3 Khasiat Chia Seed untuk Anak Plus Cara Mengolahnya yang Tepat

chia seed

Para orang tua pasti setuju bahkan memberikan anak usia enam bulan ke atas makanan sehat merupakan salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Nah, salah satu jenis makanan sehat tersebut adalah chia seed

Para pelaku pola hidup sehat tentu sudah tidak asing dengan bahan makanan satu ini. Tapi untuk yang masih awam, biji chia berasal dari tanaman Salvia hispanica. Jenis tanaman mint ini banyak tumbuh di Amerika Selatan dan Meksiko. 

Namun, produk chia seed kemasan kini sudah banyak tersedia di Indonesia dan umum dikonsumsi sebagai campuran makanan. Lalu, apa saja manfaat chia seed untuk kesehatan anak? Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Manfaat chia seed untuk anak yang pertama adalah membantu mendorong pertumbuhan gigi dan tulang. Ini berkat kandungan kalsium, fosfor, protein, dan magnesium di dalamnya.

Bahkan, kandungan kalsium dalam biji chia disebut-sebut lebih tinggi dibanding produk olahan susu. Karena itulah, chia seed cocok untuk anak yang mungkin memiliki alergi susu agar kebutuhan kalsiumnya tetap tercukupi.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji chia untuk anak lainnya yaitu menyehatkan jantung. Menurut laman Harvard T.H Chan, 60% minyak di dalam biji chia mengandung asam omega 3. Asam omega 3 terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Mulai dari menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah, hingga mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Karena itu, chia seed bisa menjadi pilihan bagi anak yang alergi ikan karena asam omega 3 sebagian besar terdapat pada hewan laut.

  1. Tinggi Protein

Bukan hanya asam omega 3 dan kalsium, biji chia juga kaya akan protein. Setiap 28 gram biji chia, mengandung 4 gram protein yang mampu mengontrol rasa lapar serta membantu memperbaiki kerusakan otot. 

Bahkan, chia seed mengandung protein lengkap, yakni sembilan asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi tubuh.

Ide Olahan Chia Seed untuk Anak

chia seed

Sumber foto: Google

Bingung bagaimana cara mengolah chia seed menjadi menu makanan sehat yang disukai anak? Buat saja menjadi mix fruit yoghurt dan chia!

Ini adalah salah satu resep yang cukup disukai anak-anak karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Selain nutrisi dari biji chia, anak juga mendapatkan asupan vitamin dari buah-buahan dan yoghurt.

Bahan:

  • 800 gr biji chia
  • 400 ml santan kelapa
  • 2 sdm gula pasir
  • ¼ garam
  • ¼ vanilla essence cair
  • Yoghurt
  • Buah pir, apel, nanas, strawberry, mangga (secukupnya)

Topping

  • Granola secukupnya
  • Madu atau buah berry secukupnya

Cara Membuat

  1. Campurkan biji chia, santan, gula, garam, dan vanilla essence lalu aduk hingga mengental.
  2. Diamkan sekitar 5 jam di dalam kulkas.
  3. Potong buah-buahan sesuai selera.
  4. Jika chia sudah mengental, aduk dulu hingga rata. Kemudian, masukkan dua sendok makan campuran biji chia ke dalam gelas.
  5. Tumpukkan dengan yoghurt, letakkan buah-buahan, dan masukkan kembali yoghurt di atasnya.
  6. Taburi granola dan beberapa buah berry atau bisa juga dengan menyiramkan sedikit madu sebagai topping.

Ide olahan chia seed yang mudah dan praktis di atas bisa kamu jadikan sebagai menu camilan sehat maupun makanan penutup. Selamat mencoba!

Meski ukurannya sangat kecil, ternyata chia seed menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan anak ya. Karena itu, mulai sekarang jangan ragu menjadikannya sebagai stok bahan makanan di rumah. Ingin tahu beli chia seed dimana? Di Healthy Choice tentunya!

 

Baca juga: Mengenal Chia Seeds, Si Kecil Hitam yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Chia Seed untuk Diet


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan