Mengenal Chia Seeds, Si Kecil Hitam yang Baik untuk Kesehatan Jantung

chia seeds

Bagi pelaku hidup sehat, chia seeds merupakan asupan wajib dalam menu diet. Biji berwarna hitam yang berasal dari tanaman chia (Salvia hispanica) ini bisa dicampurkan ke dalam berbagai hidangan. Lalu apa saja kandungan nutrisi dalam chia seeds

Kandungan Chia Seeds yang Bagus untuk Kesehatan

  • Karbohidrat
  • Chia seeds mengandung lebih dari 80% karbohidrat yang berupa serat. Dalam 28 gram chia seeds terkandung sekitar 11 gram serat. Sebagian  besar serat di dalamnya juga merupakan jenis tidak larut air. Serat jenis ini disebut dapat menurunkan resiko diabetes dan membantu menjaga kesehatan usus besar.

  • Lemak
  • Ciri unik yang dimiliki chia seeds adalah kandungan asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung. Sekitar 75% lemak dalam biji-bijian ini terdiri dari omega-3 alpha-linolenic acid (ALA), dan 20%-nya merupakan asam lemak omega-6.

  • Protein
  • Sekitar 19% total nutrisi biji chia adalah protein. Tingginya asupan protein ini disebut dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi makan berlebihan.

  • Mineral
  • Berbagai jenis mineral terdapat dalam chia seeds, beberapa di antaranya yaitu mangan, selenium, fosfor, tembaga, magnesium, kalsium dan zat besi.

    Manfaat Chia Seeds untuk Kesehatan Jantung

    chia seeds

    Sumber foto: Google

    Chia seeds kaya akan kandungan serat, antioksidan, protein dan lemak sehat yang diketahui bagus untuk kesehatan jantung. Sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi chia seeds secara rutin bisa membantu melindungi jantung dari pembekuan pembuluh darah. Namun, efek ini tidak bisa didapatkan hanya dari mengonsumsinya saja ya, karena harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya.

    Khasiat Chia Seeds Lainnya

    Selain baik untuk jantung, chia seeds juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan lainnya. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Mencegah Osteoporosis
  • Protein dan berbagai mineral yang terkandung di dalamnya, seperti magnesium, kalsium, mangan dan fosfor sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis. Selain itu, chia seeds juga bisa dijadikan sebagai sumber kalsium bagi para pelaku pola makan vegetarian.

  • Mengontrol Kadar Gula dalam Darah
  • Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa biji chia bisa mencegah kenaikan kadar gula dalam darah. Sehingga mampu menekan risiko terserang diabetes tipe 2. Selain itu, biji-bijian berukuran kecil ini juga aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Manfaat chia seeds satu ini diduga berasal dari berbagai kandungan di dalamnya yang dapat mengontrol gula darah.

  • Mengurangi Gejala Divertikulitis
  • Kaya akan serat, biji chia diyakini mampu meredakan dan mengatasi gejala divertikulitis. Divertikulitis sendiri merupakan infeksi atau peradangan pada divertikula, yakni kantung-kantung yang terbentuk di saluran pencernaan, terutama dalam usus besar.

    Bukan itu saja, mengonsumsi makanan yang tinggi serat juga membantu memperlancar pergerakan usus serta mencegah sembelit. Chia seeds juga disebut baik untuk menekan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Bahkan, omega-3 di dalamnya juga bisa mengurangi risiko stroke.

  • Menurunkan Berat Badan
  • Serat di dalam chia seeds membuat kenyang lebih lama. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi pelaku diet. Selain itu, protein di dalamnya juga dapat mengurangi nafsu makan.

    Namun, untuk mendapatkan berat badan ideal tidak cukup hanya dengan mengonsumsi chia seeds. Diperlukan pola hidup sehat, seperti membatasi asupan kalori, berolahraga dan istirahat yang cukup untuk mencapai berat badan impian.

    Itu dia berbagai informasi tentang chia seeds. Untuk mendapatkannya, sekarang Anda bisa membelinya di website Healthy Choice.

     

    Baca juga: Cari Tahu Bagaimana Mengolah Chia Seeds dengan Tepat

    Baca juga: Sumber Protein Baik untuk Kesehatan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published