Pola Hidup Sehat untuk Kamu yang Sering Terpapar AC Setiap Hari

pola hidup sehat

Kamu bekerja di ruangan ber-AC? Mungkin bekerja di ruangan dengan pendingin ini terasa sangat nyaman dan minim resiko. Tapi, apakah kamu tahu kalau sering terpapar AC selama berjam-jam bisa mengganggu kesehatan?

Bahaya Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC

Saat terpapar AC sepanjang hari, selaput lendir di mulut dan hidung akan lebih kering. Selain itu, penggunaan pendingin ruangan ini juga bisa merusak kulit. Maka dari itu, yuk simak beberapa bahaya apabila terlalu lama di ruangan ber-AC.

  • Menurunkan Imun Tubuh
  • Sejumlah studi menunjukkan berada di ruang terbuka bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, sel darah putih yang membutuhkan asupan oksigen yang cukup untuk melawan bakteri. Sebaliknya, jika sering berada di ruangan ber-AC, kadar oksigen dalam tubuh pun berkurang. Hal ini akan membuat tubuh jadi lebih lemah dan mudah terserang penyakit.

  • Gangguan Pernapasan
  • Menurut penelitian Time, terlalu lama berada di ruangan ber-AC dapat mengakibatkan kambuhnya asma. Udara AC bisa menyumbat saluran pernapasan, tenggorokan kering hingga menyebabkan rhinitis, yaitu peradangan hidung akibat virus.

  • Mata Kering
  • Terlalu lama terpapar AC juga bisa membuat mata kering. Karena, AC menyebabkan kelembaban dalam ruangan menurun yang akhirnya menjadikan mata lebih kering.

    Suhu rendah ruangan juga menurunkan fungsi kelenjar di mata yang berperan untuk menahan penguapan air mata. 

    Tidak heran kalau mata akan terasa gatal atau perih setelah berada di ruangan ber-AC terlalu lama.

    Tips Hidup Sehat untuk Kamu yang Sering Terpapar AC

    pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Olahraga Ringan
  • Saat bekerja di ruangan ber-AC, kebanyakan orang akan duduk di depan layar monitor dalam waktu lama. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh karena duduk terlalu lama juga kurang baik. Karena itu, kamu bisa menyelipkan olahraga ringan saat bekerja.

    Caranya, dengan melakukan peregangan ringan di kursi. Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan untuk sekedar mengambil minum atau ke toilet. Jika sempat, luangkan waktu untuk keluar dan biarkan kulit terpapar sinar matahari.

  • Gunakan Pelembab Kulit
  • Bekerja di ruangan dengan AC mungkin bisa membuatmu nyaman. Tapi, terlalu lama terpapar AC membuat kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan AC menyerap kelembaban di sekitarnya sehingga ruangan jadi lebih kering. Agar kelembaban kulit terjaga, gunakan pelembab selama berada di ruangan ber-AC. Jadi, kulit akan tetap sehat dan kelembabannya pun terjaga.

  • Jaga Cairan Tubuh
  • Bukan hanya di bawah terik matahari, terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC juga membuat cairan tubuh berkurang. Untuk menjaga cairan tubuh, kamu perlu minum banyak air putih. Selain itu, mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat menciptakan gaya hidup sehat meski harus berada di dalam ruangan ber-AC setiap hari.

  • Konsumsi Makanan Sehat
  • Mengonsumsi makanan sehat juga masuk dalam tips hidup sehat untuk yang sering terpapar AC. Masukkan buah dan sayur dalam menu harian karena tinggi serat dan nutrisi. 

    Dengan begitu kebutuhan vitamin dan mineral harian terpenuhi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Itulah informasi terkait bahaya dan tips hidup sehat apabila sering terpapar AC. Khusus tips terakhir, kamu bisa mendapatkan bahan makanan sehat di sini.

     

    Baca juga: 5 Langkah Menerapkan Pola Hidup Sehat Pasca Melahirkan

    Baca juga: Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Jelang Usia 30-an


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published