Trik Sarapan Sehat untuk Program Diet

sarapan sehat

Sarapan merupakan rutinitas yang penting untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam awalan menjalankan aktivitas keseharian. Sekalipun sedang menjalankan diet, sebaiknya  tidak melewatkan makan di pagi hari, tentunya dengan sarapan sehat yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. 

Bagi yang sedang menjalankan diet tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar program diet dapat berjalan dengan maksimal. Jangan sampai karena ingin mengurangi berat badan, kamu rela melewatkan sarapan yang cukup penting dalam menjalankan aktivitas. 

Pada dasarnya membuat sarapan sehat dalam program diet tidaklah sulit, selama mengetahui takaran yang tepat, tidak menggunakan minyak goreng, dan memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di masing-masing makanan yang akan kamu santap pada pagi hari.

Beberapa Tips Menu Sarapan Sehat untuk Menjalankan Diet Sehat

  • Mengkonsumsi Telur Rebus

  • sarapan sehat

    Telur merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk tubuh. Protein di dalamnya membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga akan mencegah nafsu makan dan mengkonsumsi makanan lainnya. Sehingga telur akan sangat cocok untuk seseorang yang menjalankan diet sehat.

    Rasa kenyang tersebut juga dapat mencegah makan berlebihan ketika makan siang. Telur rebus juga mampu mempertahankan massa otot selama masa menjalankan diet sehat. Sebagian besar orang yang sedang menaikan massa otot juga rutin mengkonsumsi telur rebus.

  • Roti Gandum dan Pisang Sarapan Sehat Bergizi

  • Pisang merupakan buah yang dapat membantu memperlambat pengosongan perut, sehingga mengkonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama. Pisang dapat memenuhi serat harian yang cocok untuk melengkapi nutrisi pada pagi hari.

    Cukup mengkonsumsi 1 buah pisang, agar jumlah kalori tetap terjaga. Selain pisang, juga dapat melengkapi sarapan dengan roti dari bahan biji-bijian atau whole grain sebagai pendamping sarapan sehat. 

  • Yoghurt, Si Bakteri Baik

  • sarapan sehat

    Yoghurt memiliki kandungan probiotik atau bakteri baik yang dibutuhkan tubuh. Selain itu yoghurt juga dapat dijadikan sebagai pengganti susu. Untuk memaksimalkan sarapan sehat, dapat memakai yoghurt dengan bahan dasar susu rendah lemak dan plain atau tanpa tambahan rasa, karena lebih bebas gula dan kalori tidak mengganggu berat badan.

  • Ubi-Ubian sebagai Karbohidrat

  • Ubi-ubian juga dapat dijadikan sebagai salah satu sarapan sehat di pagi hari. Ubi mengandung karbohidrat yang tinggi yang mampu memberikan energi lebih untuk tubuh. Ubi juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat melancarkan sistem pencernaan untuk menghindari masalah sakit perut.

  • Sayur Bayam Penambah Energi

  • Sayur bayam memiliki kandungan zat besi dan potasium yang baik untuk kebugaran dan dapat menjaga kesehatan tubuh. Bayam dapat diolah sesuai selera makan, mulai dari membuat plecing bayam, sayur pecel, atau memasaknya menjadi sayur bayam. Namun tetap harus memperhatikan porsi dalam menyantap jenis sayuran ini.

  • Ikan Salmon

  • Ikan salmon dikenal memiliki banyak gizi dan mengandung minyak ikan yang berguna untuk membantu insulin dalam transpirasi glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini dapat membuat tubuh agar tidak kecanduan gula secara berlebihan. Untuk pengolahannya, sebaiknya merebus salmon untuk menghindari konsumsi minyak berlebih.

  • Buah Beri 

  • sarapan sehat

    Beri memiliki varian yang beragam mulai dari strawberry, blackberry, raspberry, dan blueberry, yang semua jenisnya memiliki kandungan rendah kalori namun memiliki banyak nutrisi, serta mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mengurangi rasa lapar.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published