6 Obat untuk Mengatasi Amandel, Jangan Buru-Buru ke Dokter!

6 Obat untuk Mengatasi Amandel, Jangan Buru-Buru ke Dokter!

Radang amandel adalah masalah kesehatan yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman pada bagian ujung tenggorokan dan disertai sensasi nyeri. Bahkan, beberapa orang sampai kesulitan menelan. Ternyata, masalah ini bisa diatasi dengan bahan alami, salah satunya jahe merah.

Amandel diakibatkan oleh peradangan di tenggorokan yang membuat bagian tubuh ini membengkak. Radang amandel biasanya dipicu oleh infeksi virus dan bakteri. Untuk mengobatinya, kita bisa mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter atau menjalani prosedur operasi.

Bahan Alami untuk Mengatasi Amandel

Berdasarkan studi in vitro, 10% ekstrak jahe mampu menghambat perkembangan bakteri Candida albicans, Streptococcus mutans, dan Enterococcus faecalis. Ketiga mikroorganisme ini adalah penyebab infeksi oral.

Rasa nyeri yang dialami saat terserang radang tenggorokan atau amandel berasal dari reaksi kekebalan tubuh terhadap iritasi maupun infeksi.

Nah, jahe merah sebagai obat alami amandel akan memblokir protein proinflamasi dalam tubuh. Jadi, nyeri dan gatal akibat peradangan dapat berkurang.

Selain obat-obatan khusus, radang amandel juga bisa diatasi dengan bahan alami lho. Ingin tahu bahan alami apa saja untuk mengatasi amandel? Simak daftarnya berikut ini:

  • Jahe Merah
  • Salah satu rempah yang kerap dijadikan obat alami yaitu jahe merah. Jahe biasanya diolah menjadi minuman hangat yang menyegarkan. Mengonsumsinya dapat membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh, termasuk amandel. Hal ini karena adanya kandungan antivirus, antibakteri, dan anti peradangan di dalam jahe.

    Cara mengonsumsi yang disarankan yaitu dengan membuat rebusan jahe dan dikonsumsi secara rutin dua kali sehari. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan jahe merah segar dan rebus ke dalam segelas air, lalu campurkan dua sendok makan madu. Kombinasi bahan alami ini dipercaya efektif untuk mengatasi amandel.

  • Bawang putih
  • Salah satu bumbu masakan ini ternyata ampuh mengatasi amandel berkat kandungan anti peradangan dan antibiotik berupa allicin di dalamnya. Banyak penelitian sudah membuktikan bahkan bahwa putih menyimpan banyak manfaat kesehatan dan bisa membantu mengobati berbagai penyakit.

    Ingin mengatasi amandel dengan bawah putih? Caranya yaitu dengan mengunyah langsung satu siung bawang putih. Tapi kalau tidak suka, kamu bisa mencampurnya ke dalam makanan.

  • Kunyit
  • Seperti jahe merah, kunyit juga termasuk tanaman rimpang yang mengandung antiseptik alami dan anti peradangan. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu melawan infeksi dan tentunya mengatasi amandel.

    Kamu bisa mencampur kunyit dengan susu hangat. Minum setiap malam selama 2-3 hari, atau sampai radang amandel mereda.

  • Kayu manis
  • Kayu manis mengandung antimikroba yang membuatnya ampuh untuk dijadikan obat alami radang amandel. Kandungannya ini akan membantu melawan bakteri di tenggorokan dan bagian amandel. Rutin mengonsumsinya, baik dicampurkan dalam makanan atau minuman dapat mengobati radang amandel secara efektif.

  • Jambu biji
  • Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang akan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat dalam melawan peradangan. Mengonsumsinya dua kali sehari bisa membantu kamu mengatasi masalah radang amandel.

  • Air garam
  • Berkumur dengan air garam ternyata bisa meredakan radang tenggorokan lho. Melakukannya juga dapat mengatasi amandel dan infeksi. Agar lebih optimal, lakukan cara ini dengan rutin beberapa kali sehari.

    Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

    Nah, agar terhindar dari masalah radang amandel, jangan lupa selalu konsumsi makanan sehat. Kamu bisa membeli bahan makanan sehat di Healthy Choice, termasuk ekstrak jahe merah organik yang praktis dikonsumsi setiap hari. Tunggu apalagi? Yuk langsung belanja di sini.

     

    Baca juga: Tak Hanya Kembung, Ini Manfaat Jahe Merah Ampuh Atasi Sakit Perut

    Baca juga: Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Minuman Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published