Fakta Menarik Beras Merah yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Menarik Beras Merah yang Perlu Kamu Ketahui

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang sering dijadikan sebagai bahan makanan pokok yang menyehatkan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan manfaat beras merah kaya mengandung sedikit kalori yang sering digunakan sebagai pengganti nasi putih untuk mengurangi gula darah.

Selain itu, nasi merah juga sering kali digunakan sebagai salah satu bahan pangan yang dapat mengurangi berat badan tubuh. Karena beras merah memiliki jumlah kalori dari 230 hingga 250 kalori serta mengandung karbohidrat 45 hingga 50 gram. Sehingga beras merah menjadi pilihan yang cocok untuk yang sedang menjalankan diet sehat.

Beras merah sendiri merupakan padi yang dikeringkan hingga kadar air mencapai minimal 14%. Warna dipengaruhi dari kandungan antosianin yang merupakan pigmen warna yang dihasilkan alami. Adapun kandungan lainnya yang dimiliki beras merah diantaranya adalah memiliki kalium 80 mg, magnesium 80 mg, zat besi 1,1 mg, Natrium 2 mg, Protein 5 gram. Berikut ini merupakan fakta menarik tentang beras merah.

Beberapa Fakta Menarik Seputar Beras Merah yang Perlu Diketahui

  • Beras Merah Memiliki Serat yang Sangat Tinggi

  • serat

    Beras merah memiliki kandungan yang kaya akan serat serta dilengkapi dengan kandungan vitamin yang banyak. Untuk 100 gram beras merah memiliki kandungan serat sebanyak 1,3 gram sementara beras putih hanya mengandung 0,2 gram serat. Hal ini juga dapat membantu anda yang kurang suka terhadap sayur.

    Untuk memenuhi kecukupan gizi dan serat yang dibutuhkan tubuh melalui sayur, nasi merah dapat menjadi solusi untuk membantu melancarkan pencernaan. Sehingga buang air menjadi lebih lancar dan tidak membuat anda merasa begah dan mengalami masalah pencernaan.

  • Dapat Membantu Proses Pertumbuhan Gigi Dan Tulang

  • Selain kaya akan serat, nasi merah juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan ini juga baik untuk memenuhi kecukupan vitamin C yang harus dimiliki tubuh.

    Beras merah juga mengandung magnesium dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Kandungan ini dapat menyediakan struktur fisik tulang. Beras merah memiliki kandungan 16 mg kalsium dan 43 mg magnesium untuk 100 gram beras merah yang dimasak.

  • Aman Untuk Penderita Penyakit Diabetes

  • beras merah

    Nasi putih memiliki glukosa dan indeks glikemik yang tinggi, hal ini yang menyebabkan rasa manis yang ditimbulkan pada nasi putih yang dimakan. Berbeda dengan nasi merah yang rasanya cenderung lebih hambar dan memiliki tekstur yang lebih kasar. Perbedaan ini membuat kedua rasa dari nasi ini berbeda.

    Untuk itu, beras merah sangat cocok dan baik untuk kesehatan penderita penyakit diabetes. Dimana nasi merah akan membuat gula darah dalam tubuh dapat terkontrol dan kondisi tubuh penderita diabetes juga tidak akan memburuk.

  • Memiliki Kalori yang Rendah

  • Beras merah memiliki 100-110 kalori saja, sedangkan beras putih memiliki kandungan 130 kalori untuk jumlah porsi yang sama. Kelebihan kalori dapat menyebabkan obesitas dan rentan penyakit jantung. Sehingga beras ini juga sangat cocok untuk menurunkan berat badan dan mencegah penyakit obesitas.

  • Menghindari Dari Kemungkinan Penyakit Alzheimer

  • beras merah

    Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan daya ingat, umumnya terjadi pada manusia yang sudah lanjut usia. Beras merah dapat membantu mencegah komplikasi hilangnya fungsi neuron di otak karena banyak kandungan asam gamma-aminobutyric, yang dapat meminimalisir kegiatan neuron yang memiliki peranan penting dalam menjaga daya ingat.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published