkenal akan nutrisinya, salah satunya kandungan lemak sehat yang tinggi.

    Buah yang kerap masuk ke dalam menu makanan sehat ini sebetulnya mampu menyerap nutrisi dari makanan lain. Kandungan lemak tak jenuh ganda dan tunggal di dalamnya juga bagus untuk kesehatan jantung.

  • Roti Gandum Utuh
  • Roti gandum kaya akan serat sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kamu bisa mengombinasikannya dengan keju yang tinggi akan kandungan probiotik sehingga baik untuk pencernaan.

  • Oatmeal
  • Bukan hanya enak disantap sebagai menu sarapan, oatmeal juga bisa kamu jadikan sebagai camilan yang membantu mengontrol kolesterol. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut yang dapat menyerap kolesterol. Agar nutrisinya semakin lengkap, nikmati oatmeal dengan irisan buah segar, seperti stroberi atau pisang.

    Itu dia beberapa pilihan snack sehat untuk menurunkan kolesterol. Ingin memulai pola hidup sehat? Langsung saja cek website Healthy Choice dan dapatkan bahan-bahan pangan di sini untuk kamu jadikan sebagai menu makanan sehat di rumah.

     

    Baca juga: Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

    Baca juga: 5 Tips Daftar Camilan Sehat dan Enak Saat di Kantor, Tenang Berat Badan Aman


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published