6 Pilihan Menu Sarapan Sehat yang Bikin Kamu Makin Semangat

menu sarapan sehat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sarapan dapat mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke. Untuk mendapatkan manfaatnya, pilihan menu sarapan haruslah yang sehat. Lalu, apa saja menu sarapan sehat tersebut? Simak rekomendasinya di bawah ini!

Ide Menu Sarapan Sehat

Berikut beberapa pilihan menu makanan sehat yang bisa kamu jadikan ide sarapan esok hari.

  1. Menu Sarapan Sehat dengan Telur

Telur memiliki hampir semua nutrisi penting bagi tubuh, khususnya protein. Studi membuktikan bahwa sarapan dengan makanan tinggi protein bisa mencegah kebiasaan ngemil tidak sehat.

Selain membuat kenyang lebih lama, zat gizi yang berfungsi sebagai pembangun sel dalam tubuh ini juga membantu menjaga massa otot.

Kuning telur juga kaya akan vitamin B dan kolin yang membantu memperkuat daya ingat. Ada pula kandungan lutein dan zeaxanthin yang menjaga kesehatan mata.

Cara menyantapnya pun sangat mudah. Kamu bisa membuat telur mata sapi sebagai isian roti lapis. Atau, bisa juga membuat roti panggang dengan irisan tomat, alpukat, serta campuran bayam dan telur orak-arik.

  1. Kopi dengan Sedikit Gula

Buat kamu pecinta kopi, tak ada salahnya meneguk secangkir kopi untuk mengawali hari. Tapi, pastikan kamu tidak menambahkan banyak krimer atau gula, yah.

Secangkir kopi panas mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dan kemampuan kognitif otak. Minum kopi di pagi hari juga dapat mengurangi risiko kanker dan melindungimu dari diabetes tipe 2.

Kalau tidak tahan rasa pahitnya, kamu bisa mencampurkan kopi dingin dengan pisang beku, bubuk protein coklat, dan kakao. Racik menjadi segelas protein shake yang bukan saja mengenyangkan, tapi juga membuatmu lebih bersemangat.

3.Hangatkan Tubuh dengan Minum Teh

Teh bisa menjadi pilihan untuk kamu tidak suka kopi, tapi tetap butuh semangat dari asupan kafein. Seperti kopi, teh juga kaya akan antioksidan yang dapat mendorong kinerja sistem imun dan efektif untuk meredakan peradangan.

Bosan dengan teh tawar? Coba campurkan dengan oatmeal lalu tambahkan irisan pisang atau buah lainnya sebagai penambah rasa. Menu lainnya yaitu, buat smoothies dari bubuk teh hijau dan yoghurt vanila.

menu sarapan sehat

Sumber foto: Google

  1. Menu Sarapan Sehat dengan Pisang

Pisang mengandung serat alami, vitamin C, dan kalium. Pisang berukuran sedang mengandung 422 miligram kalium dan 0 sodium. Kombinasi ini bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah. Selain mineral, pati dan serat dalam buah satu ini juga memberikan efek kenyang lebih lama.

Kamu bisa menyantapnya dengan roti panggang dan olesan selai kacang. Menjadikannya sebagai smoothies dengan campuran oatmeal dan susu skim juga tidak kalah enaknya.

  1. Greek Yoghurt

Seperti telur, greek yoghurt tinggi akan protein. Kandungan proteinnya bahkan dua kali lipat lebih tinggi dibanding yoghurt biasa. Menu sarapan sehat satu ini juga memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk tulang dan gigi. Biar lebih sehat, pilih greek yoghurt tawar tanpa perasa tambahan.

Kamu bisa melahapnya secara langsung bersama potongan buah segar, granola, atau kacang-kacangan.

  1. Olahan Oatmeal untuk Menu Sarapan Sehat

Gandum utuh yang melewati proses penggilingan ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu menu makanan sehat. Mengonsumsinya secara rutin bisa membantu menurunkan risiko sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Oatmeal mengandung lignan, yang merupakan zat kimia nabati yang membantu mencegah penyakit jantung. Semangkuk oatmeal dalam menu sarapan sehat tinggi akan vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, dan serat untuk pencernaan.

Kamu bisa menyantap menu satu ini dengan potongan buah-buahan segar. Atau ganti buah dengan telur dan irisan alpukat, beri sedikit garam dan merica. Hmmm nikmat!

Itu dia beberapa menu yang bisa kamu tiru untuk memulai harimu dengan pola hidup sehat. Nah, sekarang kamu bisa mendapatkan bahan pangan sehat dengan lebih mudah dan praktis di Healthy Choice. Sekarang cek dulu website Healthy Choice ya!

 

Baca juga: Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras

Baca juga: Daftar Menu Makanan Sehat Buat Kamu yang Tidak Suka Sayuran


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan