Apa itu Diet Okinawa? Yuk Ketahui Aturan dan Manfaatnya untuk Hidup Sehat

Apa itu Diet Okinawa? Yuk Ketahui Aturan dan Manfaatnya untuk Hidup Sehat

Sudah menerapkan berbagai tips hidup sehat tapi berat badan belum juga turun? Sudah coba diet Okinawa belum? Diet Okinawa terinspirasi dari kebiasaan makan orang-orang di Pulau Okinawa, Jepang. Salah satu manfaat diet ini yang paling terkenal adalah memperpanjang umur.

Kebanyakan penduduk di Pulau Okinawa berumur panjang, bahkan banyak yang berusia lebih dari 100 tahun. Panjangnya umur penduduk di pulau ini dikarenakan berbagai faktor, seperti keturunan, lingkungan, hingga pola hidup sehat.

Dari berbagai faktor tersebut, para peneliti meyakini bahwa faktor paling kuat dari usia panjang penduduk Okinawa adalah pola makan mereka. Pola makan tersebut kemudian dikenal sebagai diet Okinawa.

Aturan Diet Okinawa

Diet Okinawa menyarankan untuk membatasi asupan kalori dan makanan berlemak. Sedangkan asupan karbohidrat ditambah dengan sumber utamanya dari sayuran, kacang-kacangan, dan buah. Berikut ini contoh menu makan sehat dalam diet Okinawa:

  • Sayuran dan buah (58-60%) seperti ubi jalar, brokoli, bayam, apel, pir, dan melon
  • Biji-bijian (33%) bisa berasal dari sereal gandum utuh, roti gandum, atau kinoa
  • Kacang-kacangan (5%) termasuk olahan kacang, seperti tahu, tempe, dan natto
  • Daging dan makanan laut (1-2%) seperti dada ayam tanpa kulit, ikan salmon, tuna, tiram, dan udang. Sedangkan daging merah dianjurkan hanya dikonsumsi sesekali saja

Selain itu, kamu juga sebaiknya membatasi konsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol. Menerapkan pola hidup sehat yang seimbang dengan rutin berolahraga juga perlu dijalani.

Manfaat Diet Okinawa

hidup sehat

Sumber foto: Google

  • Memperpanjang Umur
  • Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat diet ini adalah memperpanjang usia. Manfaat ini bisa didapatkan karena diet Okinawa berfokus pada asupan makanan nabati yang kaya akan antioksidan dan antiradang. Keduanya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, sehingga umur menjadi lebih panjang.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
  • Pelaku diet Okinawa diketahui kesehatan jantungnya lebih baik. Sebab, pola diet ini mengutamakan konsumsi sayuran dan buah.

    Sayuran hijau sendiri tinggi akan kandungan vitamin K dan nitrat yang dapat mengontrol tekanan darah dan menjaga kerja jantung. Dengan begitu kesehatan jantung dan pembuluh darah pun jadi lebih terjaga.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kronis
  • Diet Okinawa dapat membantu mengontrol berat badan, apalagi kalau diimbangi dengan olahraga secara rutin. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, hingga kanker.

    Selain itu, pola makan rendah lemak, rendah kalori, tinggi serat, dan kaya antioksidan dalam diet Okinawa dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Sehingga risiko terkena penyakit kronis pun bisa diminimalkan.

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang
  • Selain memiliki kandungan vitamin K dan nitrat, sayuran hijau yang merupakan asupan utama dalam diet Okinawa juga kaya akan kalium. Artinya, pelaku diet ini bisa memiliki tulang yang lebih kuat. Alasannya, karena kalsium dibutuhkan dalam pembentukan tulang yang sehat.

    Diet Okinawa mungkin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun pelaku diet ini juga bisa mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Sebab, metode diet satu ini menyarankan untuk membatasi asupan protein hewani maupun produk olahannya yang mengandung nutrisi penting.

    Jadi, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter sebelum menerapkan diet Okinawa agar terhindar dari kekurangan nutrisi.

    Ingin diet untuk mendapatkan berat badan ideal? Kamu bisa memulainya dengan menerapkan pola hidup sehat. Masukkan sayur dan buah dalam menu makan sehat harian, dan perbanyak minum air putih. Selain itu, mulai konsumsi camilan sehat yang rendah gula dan garam.

    Ingin masak menu makan sehat sendiri di rumah? Sekarang kamu bisa belanja bahan makanan dengan lebih mudah lewat Healthy Choice. Penasaran apa saja yang bisa dibeli? Langsung saja klik di sini.

     

    Baca juga: Berbahan Dasar Chia Seed, Camilan Sehat ini Wajib Dihidangkan saat Diet

    Baca juga: Tips Menjalankan Diet DASH, Menu Diet Sehat untuk Penderita Hipertensi


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published