Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Paru, Berikut Pilihan Camilan Sehatnya

pola hidup sehat

Saat berusaha sembuh dari kanker paru, kamu tentu harus mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, selain menghindari penyebab sakitnya. Pola hidup sehat bisa dimulai dari mengatur asupan makanan. Ada beberapa pilihan makanan untuk pengidap kanker paru yang baik dikonsumsi selama pengobatan. Apa saja? Simak daftarnya di bawah ini.

Makanan Sehat untuk Pasien Kanker Paru

Selama masa perawatan, pengidap kanker paru harus memperbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat yang mampu membantu proses pengobatan maupun pemulihan, di antaranya yaitu:

  1. Air Kelapa

Air kelapa dapat mendorong proses penyembuhan bagi penderita kanker paru. Sebab, air kelapa tinggi kalium namun rendah natrium dan karbohidrat.

  1. Pisang

Buah berwarna kuning satu ini juga baik untuk pengidap kanker. Sebab, pisang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mampu mengembalikan energi dengan cepat selama proses perawatan. Tidak hanya itu, serat di dalam buah ini juga bisa membantu merasa kenyang lebih lama.

  1. Peppermint

Peppermint dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pencernaan pasien. Hal ini bisa mendorong produksi nutrisi yang baik untuk sel di dalam tubuh.

  1. Bubuk Cokelat

Bubuk cokelat tinggi kandungan serat, magnesium, antioksidan termasuk polifenol dan flavonoid. Bukan hanya itu, dengan mengonsumsinya, penderita kanker paru bisa mencegah terjadinya kerusakan sel.

Konsumsi bubuk cokelat juga mampu menstimulasi sistem saraf utama, sehingga sirkulasi darah lancar dan otot jadi lebih rileks.

Pola Makan Sehat bagi Penderita Kanker Paru

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Sebenarnya, tidak ada makanan tertentu yang wajib dikonsumsi bagi penderita kanker paru. Pasalnya, kebutuhan nutrisi setiap pasien mungkin berbeda.

Biasanya, kebutuhan nutrisi ini ditentukan dari kondisi kesehatan, pilihan pengobatan dan efek sampingnya, tahapan stadium kanker, hingga tinggi serta berat badan pasien.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih makanan sehat bagi penderita kanker paru-paru menurut American Lung Association:

  1. Cukupi Kebutuhan Kalori

Biasanya, berat badan pasien akan menurun secara drastis. Untuk menghindarinya, pengidap kanker paru-paru disarankan untuk makan makanan yang mengandung cukup kalori, sehingga berat badan ideal tetap terjaga. Asupan nutrisi yang tepat bagi kondisi pasien biasanya akan disarankan oleh dokter.

  1. Konsumsi Makanan Porsi Kecil tapi Sering

Selain nutrisi pada makanan, penderita kanker paru-paru juga harus memperhatikan pola makannya. Contohnya, pasien disarankan makan sedikit tetapi lebih sering.

Makan lebih sedikit namun sering membantu memastikan tubuh mendapat asupan kalori, protein, dan gizi yang diperlukan untuk mengimbangi efek samping pengobatan, seperti mual.

  1. Makanan yang Harus Dihindari

Ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari, sebab berpotensi memperburuk efek samping pengobatan. Contohnya, ada beberapa makanan yang jika diberikan kepada pasien kanker paru-paru malah akan memperparah efek samping, seperti konstipasi atau diare.

Hindari juga makanan manis karena hanya memiliki sedikit nutrisi. Selain itu, makanan manis akan membuat cepat kenyang, padahal kebutuhan nutrisi dalam tubuh belum tercukupi.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Agar tidak dehidrasi selama menjalani pengobatan, pasien kanker diharapkan untuk memperbanyak minum air. Ingat, hindari minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh dan kopi karena justru bisa memicu dehidrasi.

Itu dia beberapa informasi makanan sehat dan pola hidup sehat untuk penderita kanker paru-paru. Jangan lupa perhatikan pula asupan camilannya, ya. Pilih camilan sehat seperti kacang dan biji-bijian yang bisa kamu dapatkan di sini.

 

Baca juga: Menerapkan Pola Makan Sehat Di Usia Lansia, Ini yang Harus Diperhatikan

Baca juga: Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Kamu yang Lagi Sibuk Kuliah


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published