Tips Sehat Memulai Pola Makan Bebas Gluten (Gluten-Free)

bebas gluten

Pernah tidak melihat label “gluten-free” pada produk makanan? Tapi, apa sih itu gluten? Dan, kenapa ada makanan berlabel “gluten-free”?

Beberapa produk makanan yang dijual tidak jarang tertulis “gluten-free” pada labelnya. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan gluten? Dan, kenapa harus ada makanan yang dikhususkan dengan label “gluten free”?

Gluten merupakan protein yang umumnya terdapat di dalam tepung dan beberapa jenis gandum. Makanan berlabel “gluten-free” ini dikhususkan bagi orang-orang yang alergi alias intoleran terhadap gluten. Orang-orang yang intoleransi gluten akan mengalami respon kekebalan tubuh tidak normal saat tubuh mencerna gluten.

Hal yang paling umum dialami oleh orang intoleran gluten yakni penyakit celiac, yaitu reaksi negatif pada sistem pencernaan yang diakibatkan konsumsi gluten. Beberapa gejalanya adalah diare, kembung, kram perut, sembelit, gas, dan anemia.

Lalu, Apa Itu Gluten-Free?

Diet bebas gluten alias gluten-free merupakan pola makan di mana kamu hanya mengonsumsi makanan yang tidak memiliki kandungan protein gluten.

Cara Memulai Diet Gluten Free

bebas gluten

Sumber foto: Borneo24

  • Cari Tahu Makanan yang Mengandung Gluten
  • Sebelum memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bebas gluten, kamu harus mengetahui lebih dulu bahan pangan apa saja yang mengandung gluten. Pastikan juga makanan yang kamu konsumsi tidak diolah atau dicampur dengan pengawet, perasa, atau biji-bijian yang mengandung gluten.

    Beberapa makanan yang sering dijumpai sehari-hari tapi mengandung gluten adalah mie, roti, biskuit, pasta, dan semua olahan yang menggunakan tepung terigu.

  • Makanan Alternatif Bebas Gluten
  • Beberapa makanan memang tidak mengandung gluten secara alami. Makanan tersebut di antaranya, kacang-kacangan yang belum diproses, telur segar, sayur, buah, daging, dan sebagian besar produk susu.

    Beberapa jenis biji-bijian dan pati yang tidak mengandung gluten adalah soba, jagung, jewawut, nasi, sorgum, kedelai, tepung bebas gluten (beras, kedelai, jagung, tapioka, kentang, kacang).

  • Perhatikan Label Makanan
  • Sayangnya, belum ada cara instan untuk memastikan apakah suatu makanan bebas gluten atau tidak. Jadi, cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikannya adalah dengan membaca label pada produk makanan.

    Kalau ragu, saat ke supermarket, kamu bisa menuju ke bagian sayuran dan buah yang memang sudah pasti bebas gluten. Karena biasanya, makanan olahan beku (frozen food), makanan ringan, hingga sereal memiliki kandungan gluten.

    Tapi, tenang! Sekarang sudah banyak kok supermarket yang menyediakan produk bebas gluten seperti biskuit, roti, mie, pasta hingga frozen food. Atau, tanyakan saja pada staf supermarket untuk mengetahui apakah mereka memiliki makanan bebas gluten.

  • Jangan Ragu Meminta Makanan Bebas Gluten pada Staf Restoran
  • Kalau kamu makan ke restoran, tanyakan kepada staf tentang makanan yang akan dipesan. Apakah makanan tersebut bebas gluten atau tidak. Cara lainnya, mintalah daftar menu yang bebas gluten atau pesan secara khusus agar kandungan gluten pada makanan yang kamu pesan bisa dihilangkan.

    Sebagian besar koki di restoran sudah biasa mendapat permintaan makanan bebas gluten, sehingga mereka tahu harus berbuat apa. Termasuk memisahkan alat masak agar tidak tercampur dengan bahan makanan yang memiliki kandungan gluten.

    Nah, itu dia penjelasan tentang pola makan sehat gluten-free hingga cara memulainya. Ingin tau bahan pangan yang bebas gluten bisa didapatkan dimana? Langsung saja ke website Healthy Choice! Di sini tersedia aneka bahan pangan sehat, termasuk biji-bijian, tepung, hingga cookies bebas gluten.

     

    Baca juga: Trik Mengolah Makanan Bebas Gluten dengan Tepat

    Baca juga: Diet Gluten Free Baik untuk Tubuh, Cek Kegunaannya Berikut ini


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan