Jarang Olahraga, Begini Siasati Pola Hidup Sehat Anjuran Dokter

pola hidup sehat

Sebagian orang mungkin merasa menerapkan pola hidup sehat adalah sebuah tantangan. Salah satunya bagi orang yang sibuk bekerja. Namun, jangan jadikan sibuk bekerja sebagai alasan untuk menjalani gaya hidup sembarangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Aktivitas sehari-hari dan tumpukan pekerjaan sering kali jadi alasan untuk tidak menerapkan gaya hidup sehat, terutama berolahraga. Bahkan, sekedar untuk istirahat cukup saja mungkin sulit. Kalau kamu termasuk orang yang super sibuk, berikut ini beberapa tips sehat untuk menjaga kesehatan tubuh!

Mengatur Pola Hidup Sehat Meski Sibuk

Gaya hidup sehat melibatkan banyak aspek, mulai dari aktivitas fisik, asupan makanan, dan kondisi kesehatan yang selalu terpantau. Namun, orang yang super sibuk mungkin akan kesulitan untuk menerapkan gaya hidup sehat, terutama untuk olahraga secara rutin. Tapi jangan khawatir, di bawah ini ada tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Yuk, langsung disimak!

  • Jaga Pola Makan
  • Menjaga pola makan adalah kunci agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Hal pertama untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan makan teratur, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula. Sebagai gantinya, konsumsilah menu makan sehat seperti sayuran dan buah.

  • Aktivitas Fisik
  • Kalau terlalu sibuk bekerja dan tidak sempat olahraga, kamu bisa melakukan aktivitas fisik melalui kegiatan sehari-hari. Di tengah pekerjaan, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki atau naik-turun tangga.

  • Perhatikan Asupan Kalori
  • Selalu perhatikan jumlah kalori harian yang kamu konsumsi, ini tentu berkaitan dengan jenis makanan yang kamu santap. Agar kondisi tubuh tetap bugar dan terhindar dari risiko obesitas alias kelebihan berat badan, jumlah asupan kalori harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan harian tubuh. Selain itu, jumlah kalori yang dikeluarkan pun tidak boleh lebih banyak.

  • Pilihlah Camilan Sehat
  • Saat sibuk dengan pekerjaan, kamu mungkin jadi ingin ngemil. Agar tetap sehat, sebaiknya pilih camilan sehat yang rendah kalori dan tinggi serat, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

    pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

    Cek Kondisi Kesehatan

    Mengatur pola hidup sehat juga dapat dilakukan dengan selalu mengecek kondisi tubuh. Melakukan pemeriksaan di rumah sakit secara rutin juga penting dilakukan. Hal ini sangat membantu untuk deteksi dini penyakit sehingga dapat menghindari risiko kondisi tubuh memburuk.

    Pola Diet Sehat untuk Menjaga Kondisi Tubuh

    Menerapkan gaya hidup sehat bukan hanya dapat mencegah risiko penyakit. Hal ini juga kerap dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal dan mencegah obesitas.

    Selain menerapkan tips sehat di atas, menjalani pola diet tertentu juga sering jadi pilihan. Memang, diet dengan menghindari dan mengonsumsi makanan tertentu bisa berdampak terhadap tubuh.

    Agar tetap aman, pastikan pilih jenis diet yang cocok dengan kondisi tubuhmu. Salah satu jenis diet yang populer adalah diet berdasarkan golongan darah. Memang, golongan darah diklaim berpengaruh terhadap tingkat kecocokan program diet tertentu.

    Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah diet golongan darah merupakan cara terbaik untuk mengontrol berat badan.

    Itulah tips pola hidup sehat untuk menjaga kebugaran tubuh yang bisa kamu ikuti. Untuk orang yang sibuk seperti kamu, aktivitas seperti berbelanja tentu sangat sulit dilakukan. Tapi tenang, sekarang kamu bisa belanja bahan makanan sehat dari rumah melalui Healthy Choice. Langsung saja klik di sini dan belanjaanmu akan diantar sampai rumah.

     

    Baca juga: 10 Pola Hidup Sehat Cegah Gula Berlebihan dengan Metode Sugar Detox

    Baca juga: Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Menu Beras Merah


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published