Tips Hidup Sehat Fisik dan Mental dengan Aktivitas Aerial Yoga

hidup sehat

Bentuk latihan ini menggabungkan yoga dengan gerakan di udara menggunakan tali. Beberapa tahun terakhir ini, areal yoga semakin digemari oleh pelaku pola hidup sehat atau pencari kebugaran.

Tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, yoga di udara ini juga memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Nah, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Manfaat Aerial Yoga

Berikut ini manfaat-manfaat yang akan kamu rasakan jika rutin melakukan aerial yoga.

hidup sehat

Sumber foto: Google

  • Fleksibilitas dan Kekuatan Tubuh Meningkat
  • Beberapa gerakan aerial yoga dilakukan di udara menggunakan bantuan tali atau ikat pinggang. Hal ini memungkinkan tubuh untuk melakukan peregangan otot dengan lebih efektif dan fleksibilitas pun lebih berkembang.

    Gerakan aerial yoga seperti inversion (menggantung terbalik) dan backbends (peregangan ke belakang) bisa mendorong fleksibilitas sendi dan tulang belakang. Selain itu, menggantung di udara juga bisa meningkatkan kekuatan otot, terutama pada bagian bahu, lengan, dan inti tubuh.

    Memaksimalkan kekuatan otot pun harus dibarengi dengan asupan menu makan sehat. Sehingga, pembentukan otot juga dapat lebih optimal.

  • Meningkatkan Keseimbangan dan Postur Tubuh
  • Saat melakukan gerakan di udara, kamu harus menggunakan otot inti tubuh agar tetap stabil dan menjaga keseimbangan. Ini akan membantu kamu meningkatkan kemampuan keseimbangan dan kesadaran postur tubuh.

    Pada aerial yoga, otot-otot inti juga harus digunakan untuk menjaga stabilitas ketika berbalik, memutar, atau berayun. Jika dilakukan secara konsisten, maka akan terjadi peningkatan dalam tubuh dan keseimbangan pun jadi lebih baik.

  • Mengatasi Stres dan Meningkatkan Kesehatan Mental
  • Aerial yoga juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental yang cukup signifikan. Gerakannya mengalir, lembut, dan pernapasan yang terarah bisa membantu meredakan stress, merangsang sistem saraf parasimpatis, dan meningkatkan relaksasi.

    Bukan itu saja, yoga di udara ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa takut serta keterbatasan. Menggantung di udara dan beberapa gerakan yang menantang dalam olahraga satu ini dapat membantu membangun kepercayaan diri dan mengatasi rasa takut.

    Jadi, ini bisa menjadi salah satu tips sehat untuk kamu yang sedang mencari cara mengatasi stress.

  • Latihan Mindfulness dan Kehadiran di Momen Sekarang
  • Saat melakukan aerial yoga, diperlukan konsentrasi pada pernapasan, gerakan, dan sensasi tubuh di udara. Ini dapat meningkatkan latihan perhatian dan hadir pada saat ini. Dengan fokus terhadap pelatih, bisa membuatmu meredakan stress, menghilangkan pikiran mengganggu, dan mengembangkan kepercayaan diri.

    Aerial yoga adalah kombinasi yang menarik antara yoga, gerakan di udara, serta kehadiran mental. Dengan berbagai manfaatnya tersebut, aerial yoga bisa dijadikan pilihan yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

    Kalau ingin mencoba, pastikan cari instruktur yang berpengalaman dan cek dahulu kualitas serta keamanan peralatan yang kamu gunakan, ya.

    Tapi ingat, menjaga kesehatan fisik dan mental bukan hanya dengan olahraga saja, karena harus dibarengi dengan konsumsi menu makan sehat. Pastikan kamu sudah menerapkan pola hidup sehat yang seimbang agar kualitas hidup lebih baik.

    Karena aktivitas fisik dan menu makanan sangat penting untuk menunjang pola hidup sehat, yuk mulai perhatikan lagi asupan nutrisi kamu. Nah, sekarang kamu bisa belanja bahan makanan sehat dengan lebih praktis lewat website Healthy Choice. Penasaran apa saja yang bisa dibeli? Langsung klik di sini.

     

    Baca juga: 12 Hal yang Dirasakan Tubuh Akibat Kurang Konsumsi Sayur! Jangan Anggap Sepele untuk Pola Hidup Sehat

    Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published