Tak Hanya Kembung, Ini Manfaat Jahe Merah Ampuh Atasi Sakit Perut

Tak Hanya Kembung, Ini Manfaat Jahe Merah Ampuh Atasi Sakit Perut

Jahe merah merupakan tanaman herbal yang seringkali dijadikan obat-obatan.  Salah satunya untuk mengatasi sakit perut.


Sakit perut adalah kondisi dimana seseorang merasakan tidak nyaman di area perut hingga terasa melilit. Hal ini seringkali disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kandungan makanan tertentu, produksi gas lambung yang berlebihan, asam lambung, infeksi bakteri, infeksi virus, hingga gangguan pada sistem pencernaan.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbagai kandungan jahe merah dapat menjadi obat yang efektif untuk meredakan sakit perut.


Kandungan Sehat Pada Jahe Merah

 jahe merah

Sumber foto: Google


Pasalnya jahe merah mengandung senyawa yang dapat berfungsi mengendurkan otot-otot pada lapisan perut hingga dinding usus. Tak hanya itu, kandungan jahe juga terdapat senyawa yang bersifat anti-peradangan sehingga ketika mengonsumsinya, berbagai gejala akibat sakit perut bisa sembuh dengan cepat. 


Tak hanya itu, berikut ini beberapa manfaat jahe merah yang senantiasa digunakan untuk atasi sakit perut.


  1. Ampuh Bikin Otot Perut Menjadi Rileks

Khasiat ini berhubungan dengan sakit perut yang diakibatkan oleh kram otot di sekitar lambung atau dinding usus. Kondisi ini terjadi karena usus mengalami perlambatan pergerakan makanan hingga adanya gangguan pada sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah, maka kandungan pada jahe dapat berperan dalam mengendurkan otot-otot dan lapisan dinding usus yang mengalami kram perut.


  1. Meredakan Perut Kembung

Sakit perut juga seringkali diakibatkan oleh pergerakan usus yang terhambat. Kondisi tersebut bisa membuat produksi gas lambung berlebihan. Efeknya seseorang akan merasa mual, sakit perut hingga merasakan seperti masuk angin.


Ketika mengonsumsi jahe merah hangat, pada gilirannya makanan di saluran pencernaan akan menjadi lebih lancar. Kemudian gejala sakit perut yang diakibatkan oleh gejala seperti perut kembung hingga kelebihan gas lambung lebih cepat teratasi.


  1. Meredakan Sakit Perut Akibat Asam Lambung Naik

Kandungan pada jahe juga dapat melindungi lapisan asam lambung sekaligus menekan produksi asam lambung berlebihan. Secara langsung, khasiat ini dapat mencegah refluks asam, hingga heartburn pada penderita asam lambung atau Gerd.


  1. Mengatasi Perut Kembung

Kebanyakan orang mengalami sakit perut akibat kelebihan gas atau udara di dalam saluran pencernaan. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan minum jahe merah atau teh hangat.


  1. Mengobati Sakit Perut Akibat Diare

Mengutip dari Medicalnews Today,  manfaat jahe merah sebagai pengobatan diare berasal dari kandungan zat berupa fitokimia. Para peneliti telah membuktikan khasiat jahe dalam mengobati diare karena sejumlah alasan.


  • Kandungan pada jahe dapat membantu meringankan gejala kejang otot pada saluran pencernaan bagian bawah.
  • Membantu tubuh mengeluarkan bakteri penyebab diare.
  • Mencegah masuk angin.
  • Melawan infeksi akibat diare.

  1. Sakit Perut Akibat Iritasi Lambung

Dikutip dari The Cut, kandungan jahe merah yang bersifat anti-inflamasi dapat bertindak sebagai pereda nyeri ketika lambung mengalami iritasi. Selain itu, jahe merah juga dapat mengatasi kram perut akibat menstruasi, nyeri sendi, dan lain sebagainya.


Namun untuk hasil yang optimal, para ahli menyarankan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan teh yang direbus.


Selanjutnya, yang paling penting adalah jangan mengonsumsi jahe merah dalam kondisi perut kosong. Pastikan Anda sudah mengonsumsi karbohidrat terlebih dulu seperti nasi.

Jika Anda sudah mengonsumsi jahe merah secara teratur namun sakit perut tak kunjung sembuh, sebaiknya hentikan, dan segera konsultasikan pada dokter. 


Nah, itulah beberapa manfaat jahe merah yang dapat mengatasi berbagai gejala sakit perut. Pada dasarnya, kandungan anti-inflamasi pada jahe merah efektif meredakan sakit perut. Baik karena asam lambung, kram otot perut, sampai iritasi lambung.


Butuh jahe merah untuk kebutuhan kesehatan? Kunjungi Healthy choice, untuk berbalanja atau klik di sini. Dapatkan berbagai bahan makanan sehat terlengkap.

 

Baca juga: Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Minuman Sehat

Baca juga: Ini Alasan Jahe Merah Dianggap Lebih Sehat dari Jahe Putih


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published