Cara Hidup Sehat Mengobati Bronkitis dengan Madu Alami

Cara Hidup Sehat Mengobati Bronkitis dengan Madu Alami

Saat didiagnosa bronkitis, ada beberapa alternatif pengobatan yang bisa kamu pilih untuk mengatasinya. Beberapa bahan alami juga disebut dapat meringankan gejala bronkitis, salah satunya madu alami, seperti Healthy Choice Wild Forest Honey. Lalu, bagaimana cara meredakan gejala bronkitis dengan madu? Apakah ampuh mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Cara Meringankan Gejala Bronkitis dengan Madu

Gejala utama dari bronkitis adalah batuk. Bronkitis akut mengakibatkan batuk yang tidak kunjung sembuh hingga tiga minggu. Sedangkan bronkitis kronis menyebabkan batuk hingga tiga bulan dan terjadi terus menerus.

Pengobatan medis saja disebut kurang efektif untuk mengatasi bronkitis akut. Terkadang, bronkitis akut juga bisa sembuh dengan sendirinya, karena biasanya kondisi ini disebabkan oleh virus.

Karena itulah, tidak sedikit orang yang memilih alternatif lain untuk meredakan gejala bronkitis akut, salah satunya dengan mengkonsumsi madu alami.

Madu sendiri sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun lalu. Selain glukosa dan fruktosa, madu juga mengandung senyawa antimikroba, antioksidan, antiparasit, antivirus, antimutagenik, anti peradangan, hingga antikanker.

Benarkah Madu Ampuh untuk Mengobati Batuk Akibat Bronkitis?

Mengutip dari laman kesehatan masyarakat di Britania Raya, National Health Service (NHS), madu terbukti efektif untuk mengobati bronkitis.

Selain mengonsumsi Healthy Choice Wild Forest Honey secara langsung, minum air lemon hangat atau teh yang dicampur dengan madu diyakini menjadi cara hidup sehat yang ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Namun, obat alami satu ini sebenarnya tidak sepenuhnya mengobati batuk, tetapi dapat mengurangi sakit tenggorokan yang biasanya menyertainya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa madu adalah obat alami yang lebih ampuh untuk mengobati batuk dibandingkan obat kimia, seperti dextromethorphan dan diphenhydramine.

Penelitian ini dilakukan pada orangtua dan anak-anak. Penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine membuktikan bahwa konsumsi 2,5 ml madu sebelum tidur dapat meringankan batuk. Tetapi, penelitian ini berfokus pada batuk akibat infeksi pernapasan atas.

Sesuai dengan pedoman National Institute for Health and Care Excellence (NICE) dan Public Health England (PHE), madu alami sebaiknya dikonsumsi orang dewasa dan anak-anak minimal usia 5 tahun.

Terlepas dari keampuhan madu untuk mengobati gejala bronkitis, penting untuk diingat bahwa bahan alami satu ini tidak aman bagi anak usia kurang dari satu tahun. Madu dapat memicu infeksi serius pada bayi karena mengandung bakteri Clostridium botulinum.

Adakah Bahan Alami Lain untuk Mengobati Gejala Bronkitis?

Sumber foto: Google

Bronkitis adalah kondisi yang sangat mengganggu aktivitas karena menyebabkan batuk selama berminggu-minggu. Karena itulah diperlukan langkah cepat untuk mengatasinya.

Selain Wild Forest Honey, Anda juga bisa mencoba beberapa bahan alami lain untuk meredakan sekaligus mengobati batuk akibat bronkitis. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala bronkitis:

  • Nanas untuk mengurangi batuk berdahak
  • Jahe untuk mengatasi peradangan pada saluran pernapasan
  • Kunyit untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi iritasi
  • Bawang putih untuk membunuh virus penyebab bronkitis

Pengobatan medis maupun non-medis ini bertujuan untuk mengurangi gejala, mencegah komplikasi, dan menghambat berkembangnya virus penyebab bronkitis.

Meski begitu, pastikan gunakan madu hutan Healthy Choice Wild Forest Honey yang berasal dari madu hutan asli dan organik. Selain kaya nutrisi, bahan alami ini lebih aman dikonsumsi karena bebas bahan tambahan kimia. Anda bisa mendapatkan produknya dengan lebih mudah secara online di Healthy Choice. Satu lagi, jangan lupa periksakan kondisimu ke fasilitas kesehatan terdekat agar memaksimalkan cara hidup sehat Anda!



Baca juga: Benar Gak Sih Madu Alami Bisa Cegah Asam Lambung? Cek Faktanya

Baca juga: Begini Caranya Menjaga Kualitas Madu Alami Agar Segarnya Awet!


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published