Mengatur Pola Diet Sehat Anak untuk Mencegah Penyakit

diet sehat

Anak dengan berat badan berlebih dapat menyebabkan terserang penyakit obesitas. Sehingga mengatur pola diet sehat anak akan menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan, menjaga pola makan juga dapat bermanfaat untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan.

Umumnya hal ini terjadi karena kurang memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terlebih sebagian besar makanan atau jajanan anak tidak memperhatikan kandungan gizi. Asupan untuk anak seharusnya memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. 

Hal ini tentu akan mengakibatkan timbulnya penyakit jika terus dibiarkan. Diet sehat anak dapat menjadi solusi yang tidak hanya mampu mengatur sumber makanan anak, tetapi juga mampu membantu anak lebih terbiasa dalam mengatur asupan makan dengan tujuan untuk menghindari tubuh dari penyakit.

Diet sehat anak juga tidak akan mengurangi makanan secara berlebih, justru akan memperbaiki pola makan yang sehat pada anak agar tidak mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki nilai gizi yang baik. Cara ini juga dapat menurunkan berat badan anak yang berlebih serta kesehatan tetap terjaga.

Beberapa Tips Mengatur Pola Diet Sehat bagi Anak dengan Aman

  • Hindari Melewatkan Sarapan untuk Anak

  • Diet sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Sarapan menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebelum sarapan, terutama untuk anak yang harus melakukan banyak aktivitas hariannya. Pastikan anak tidak melewatkan makan terutama sarapan sehat dengan sumber karbohidrat dan protein. Sarapan dengan kedua kandungan ini juga dapat mencegah anak untuk makan secara berlebihan.

    Salah satu contoh makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein anda dapat membuat roti gandum dengan menambahkan selai kacang. Selain mengandung gizi yang baik untuk anak, roti gandum isi selai kacang juga memiliki rasa yang enak.

  • Mengganti Sumber Lemak yang Lebih Sehat

  • Anak diet tetap membutuhkan lemak untuk memenuhi asupan nutrisi di dalam menu makanannya. Namun anda perlu menghindari penggunaan lemak jenuh seperti daging, susu berlemak tinggi, makanan cepat saji, dan lain sebagainya. 

    Anda juga dapat mengganti makanan yang berlemak jenuh ke makanan yang berlemak tidak jenuh. Contohnya buah alpukat, kacang-kacangan, ikan-ikan salah satunya ikan salmon.

  • Menyiapkan Berbagai Sumber Makanan yang Bernilai Gizi Tinggi

  • Diet sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Sumber makanan bernilai gizi yang tinggi dapat ditemukan di berbagai makanan tanpa berbahan pengawet. Anda dapat memberikan makanan yang kaya akan serat seperti sayur mayur dan buah-buahan. Selain itu menambah protein seperti ayam, daging, ikan juga tidak boleh dilewatkan.

    Anda juga harus memperhatikan karbohidrat yang harus dikonsumsi anak. Ganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi hitam. Anda juga dapat mengganti roti tawar dengan roti gandum yang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit.

  • Memastikan Anak Aktif Bergerak

  • Anak-anak umumnya senang bermain dan menyukai berbagai aktivitas. Aktivitas tersebut secara tidak langsung dapat membuat anak aktif hingga berkeringat. Pilihlah kegiatan seperti bersepeda, bermain sepak bola serta olahraga lain yang membuat anak lebih aktif bergerak.

  • Memperhatikan Porsi Makan Anak

  • Diet sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Batasi makan anak agar tidak berlebihan, atasi dengan menggunakan piring berukuran kecil untuk membantu membatasi porsi makan anak.

     

    Baca juga: Trik Mudah Membuat Olahan Snack Sehat untuk Anak

    Baca juga: Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Keluarga


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published