Ini Aturan Mengonsumsi Jahe Merah Saat Buka Puasa, Jangan Asal Minum!

Ini Aturan Mengonsumsi Jahe Merah Saat Buka Puasa, Jangan Asal Minum!

Jahe merah merupakan salah satu tanaman herbal yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman rimpang ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional, termasuk untuk mengobati flu, sakit kepala, batuk, mual, hingga rematik.

Kandungan di dalam jahe merah juga dapat membantu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan otak dan jantung. Karena itulah, tidak heran kalau masyarakat sering mengonsumsinya.

Biasanya, jahe dikonsumsi pada pagi hari saat perut masih kosong. Namun di bulan puasa ini, jahe biasa ditambahkan ke dalam berbagai olahan dan minuman berbuka sebagai takjil.

Lalu, bolehkan minum air jahe saat perut kosong?

Sumber foto: Google

Jahe memang bagus untuk pencernaan. Namun mengonsumsinya saat perut kosong, justru akan menghambat pencernaan.

Mengutip ahli pengobatan Chris Kilham dari The Medicine Center, jahe tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong karena menyebabkan masalah pencernaan, khususnya lambung.

Sebab, akan terjadi stimulasi berlebihan di dalam lambung. Menurut Kilham, minum air jahe dapat meningkatkan produksi enzim pada empedu.

Sehingga jika diminum saat perut kosong, enzim tersebut akan menstimulasi lambung yang dapat menekan saluran pencernaan. Akibatnya, perut akan terasa perih dan tidak nyaman.

Tidak semua orang memang merasakan reaksi ini. Namun, efek ini akan dirasakan oleh orang yang memiliki riwayat sakit lambung dan perut sensitif.

Selain itu, sebaiknya jangan mengonsumsi jahe lebih dari batas yang telah ditentukan. Yaitu tidak lebih dari 4 gram sehari.

Manfaat Minum Jahe Merah Saat Buka Puasa

Sebagai sumber antimikroba dan anti inflamasi, jahe merah bisa membantu mencegah peradangan dan melawan bakteri jahat. Minuman air jahe secukupnya ketika buka puasa dapat memberi beberapa manfaat berikut ini.

  • Mengendalikan Nafsu Makan
  • Jahe dapat mengontrol nafsu makan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tidak ingin kalap makan saat buka puasa? Coba minum segelas air jahe hangat sebelum makan besar. Dengan begitu, nafsu makan akan lebih terkendali.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Cuaca yang tidak bersahabat yang membuat tubuh lebih mudah sakit. Di bulan puasa ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh, salah satu caranya yaitu dengan rutin minum air jahe.

    Jahe memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan sistem limfa, membunuh bakteri, dan mengeluarkan racun. Sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan
  • Sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar karena kurang konsumsi serat? Atau perut kembung karena salah makan saat sahur? Coba atasi dengan minum segelas air jahe merah hangat saat berbuka puasa.

    Biasanya, kondisi perut akang berangsur membaik setelah minum air jahe. Jahe merah dapat membantu merilekskan usus sehingga sejumlah gangguan dalam sistem pencernaan bisa teratasi.

  • Melancarkan Peredaran Darah
  • Jahe mengandung antioksidan yang mampu memperbaiki kinerja jantung dan melawan penyempitan arteri. Minum segelas jahe merah secara rutin dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah.

    Setelah berpuasa seharian penuh, proses detoksifikasi bisa dioptimalkan dengan minum segelas jahe hangat saat buka puasa.

    Banyak sekali bukan manfaat jahe untuk tubuh. Mulai sekarang, yuk coba sempatkan minum segelas air jahe merah hangat saat berbuka puasa. Ingat, minumnya setelah makan takjil ya, jangan dalam perut kosong.

    Supaya konsumsi jahe merah lebih praktis, kamu bisa membeli ekstraknya di Healthy Choice atau klik di sini untuk berbelanja. Terbuat dari 100% jahe alami dan organik, menjadikannya aman dikonsumsi setiap hari.

    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published