Benarkah Minyak Zaitun Bisa Cegah Stroke? Ini Penjelasan Lengkapnya

minyak zaitun

Tidak seperti buahnya yang lebih nikmat dikonsumsi saat sudah matang, zaitun yang diolah menjadi minyak dipilih tidak terlalu matang. Bukan tanpa sebab, buah yang sudah matang justru tidak mengandung minyak paling baik.

Jadi, sebelum jatuh dengan sendirinya, para petani harus memetik buah zaitun dari pohonnya. Lalu, buahnya akan dibersihkan dan dicuci hingga kotoran yang melekat hilang. Terakhir, buah diproses melalui pengeringan untuk diambil minyaknya.

Benarkah Minyak Zaitun Bisa Mencegah Stroke?

Manfaat minyak yang banyak digunakan oleh pelaku pola hidup sehat ini sudah tidak perlu diragukan. Bukan hanya untuk kecantikan, minyak jenis ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, benarkah minyak buah zaitun dapat mencegah stroke?

Tidak bisa dipungkiri, stroke adalah salah satu gangguan kesehatan yang dapat membahayakan nyawa. Kondisi ini seringkali dipicu oleh hipertensi, pola hidup dan makan yang tidak sehat. Akibatnya, muncul gumpalan darah pada otak atau pendarahan yang akhirnya mengganggu aliran darah ke organ penting ini.

Kabar baiknya, sebuah penelitian yang diterbitkan British Journal of Nutrition membuktikan bahwa dari 140.000 partisipan yang mengonsumsi minyak zaitun ternyata berisiko terserang stroke lebih rendah, dibanding dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

Para peneliti percaya, minyak buah zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang memang bagus bagi tubuh. Jenis lemak ini disebut dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan memperlancar peredaran darah ke otak.

Khasiat Lain Minyak Zaitun bagi Kesehatan

minyak zaitun

Sumber foto: Google

Selain mencegah stroke, minyak ini juga menyimpan berbagai manfaat lainnya, yakni:

  • Membantu Mengurangi Risiko Kanker
  • Selain stroke, kanker juga merupakan penyakit yang menyebabkan banyak kematian. Masalah kesehatan ini sangat mudah menyerang sel sehat di dalam tubuh jika tidak ditangani secepatnya. Nah, salah satu cara untuk menekan risiko kanker yaitu dengan mendapatkan asupan antioksidan yang tepat dalam tubuh.

    Tidak sulit, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mencegahnya. Minyak jenis ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Inilah yang jadi faktor utama penyebab kanker. Meski begitu, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

  • Mencegah Obesitas dan Diabetes
  • Berat badan berlebih alias obesitas dapat meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Artinya, kamu harus mengonsumsi menu makan sehat untuk mencegahnya.

    Kamu dapat menambahkan minyak zaitun ke dalam menu harian. Kandungan lemak sehat di dalamnya akan membantu mengontrol berat badan. Selain itu, minyak ini juga memiliki efek positif terhadap sensitivitas insulin dan gula darah yang sangat penting untuk mengatasi diabetes.

    Diabetes sendiri dapat mengakibatkan tubuh mengalami kesulitan dalam mengontrol kadar gula darah. Akibatnya, tubuh mudah merasa lapar, lelah, kulit terasa gatal, rentan terluka, sering mengantuk, hingga kerusakan saraf.

    Meski memiliki banyak manfaat, namun kamu tetap harus mempertimbangkan saran dari dokter apabila ingin mengonsumsi minyak zaitun. Sebab, bisa saja tubuh tidak cocok pada penggunaan minyak ini, sehingga malah menimbulkan masalah baru.

    Kalau membutuhkan minyak zaitun, kamu sekarang tidak perlu pergi ke toko. Cukup kunjungi website Healthy Choice. Kapan saja, kamu bisa langsung belanja di Healthy Choice dan dapatkan aneka bahan makanan yang mendukung pola hidup sehat kamu. Yuk klik di sini!

     

    Baca juga: Bikin Ketagihan, Ini Camilan Rendah Kalori yang Sedap untuk Diet Sehat

    Baca juga: Ingin Cepat Hamil? Ini Daftar Makanan Sehat Penyubur Kandungan untuk Pengantin Baru


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published