Jadi Menu Andalan, Ini Rekomendasi Makanan Sehat Tinggi Serat yang Baik untuk Anak

Jadi Menu Andalan, Ini Rekomendasi Makanan Sehat Tinggi Serat yang Baik untuk Anak

Sebagai kebutuhan sehari-hari, serat merupakan nutrisi penting bagi pencernaan anak, dan untuk mencukupi asupan serat, ada banyak pilihan makanan sehat yang bisa disajikan. Bahkan berbagai makanan tinggi serat yang baik untuk anak ini mudah ditemukan dan rasanya pun lezat. 


Serat terkenal akan khasiatnya yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Asupan serat yang cukup dapat menghindarkan anak dari gangguan pencernaan, seperti diare maupun sembelit. Selain itu, dalam jangka panjang serat juga berperan penting dalam mencegah obesitas, diabetes, penyakit jantung hingga kanker.


Oleh karena itu mencukupi asupan serat setiap hari merupakan upaya penting guna menjaga daya tahan tubuh si kecil. Jika saluran cerna sehat, maka keseimbangan bakteri di usus juga akan terjaga. Pasalnya bakteri ini berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengendalikan respons sistem imun yang sehat.


Daftar Makanan Sehat Tinggi Serat untuk Anak

Cara mudah untuk menghitung jumlah asupan serat yang dibutuhkan oleh anak adalah dengan menambahkan usia anak dengan 5 atau 10. Misalnya, jika si kecil berusia 5 tahun ia harus mendapatkan sekitar 10-15 g serat per hari. Jika usianya 10 tahun, ia butuh 15-20g serat per hari.


Sebenarnya makanan tinggi serat tidak sulit ditemukan. Sebab, makanan serat dapat diperoleh dari buah, sayur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Namun, ada beberapa pilihan makanan berserat yang cocok dikonsumsi oleh anak, baik karena kandungan nutrisinya maupun rasanya. Nah, berikut ini daftar makanan sehat tinggi serat yang baik untuk anak.


1.Oatmeal

Kandungan serat pada oatmeal cukup tinggi, selain itu oatmeal juga mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak sehat yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Agar bisa menjadi makanan sehat yang enak disantap si kecil, oatmeal bisa disajikan bersama susu, atau buah-buahan segar.


2.Roti atau Pasta Gandum Utuh.

Gandum utuh atau rolled oat whole grain bisa menjadi pilihan makanan sehat berserat yang enak untuk anak. Bunda bisa mengoleskan selai kacang atau selai untuk menambah kelezatan roti gandum utuh. Selain selai, sandwich juga bisa disajikan dengan potongan buah, sayuran, telur atau daging.


Pasta gandum utuh juga bisa menjadi makanan sehat berserat untuk anak. Dibandingkan dengan pasta biasa, pasta gandum utuh lebih banyak mengandung serat mangan, selenium, tembaga, dan fosfor. Umumnya, pasta gandum diperkaya dengan vitamin B dan zat besi.


3.Buah Pir

Perlu diketahui bahwa satu buah pir ukuran sedang memiliki kandungan sekitar 5 gram serat. Buah ini juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Selain menyehatkan sistem pencernaan, nutrisi pada buah pir juga dapat mendukung proses pembekuan darah, memperbaiki sel-sel tubuh, serta mencegah penyakit kronis.


4.Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang digemari anak karena memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Buah satu ini cocok dijadikan camilan sehat setiap hari untuk si kecil. Selain melancarkan pencernaan, pisang juga bisa menjadi sumber energi, serta menjaga kesehatan dan fungsi ototnya.

makanan sehat

Sumber foto: Google


5.Wortel

Selain buah, sayuran juga merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya sayur wortel. Sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang mendukung kesehatan mata dan menjaga berat badan ideal. Bunda bisa mengolah wortel menjadi berbagai kreasi masakan, misalnya sup wortel, bakso wortel, atau nugget wortel.


6.Ubi Jalar

Makanan sehat berserat lainnya yang cocok untuk anak adalah ubi jalar. Selain menyehatkan pencernaan, umbi-umbian yang manis juga kaya akan vitamin A dan vitamin C yang dapat menutrisi kulit, dan menjaga fungsi organ tubuh agar bekerja dengan optimal, serta mencegah risiko terjadinya penyakit kronis.


Itu dia rekomendasi makanan sehat tinggi serat yang bisa disajikan untuk anak. Selain makan di atas buah buahan seperti alpukat, stroberi, kacang hijau, kentang, juga termasuk makanan kaya serat yang baik untuk anak. Untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari, kini bisa lebih hemat dan praktis dengan produk Healthy Choice. Klik di sini untuk beli berbagai produk makanan sehat tinggi serat.

 

Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum

Baca juga: Rekomendasi Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published