Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker, Yuk Kenalan dengan Sorgum si Pengganti Nasi

sorgum

Sebagian orang mungkin masih asing dengan sorgum. Padahal, bahan pangan satu ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Jenis biji-bijian satu ini bahkan dapat dijadikan pengganti nasi, terutama untuk orang yang alergi atau menghindari asupan gluten.

Sorgum merupakan biji-bijian berwarna putih atau kuning pucat, berbentuk bulat dan kecil. Berasal dari Afrika, tanaman ini termasuk yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

Cara memasaknya pun sama seperti beras atau quinoa, selain itu bisa pula dijadikan sebagai tepung atau diolah sebagai popcorn. Kamu juga bisa merebus atau mengukusnya untuk ditambahkan ke dalam salad.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Dalam Sorgum?

Sebelum mengenali lebih jauh tentang manfaat sorgum, yuk ketahui lebih dulu apa saja kandungan nutrisi di dalamnya! 

Dalam 100 gram sorgum terdapat sekitar 330 kalori dan beberapa nutrisi penting lainnya, seperti:

  • 3 gram lemak
  • 7 gram serat
  • 11 gram protein
  • 72 gram karbohidrat

Selain itu, bahan pangan yang biasa ada dalam menu makanan sehat ini juga tinggi akan zat besi, fosfor, selenium, kalium, vitamin B1, piridoksin, dan zinc. Ada pula kandungan antioksidan berupa flavonoid, fenolik, dan tanin.

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisinya, lalu apa saja manfaat sorgum bagi kesehatan tubuh? Penasaran? Langsung simak yuk!

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Sorgum merupakan salah satu pilihan pengganti nasi yang bagus untuk membantu mengontrol berat badan. Ini karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi, sehingga dapat mengurangi nafsu makan berlebih.

Bukan hanya itu, kandungan pati di dalam sorgum merupakan jenis karbohidrat yang sulit dicerna sehingga dapat memberi efek kenyang lebih lama. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok orang yang rutin mengonsumsi sorgum cenderung memiliki lemak tubuh lebih sedikit daripada orang yang mengonsumsi gandum.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Mengganti konsumsi nasi dan pasta dengan biji-bijian juga dapat meningkatkan asupan kalium serta menurunkan natrium dan tubuh. Sehingga tekanan darah pun tetap stabil.

Oleh sebab itu, penderita atau orang yang berisiko terkena hipertensi sangat cocok mengonsumsi sorgum sebagai sumber makanan harian.

sorgum

Sumber foto: Google

  1. Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Sorgum ternyata baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, dan mineral seperti magnesium. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Ditambah, nutrisi ini juga bagus untuk mengontrol tekanan darah. Inilah mengapa sorgum dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Berbagai studi juga menunjukkan bahwa kadar magnesium yang rendah bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

  1. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Senyawa fenolik yang memiliki efek antikanker dan antioksidan di dalam sorgum bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, untuk memastikan manfaat sorgum yang satu ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Itu dia berbagai kandungan nutrisi dan manfaat sorgum yang bisa kamu peroleh. Biji-bijian ini umumnya aman dikonsumsi dan tidak memberikan efek samping maupun reaksi alergi. Bahkan, pemilik alergi gandum pun dapat menikmati dan mendapatkan kandungan nutrisinya.


Sorgum juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok bagi penderita prediabetes maupun diabetes karena indeks glikemik-nya rendah. Bingung beli sorgum dimana? Sekarang di Healthy Choice tersedia aneka produk dan beras sorgum yang berkualitas. Biar lebih jelas, langsung saja cek di sini.

 

Baca juga: 5 Olahan Sorgum yang Bisa Menjadi Snack Sehat Harian

Baca juga: Intip Kandungan Sorgum yang Diyakini Baik untuk Menjaga Kadar Kolesterol


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan