Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum

menu makanan sehat

Roti gandum atau whole wheat bread mengandung nutrisi yang lebih lengkap dibanding roti putih. Roti ini biasa dijadikan sebagai menu makanan sehat dan terbuat dari tepung serta biji-bijian gandum utuh.

Salah satu nutrisi di dalam roti gandum yaitu serat yang bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Rasanya pun cenderung hambar karena ditambahkan gula. Inilah mengapa, roti gandum sangat cocok dijadikan menu makan sehat untuk kamu yang sedang diet.

Roti gandum atau whole wheat bread merupakan roti yang terbuat dari tepung dan campuran biji-bijian gandum utuh. Rasanya cenderung hambar karena tidak mengandung gula.

Kandungan Kalori dalam Satu Lembar Roti Gandum

Dalam satu lembar roti gandum mengandung 80 kilo kalori. Sedangkan, dalam 43 gram roti tawar  mengandung 120 kilo kalori. Jadi, kandungan kalori pada roti gandum lebih rendah daripada roti tawar putih.

Namun, jumlah kalori tersebut belum ditambah dengan bahan pelengkap lainnya. Seperti mentega, selai, dan meses. Bukan itu saja, cara pengolahan roti juga bisa memengaruhi jumlah kalorinya.

Karena berasal dari rolled oat whole grain, roti gandum mengandung karbohidrat kompleks. Asupan tersebut bisa berbeda, tergantung ukuran dan ketebalan roti.

Kandungan Nutrisi dalam Roti Gandum

menu makanan sehat

Sumber foto: Google

Nyatanya, dalam setiap potong roti yang terbuat dari gandum utuh terdapat kandungan nutrisi penting, di antaranya adalah:

  • Karbohidrat
  • Karena mengandung karbohidrat kompleks, roti gandum dapat membantu kenyang lebih lama. Sepotong roti biasanya mengandung 12-20 gram karbohidrat total dan 3 gram serat. Beberapa jenis roti juga bisa mengandung karbohidrat tambahan yang berasal dari bahan pelengkap lain, seperti gula.

  • Rendah Lemak
  • Roti gandum sangat rendah lemak, yaitu sekitar 0.957 gram saja. Meski begitu, beberapa merk roti gandum juga menambahkan minyak saat proses pembuatannya. Karena itu, sebaiknya periksa lebih dulu bahan-bahannya pada label kemasan.

  • Protein
  • Kandungan protein nabati dalam roti gandum terbilang cukup tinggi. Setiap potongannya mengandung sekitar 5 gram protein. Sehingga, mengonsumsi roti dari gandum utuh bisa menjadi tips sehat dan pilihan tepat untuk kamu yang sedang diet.

  • Mineral dan Vitamin
  • Roti gandum mengandung zat besi, vitamin C, kalium, riboflavin, niacin, dan folat. Selain itu, beberapa jenis roti gandum juga mengandung garam, sehingga ada kandungan natrium di dalamnya.

    Berbagai nutrisi penting tersebut membuatnya menjadi salah satu makanan yang cocok saat sedang diet.

    Apa Saja Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan?

    Berikut ini sejumlah manfaat roti gandum untuk kesehatan:

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan
  • Serat merupakan nutrisi penting bagi kesehatan pencernaan. Mengonsumsinya akan membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Menurut penelitian, kandungan tersebut bisa meningkatkan kesehatan usus besar dan memperkuat sistem imun tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Penelitian dalam British Medical Journal menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung biji gandum utuh berkaitan dengan penurunan risiko terhadap berbagai gangguan kesehatan. Ini termasuk penyakit jantung koroner dan kardiovaskuler.

  • Mengurangi Peradangan Kronis
  • Menurut penelitian yang berjudul Whole grain consumption and inflammatory markers: A systematic literature review of randomized control trials dalam Nutrients, makan biji-bijian utuh, termasuk rolled oat whole grain, bisa meredakan peradangan. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai antiinflamasi.

  • Membantu Mengontrol Berat Badan
  • Roti satu ini juga dapat membantu mengontrol berat badan. Sebuah studi epidemiologi menunjukkan bahwa mengonsumsi roti gandum tidak memicu kenaikan berat badan.

  • Menurunkan Kolesterol
  • Selain membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat, biji-bijian utuh juga mampu menurunkan trigliserida. Keduanya adalah pemicu penyakit jantung.

    Itulah penjelasan tentang kalori dari roti gandum dan kandungan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam makanan ini.

    Ingin merasakan sendiri manfaat gandum utuh di atas? Kamu bisa mengonsumsinya mulai dari sekarang dan menjadikannya sebagai menu makan sehat. Apalagi, belanja bahan makanan sehat seperti rolled oat whole grain sekarang jadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Tidak percaya? Langsung saja kunjungi website Healthy Choice dengan klik di sini.

     

    Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat

    Baca juga: Rekomendasi Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published