Khasiat Minyak Zaitun untuk Wanita, Tak Hanya untuk Kecantikan Tapi juga Kesehatan

minyak zaitun

Minyak yang berasal dari ekstrak buah zaitun ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan dan kulit seperti mengurangi keriput, hingga mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Namun ternyata, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah haid pada wanita, beberapa keluhan saat kehamilan, bahkan keluhan setelah menopause.

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk wanita juga bisa untuk mengatasi masalah haid, beberapa keluhan saat hamil, bahkan keluhan setelah menopause.

Manfaat Minyak Zaitun bagi Wanita

Sifat anti radang dan antioksidan yang dimiliki minyak zaitun membuatnya mempunyai banyak manfaat kesehatan. Lantas, apa saja khasiatnya bagi wanita? Ini dia informasinya yang sayang kamu lewatkan.

  • Mengatasi Nyeri Haid
  • Kamu kerap merasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari saat haid? Untuk meredakan nyeri haid, kamu bisa mengonsumsi extra olive oil.

    Kandungan oleocanthal di dalamnya berfungsi sebagai antinyeri yang bahkan sama efektifnya dengan ibuprofen.

  • Mencegah Kulit Kering Selama Kehamilan
  • Selama kehamilan, kulit kering adalah keluhan yang umum terjadi. Salah satu penyebabnya yaitu peregangan yang terjadi secara tiba-tiba karena berat badan bertambah. Hal ini dapat merusak elastisitas kulit dan kelembabannya pun hilang.

    Kulit yang rusak dan kering dapat menyebabkan komplikasi, termasuk infeksi. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke kulit. Kalau mau alternatif lainnya, minyak kelapa juga bisa kamu oleskan untuk melembabkan kulit.

    Minyak zaitun sendiri mengandung squalene dan vitamin E. Di mana vitamin E mampu meningkatkan penyerapan dan menahan air di kulit, sementara squalene membantu menjaga kelembabannya.

  • Mencegah Stretch Mark
  • Saat hamil, bentuk tubuh mungkin akan berubah dalam waktu yang cepat, khususnya pada bagian perut. Kondisi ini bisa menyebabkan stretch mark.

    Meningkatkan hormon saat hamil dapat melonggarkan ikatan kolagen, sehingga elastisitas kulit berkurang dan memicu stretch mark.

    Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Oleskan setiap hari untuk mengurangi risiko munculnya stretch mark saat kehamilan.

    minyak zaitun

    Sumber foto: Google

  • Menyamarkan Bekas Luka Operasi Caesar
  • Seperti prosedur operasi lainnya, persalinan caesar juga meninggalkan bekas luka. Meski tidak berbahaya, bekas luka tersebut cukup mengganggu penampilan. Untuk memudarkannya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

    Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu memperbaiki jaringan kulit sehingga bekas luka persalinan caesar tersamarkan.

    Caranya, oleskan pada bekas jahitan setelah operasi sambil dipijat ringan. Untuk mengatasi hiperpigmentasi pada bekas luka tersebut, kamu bisa mencampur minyak zaitun dengan air lemon.

  • Menyembuhkan Lecet pada Puting karena Menyusui
  • Sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan pada minyak zaitun dapat menyembuhkan luka. Ketiga kandungan tersebut mampu memperbaiki dan mendorong pergantingan jaringan epitel pada payudara.

    Kamu bisa mengoleskannya pada puting yang lecet saat menyusui. Ini bisa menjadi tips sehat untuk kamu karena minyak zaitun tidak mengandung bahan berbahaya dibandingkan dengan krim penyembuh luka di pasaran.

  • Mencegah Osteoporosis Pasca Menopause
  • Menopause akan mengakibatkan perubahan hormon, baik sebelum maupun sesudahnya. Perubahan hormon pasca menopause bisa mempengaruhi kepadatan tulang wanita. Hal ini menyebabkan wanita lebih berisiko osteoporosis dibanding pria.

    Untuk menurunkan risiko tersebut, kamu bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam menu makan sehat harian. Kandungan oleuropein di dalam minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang.

  • Mengatasi Rheumatoid Arthritis
  • Penyakit autoimun ini menimbulkan nyeri dan perubahan bentuk di persendian. Meski bisa menyerang siapapun, namun wanita lebih berisiko terserang rheumatoid arthritis daripada pria. Hal ini diduga, karena kadar hormon estrogen wanita dapat memengaruhi kinerja sistem imun.

    Selain menjalani pola hidup sehat, menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan sehari-hari dipercaya dapat mengurangi peradangan. Dengan begitu, rasa nyeri dapat berkurang dan persendian penderita penyakit ini dapat lebih sehat.

    Manfaat minyak zaitun satu ini akan lebih ampuh jika dikonsumsi bersama dengan minyak ikan.

  • Mencegah Kanker Payudara
  • Menurut penelitian, mengonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, manfaat lain dari mengonsumsinya bagi wanita yaitu mencegah serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer.

    Ingat, manfaat minyak zaitun di atas bisa diperoleh jika dibarengi dengan pola hidup sehat, ya. Nah, sekarang kamu bisa beli minyak zaitun, minyak kelapa, dan bahan makanan sehat lainnya dengan lebih mudah dan praktis lewat website Healthy Choice. Ingin belanja? Langsung klik di sini.

     

    Baca juga: Tak Hanya Sebagai Super Food, Ini Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil

    Baca juga: Benarkah Minyak Zaitun Ampuh Obati Jerawat? Ini Faktanya


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published