Jangan Dilupakan! 5 Hal yang Memengaruhi Gangguan Sistem Pencernaan

Jangan Dilupakan! 5 Hal yang Memengaruhi Gangguan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan mempunyai peran sangat penting dalam mengolah makanan dalam tubuh agar bisa diserap secara optimal. Organ-organ dalam sistem pencernaan tersebut bekerja dengan sinergis untuk menjalankan fungsi tersebut.

Contohnya, mulut menjadi tempat pertama makanan masuk dan dicampur air liur yang mengandung berbagai enzim pencernaan. Kemudian, lambung mengeluarkan asam lambung yang penting dalam proses pencernaan selanjutnya. Usus halus berfungsi dalam penyerapan nutrisi, sementara usus besar menyerap air dan mengolah sisa makanan sebelum dikeluarkan lewat anus.

Perlu diingat, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat agar sistem pencernaan bebas dari gangguan kesehatan. Salah satu cara merawat sistem pencernaan yang baik yaitu lewat gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa hal yang dapat memengaruhi kesehatan sistem pencernaan yang perlu dihindari. Apa saja? Langsung simak, yuk!

  • Terlalu Cepat Mengunyah Makanan
  • Proses mengunyah makanan berperan penting dalam pencernaan yang efisien. Saat mengunyah, mulut akan mencampur makanan dengan berbagai enzim pencernaan dalam air liur, yang menjadi  langkah pertama dalam pemecahan nutrisi. Selain itu, mengunyah makanan dengan baik hingga menjadi lembut akan memudahkan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus halus.

    Sebaliknya, mengunyah makanan terlalu cepat bisa mengganggu pencernaan. Saat tidak dikunyah dengan baik dan hanya sebentar saja di dalam mulut, berarti makanan masuk ke dalam perut dalam bentuk kasar. Hal ini menyebabkan beban kerja lambung dan usus jadi lebih berat, karena harus mencerna makanan yang belum dipecah dengan baik.

  • Kurang Aktivitas Fisik
  • Pola hidup sehat bukan hanya soal makanan yang dikonsumsi saja, melainkan juga aktivitas fisik. Kurang olahraga juga bisa memicu gangguan sistem pencernaan, lho. Kurang aktivitas fisik bisa menyebabkan berat badan naik, yang akhirnya berpengaruh terhadap fungsi sfingter esofagus bagian bawah.

    Jika sfingter esofagus terganggu, gejala refluks asam pun dapat memburuk, dan menyebabkan maag. Oleh sebab itu, menjaga aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  • Pola Makan Tidak Teratur
  • Salah satu pemicu utama gangguan sistem pencernaan yaitu pola makan tidak teratur. Orang yang makan sesuai jadwal secara teratur memiliki sistem pencernaannya cenderung lebih sehat karena tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dengan tepat waktu.

    Sebaliknya, pola makan tidak teratur bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada sistem pencernaan. Selain pola makan, perhatikan pula apa yang kamu konsumsi. Selalu pastikan konsumsi makanan dan camilan sehat setiap hari agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

  • Kurang Serat
  • Sedang menjalani program diet? Hati-hati kekurangan serat, karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit. Masalah ini terjadi saat tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan, karena usus bekerja lebih lambat akibat kekurangan serat.

    Untuk mencegah sembelit, sangat penting untuk mengonsumsi menu makan sehat yang tinggi serat. Seperti buah-buahan (apel, pir, belimbing), sayuran (brokoli, wortel, bayam), dan biji-bijian (rolled oat whole grain, oatmeal, beras merah).

  • Infeksi Mikroorganisme
  • Mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan parasit berpotensi untuk memasuki sistem pencernaan lewat kontak langsung dengan permukaan yang terkontaminasi. Contohnya, saat kita makan makanan tanpa mencuci tangan lebih dahulu, bakteri atau virus yang menempel pada tangan bisa ikut masuk ke dalam tubuh.

    Salah satu bakteri yang sering menyebabkan gangguan pencernaan adalah Helicobacter pylori, atau H. pylori. Bakteri ini merupakan penyebab utama penyakit maag.

    Dengan mengetahui beberapa faktor utama di atas dan selalu menerapkan pola hidup sehat, diharapkan bisa mengurangi risiko gangguan sistem pencernaan. Jangan lupa selalu penuhi kebutuhan serat tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat seperti rolled oat whole grain yang hanya bisa didapatkan di Healthy Choice.

     

    Baca juga: Mana Kesukaan Kamu? 5 Camilan Sehat Ini dapat Membantu Menjaga Kesehatan Usus

    Baca juga: Rahasia Hidup Sehat! Makanan Super yang Membantu Menjaga Kesehatan Jantung


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published