Daftar Camilan untuk Diet Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Usus

Daftar Camilan untuk Diet Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Usus

Sistem pencernaan memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Selain membuang sisa makanan, sistem pencernaan juga berfungsi untuk menyerap nutrisi. Namun sayang, banyak orang menderita gangguan pencernaan karena konsumsi makanan yang salah dan tidak tepat. 


Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memastikan makanan maupun camilan yang dikonsumsi aman bagi pencernaan. Terlebih saat menjalani diet, bukan hanya makanan yang tinggi serat namun juga harus bisa menjaga bakteri baik dalam usus. Apa saja camilan untuk diet yang baik untuk kesehatan usus? Berikut ini daftarnya.


Camilan untuk Diet yang Baik untuk Sistem Pencernaan

Memilih makanan sehat untuk pencernaan sebenarnya bukan hal yang sulit. Bahkan bisa dengan mudah ditemukan di pasar, kebun belakang rumah maupun supermarket. Berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk usus.

camilan untuk diet

Sumber foto: Google


1.Yogurt

Yogurt berasal dari susu yang difermentasi dengan bakteri asam laktat. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya yaitu probiotik, yang mampu membantu menjaga kesehatan usus.

Probiotik dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, diare dan konstipasi. Tapi, perlu diperhatikan bahwa tidak semua yogurt mengandung probiotik. Jadi, saat membelinya pastikan terdapat label “live and active culture” pada kemasannya.


  1. Pisang

Pisang adalah camilan untuk diet yang baik untuk pencernaan karena tinggi serat. Satu buah pisang ukuran sedang memiliki sekitar 3,1 gram serat. Jumlah tersebut dinilai dapat memenuhi 9-11 persen dari kebutuhan harian orang dewasa.


  1. Chia Seeds

Chia seeds atau biji chia adalah jenis biji bijian yang mampu mendorong keteraturan gerak usus. Anda bisa menambahkan 15 gram biji chia ke dalam menu harian untuk mencukupi 5 gram kebutuhan serat harian.


  1. Apel

Apel mengandung pektin dan serat. Pektin bakal dipecah oleh bakteri baik di usus besar. Sehingga, meningkatkan volume feses dan dapat mengatasi diare serta sembelit.


  1. Pepaya

Pepaya menjadi camilan untuk diet yang baik bagi pencernaan karena kandungan enzim papain. Enzim ini berfungsi dalam proses pencernaan karena membantu menguraikan serat protein. Bukan itu saja, studi juga menunjukkan enzim ini bisa membantu menurunkan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) seperti sembelit dan kembung.


  1. Alpukat

Alpukat sudah dikenal lama sebagai buah sekaligus camilan yang menyehatkan. Buah satu ini mengandung karbohidrat, lemak dan serat. Dalam sebuah alpukat seberat 100 gram terkandung 6,7 gram serat. Ini sudah bisa mencukupi 20-28 persen kebutuhan serat harian bagi orang dewasa.


  1. Kacang Almond

Camilan untuk diet yang baik bagi usus selanjutnya adalah kacang almond. Sebagai informasi, pada seporsi kacang almond mengandung 4 gram serat. Bukan itu saja, almond juga mengandung vitamin E, lemak dan magnesium.


  1. Gandum Utuh

Biji-bijian yang berasal dari gandum utuh adalah oat, quinoa dan faro. Bahan-bahan makanan tersebut dikenal baik untuk usus dan lambung. Sebab, kandungan seratnya mampu meningkatkan pencernaan, seperti mengurangi sembelit. Selain itu, kandungan probiotik di dalamnya juga membantu menjaga bakteri baik di dalam usus.


  1. Kentang

Kentang juga menjadi salah satu camilan untuk diet yang sehat bagi usus. Serat tidak larut di berupa pektin, hemiselulosa dan selulosa di dalamnya sangat baik bagi kesehatan. Kentang juga memiliki serat bernama pati resisten yang merupakan makanan untuk bakteri baik di usus.


Itulah daftar camilan untuk diet yang menyehatkan sistem pencernaan, termasuk usus dan lambung. Kalau ingin mencari camilan sehat yang praktis, sekarang Anda bisa membelinya di Healthy Choice.

 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Chia Seed untuk Diet

Baca juga: Ampuh Mencegah Asam Lambung, Ini Sarapan Pagi Sehat yang Harus Dikonsumsi


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan