Si Kecil Makin Cerdas, Ini Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Menurut Ahli Gizi

Menu Sarapan Sehat

Sering dilewatkan, sarapan ternyata memiliki dampak signifikan untuk anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan dengan menu makan sehat akan membuat anak tumbuh menjadi sosok yang kreatif, bahagia, dan berpikir lebih positif.

Sarapan yang Ideal untuk Anak

Mungkin kamu masih belum banyak tahu sarapan seperti apa yang ideal untuk anak. Nah agar lebih jelas, simak dulu tips hidup sehat untuk sarapan si kecil berikut ini.

  • Konsumsi Beragam Menu
  • Tidak bisa dipungkiri, banyak orang akan merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja, apalagi anak-anak. Di sinilah kreativitas kamu dituntut untuk menyuguhkan menu makan sehat yang menggugah selera.

  • Tinggi Nilai Gizi namun Mudah Dicerna
  • Meski sarapan berdampak positif untuk si kecil, faktanya saat ini hanya 10,6% anak yang makan sarapan dengan gizi lengkap dan seimbang. Lalu, 26,2% anak hanya sarapan dengan segelas susu, teh, atau air putih.

    Sarapan dengan makanan yang kurang bernutrisi akan menghalangi otak dalam menyerap oksigen dan anak lebih mudah lapar serta sulit fokus.

    Jika si kecil pergi ke sekolah dengan perut kosong, ini bisa memengaruhi kemampuan akademik hingga perilakunya di sekolah.

    Berdasarkan penelitian, anak yang rutin sarapan dengan menu bergizi seimbang memiliki nilai akademik 4 sampai 5 kali lebih baik ketimbang yang tidak sarapan.

    Guru Besar Pangan dan Gizi IPB Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, mengatakan bahwa anak yang sarapan memiliki nilai yang cenderung lebih baik dalam mata pelajaran bahasa, matematika, pengetahuan alam dan ilmu sosial.

  • Sajikan Rolled Oat Whole Grain
  • Kalau kamu tidak bisa menyiapkan menu sarapan lengkap, rolled oat whole grain bisa menjadi pilihan untuk memenuhi gizi anak. Sereal yang terbuat dari gandum utuh ini kaya akan serat dan mudah dicerna.

    Serat juga akan membantu mencegah obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Kamu bisa menyajikan rolled oat whole grain dicampur susu, potongan buah segar, atau kacang-kacangan.

    Lembaga makanan di Amerika Serikat menyarankan untuk mengonsumsi 48 gram rolled oat whole grain atau gandum utuh per hari. Sementara masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi 2-4 gram gandum utuh setiap hari.

    Menu Sarapan Sehat

    Sumber foto: Google

  • Batasi Makanan Manis, Asin, dan Berlemak
  • Pastikan selalu memperhatikan asupan makanan anak agar jumlah gula, garam, dan lemak yang tepat terpenuhi.

    Menurut Ali, Departemen Kesehatan RI telah menetapkan batas idealnya. Batas yang dimaksud adalah 4 sendok makan (sekitar 50 gram) gula per hari, dan 1 sendok (2 gram) garam setiap harinya.

    Selain itu, sebaiknya juga batasi konsumsi lemak maksimal 5 sendok makan (sekitar 67 gram) dalam sehari.

    Jangan lupa, selalu terapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah, dan air putih agar tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

    Mengingat pentingnya sarapan bagi si kecil, mulai sekarang yuk lebih semangat lagi dalam menyiapkan makanan sehat di rumah. Apalagi belanja bahan pangan sehat kini bisa menjadi lebih mudah dan praktis lewat Healthy Choice.

    Mulai dari beras, sereal, rolled oat whole grain, hingga camilan sehat bisa kamu beli di sini. Tunggu apalagi? Yuk mulai sajikan menu sarapan sehat ideal yang bergizi seimbang untuk si kecil di rumah!

     

    Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum

    Baca juga: Rekomendasi Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published