Mengenal 7 Khasiat Beras Coklat yang Menyehatkan

Mengenal 7 Khasiat Beras Coklat yang Menyehatkan

Beras coklat merupakan salah satu jenis beras yang dapat dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat. Beras coklat atau brown rice dikategorikan sebagai gandum utuh yang lebih sehat karena merupakan sumber serat. Khasiat beras coklat juga sangat cocok untuk menjadi makanan sehat yang dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Beras coklat memiliki kandungan yang kaya akan serat yang mampu memberikan energi lebih pada tubuh. Selain serat yang padat, beras coklat juga diperkaya dengan kandungan kalium, magnesium, karbohidrat, serat, vitamin B, fosfor, selenium.

Adanya serat di dalam beras coklat membuat lebih lama dicerna dibanding dengan beras putih. Beras coklat juga memiliki indeks glikemik yang rendah, dimana hal ini tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara mendadak segera setelah mengkonsumsinya dan baik untuk oleh penderita diabetes.

Berikut ini Beberapa 7 Khasiat Beras Coklat

  • Mencegah Penyakit Kanker Payudara

  • Khasiat beras coklat
    Sumber foto: Canva.com

    Mencegah kanker payudara, lignin yang terdapat di dalam beras coklat diduga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara. 

  • Menguatkan Tulang dan Gigi

  • Beras coklat mengandung magnesium yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin D di dalam beras coklat mampu memberi nutrisi yang baik bagi tulang dan gigi. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

  • Dapat Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

  • beras coklat
    Sumber foto: Canva.com

    Beras coklat memiliki kadar selenium dan fenol yang tinggi di dalam beras coklat. Kandungan tersebut sangat baik untuk menurunkan resiko kanker usus besar yang berbahaya. Beras coklat memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu membantu menjaga kesehatan usus resiko terjadi kanker.

  • Bantu Menjaga Berat Badan agar Tetap Stabil

  • Mengkonsumsi makanan banyak serat umumnya dapat membuat anda mengurangi porsi makan yang umumnya anda konsumsi. Beras coklat memiliki kandungan yang tinggi akan serat yang dapat menjadi solusi untuk anda yang sedang menjalankan diet yang sehat.

    Saat ini juga telah banyak resep menarik dan sehat yang dapat anda olah dengan bahan baku beras coklat. Anda dapat melengkapi makanan nasi coklat dengan berbagai lauk pauk sehat seperti sayur-mayur, protein, dan berbagai jenis makanan yang tentunya memiliki kandungan vitamin didalamnya.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

  • Beras coklat memiliki kandungan yang tinggi akan mangan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk asam lemak dan berbagai jenis hormon yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

  • Menurunkan Kolesterol

  • Beras coklat merupakan sumber serat larut air yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah, selain itu juga memiliki kandungan minyak yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

  • Mencegah Penyakit Jantung

  • beras coklat
    Sumber foto: Canva.com

    Khasiat beras coklat juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan serat yang tinggi dapat dikonsumsi untuk melindungi dan menghindari dari penyakit jantung, berbagai gangguan jantung dan pembuluh darah.

     

    Baca juga: Trik Mengolah Makanan Bebas Gluten dengan Tepat

    Baca juga: Makanan sehat yang baik untuk pengidap penyakit diabetes


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published