Menjaga Kesehatan Saat Lebaran Idul Fitri Melalui Makanan Sehat

Menjaga Kesehatan Saat Lebaran Idul Fitri Melalui Makanan Sehat
pola makan sehat

Tradisi lebaran sangat lekat hubungannya dengan makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Mulai dari opor, semur, rendang, dan lain sebagainya. Apa lagi setelah sebulan menjalankan ibadah puasa, sebagian besar orang akan menyantap makanan lebaran secara berlebih. Namun kamu tetap dapat mengatur pola makan sehat saat lebaran.

Meskipun ada banyak makanan lebaran yang dihidangkan, kamu tidak perlu khawatir mengalami kenaikan berat badan dan terkena penyakit akibat makan makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Selama kamu dapat membatasi makanan yang masuk dalam tubuh, kenaikan berat badan tidak akan anda alami.

Namun perlu diimbangin juga dengan beberapa tips dibawah ini yang dapat mengatur pola makan sehat saat lebaran agar kamu tetap dapat menjaga kesehatan sekaligus menjaga nutrisi yang ada di dalam tubuh. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Cara Tepat Mengatur Pola Makan Sehat saat Lebaran Idul Fitri

  • Batasi Makanan yang Berlemak Jenuh

  • Seperti yang disinggung sebelumnya, jika kamu tetap ingin hidup sehat dan menjaga pola makan yang baik kamu dapat membatasi menyantap makanan berlemak jenuh seperti makanan yang dihidangkan ketika lebaran. Makanan lebaran sangat identik dengan santan dan minyak yang dapat mengurangi nutrisi dalam tubuh.

    Kamu tetap dapat menyantap makanan tersebut namun dalam porsi yang sedikit dan tidak terlalu banyak. Mengkonsumsi makanan bersantan dan berminyak secara berlebih dapat menimbulkan nyeri perut, pusing, dan mual. Anda juga dapat mengkombinasikan asupan anda dengan sayur-sayuran.

    Dimana sayuran dapat mengendalikan nafsu makan. selain itu kamu dapat mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan sebagai hidangan pencuci mulut yang sehat. Buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk akan sangat baik bagi tubuh setelah memakan makanan lebaran.

  • Mencukupi Serat dalam Tubuh

  • Untuk membuatmu merasa lebih kenyang kamu dapat mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, contohnya adalah buah apel. Hal ini akan membantu kamu untuk mengendalikan nafsu makan saat akan menyantap berbagai macam menu hidangan lebaran yang banyak mengandung minyak dan lemak.

    Selain buah apel, kamu dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti buah melon dan semangka sebagai makanan pertama sebelum makanan utama disantap. Dengan begitu anda tetap dapat mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. 

  • Jangan Malas untuk Bergerak

  • makan sehat
    Sumber foto: Canva

    Lebaran menjadi ajang untuk bersilaturahmi, bersalam-salaman dan saling memaafkan. Untuk itu, jangan hindari interaksi antara masyarakat agar kamu  tetap dapat menggerakan tubuh setelah menyantap berbagai macam hidangan lebaran. Dengan bergerak, kamu dapat mengatasi rasa begah atau efek kekenyangan setelah makan. Jangan lupa untuk beristirahat jika sudah mulai merasa lelah.

  • Perbanyak konsumsi air putih

  • Air putih menjadi minuman paling sehat yang dapat kamu konsumsi setelah memakan hidangan lebaran. Selain itu air putih juga dapat menjaga cairan dalam tubuh agar tetap terjaga. Serta dapat menghindari kamu dari kurang fokus dan merasa lemas. Sebaiknya kamu menghindari minum minuman manis setelah makan.

  • Jadikan kacang-kacangan sebagai cemilan

  • makan sehat
    Sumber foto: Canva

    Cara terakhir dalam menjaga pola makan sehat saat lebaran adalah kamu dapat memakan kacang-kacangan yang kaya serat dan rendah kalori. Kacang yang dipanggang akan lebih baik untuk dikonsumsi ketimbang kacang yang digoreng. Selain itu anda dapat menyantap olahan makanan sehat sebagai cemilan.

    Untuk membeli keperluan dan olahan makan sehat kamu dapat mencarinya di Healthy Choice yang menawarkan berbagai macam produk sehat terlengkap dan aman bagi tubuh. Mulai dari beras, biji-bijian, oatmeal, dan lain sebagainya dari berbagai merek dan brand terpercaya.

     

    Baca juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat Selama Bulan Ramadan

    Baca juga: Manfaat Konsumsi Chia Seed untuk Menjaga Stamina saat Puasa


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published