Kaum Millenials, Ini Alasan Flaxseed Wajib Masuk Dalam Menu Sehat Harian

Kaum Millenials, Ini Alasan Flaxseed Wajib Masuk Dalam Menu Sehat Harian

Flaxseed atau biji rami sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Biji kecil ini pun kaya akan kandungan nutrisi baik, salah satunya serat. Karenanya tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi biji rami.

Apalagi, flaxseed juga mengandung lignan, protein, antioksidan, dan asam lemak tak jenuh ganda seperti alfa linoleate (ALA), alias omega-3. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan resiko berbagai penyakit.

Manfaat Flaxseed untuk Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, tak heran kalau biji-bijian satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Lalu, manfaat kesehatan apa saja yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi biji rami?

  • Menjaga Kesehatan Paru-Paru
  • Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 44% orang kelahiran tahun 1981-1996, alias generasi milenial, mengidap kondisi kesehatan kronis. Berbeda dengan gangguan kesehatan akut yang bersifat jangka pendek, gejala dan kondisi kesehatan kronis berlangsung lama dan perlu penanganan dari waktu ke waktu.

    Salah satu yang banyak diidap oleh generasi milenial adalah gangguan kesehatan paru-paru, seperti asma. Serangan asma ringan hingga berat bisa menyebabkan mengi, batuk, sesak napas, dan sesak dada. Selain alergi, asma juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti merokok dan vaping yang akhir-akhir ini banyak digemari anak muda.


    Asam lemak omega-3 dalam flaxseed diketahui dapat melindungi sistem kardiovaskular. Selain itu, biji rami juga mengandung phytoestrogen yang tinggi antioksidan. Fungsi antioksidan diantaranya bisa meredakan gejala asma dan alergi pada paru-paru. Tambahkan Golden Flaxseed ke dalam smoothie, salad, atau dipanggang sebagai camilan sehat.

  • Meredakan Peradangan
  • Manfaat satu ini didapatkan dari senyawa asam alfa linolenat (ALA) dan lignan di dalamnya. Kedua senyawa ini mampu mengatasi peradangan dalam tubuh, terutama yang disebabkan oleh penyakit parkinson dan asma.

    Selain itu, ALA dan lignan juga dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah arteri yang merupakan penyebab stroke.

    ​​

    Sumber foto: Google


  • Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
  • Sebuah studi membuktikan bahwa biji rami kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Meski begitu, hingga kini masih belum ditemukan cukup bukti bahwa flaxseed juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

  • Mencegah Penyakit Jantung
  • Konsumsi flaxseed secara rutin dapat membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat ini berasal dari kandungan ALA yang mampu mencegah tekanan darah tinggi, salah satu penyebab penyakit jantung.

  • Menjaga Kadar Gula Darah
  • Mengonsumsi flaxseed selama 3 bulan secara rutin bisa membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. karena itulah, flaxseed sangat baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

    Selain flaxseed, kamu juga bisa melakukan beberapa tips sederhana untuk mengontrol kadar gula darah, seperti memperbanyak makan makanan berserat, menghindari makanan berlemak dan manis, rutin berolahraga, dan cukup istirahat.

  • Mencegah Kanker
  • Biji rami juga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker karena mengandung lignan. Jika rutin mengonsumsinya, kandungan lignan tersebut dapat mencegah pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker kulit, kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

    Gaya hidup tidak sehat di antara generasi milenial, seperti sering makan junk food, duduk terlalu lama, kurang tidur, hingga kebiasaan merokok dan vape memang harus segera diubah. Memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti flexseed bisa menjadi salah satunya. Karena dengan begitu, kualitas kesehatan akan meningkat dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.


    Baca juga: Tips Hidup Sehat! Bantu Cegah Kanker dan Kurangi Kolesterol dengan Flaxseed

    Baca juga: 7 Makanan Sehat Teruntuk Kamu yang Ingin Mencegah Anemia


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published