Seberapa Yakin Madu Alam Dapat Menghilangkan Cacar Air? Yuk Cek Fakta Makanan Sehat ini

Seberapa Yakin Madu Alam Dapat Menghilangkan Cacar Air? Yuk Cek Fakta Makanan Sehat ini

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini dapat menular melalui cairan dalam lesi (benjolan berisi air) kulit lewat kontak fisik dengan pasien. Meski umum dialami anak-anak, orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air juga bisa mengalaminya.

Saat muncul lesi kulit, tubuh mengeluarkan jaringan yang lebih tebal untuk memperbaiki jaringan parut (tekstur kulit). Jaringan parut ini muncul karena peradangan kulit akibat bekas luka yang terlihat kehitaman dan cekung. Pada pemilik normal, dalam waktu 2-4 minggu bekas cacar air tersebut akan hilang.

Namun, bekas cacar air lebih sulit hilang pada kulit sensitif, bahkan perlu waktu hingga beberapa bulan. Proses perawatan yang dilakukan juga memengaruhi proses penyembuhan luka di kulit setelah terkena cacar air.

Apakah Madu Bisa Menyembuhkan Luka Bekas Cacar Air?

Bekas cacar air terjadi karena peradangan dan garukan akibat rasa gatal. Karena itulah, sebaiknya jangan menggaruk kulit saat terkena cacar air untuk mencegah terbentuknya bekas luka.

Kamu baru terkena cacar air dan mencari bahan alami untuk menghilangkan bekas lukanya? Ternyata madu alami bisa jadi solusinya. Madu mengandung antioksidan yang bisa mendukung kemampuan kulit dalam menyembuhkan bekas luka dengan meningkatkan produksi kolagen. Madu juga mengandung pH sesuai dengan kulit dan antibakteri.

Sumber foto: Google

Beberapa kandungannya itu dapat membantu menangkal radikal bebas pada luka. Sebaiknya pilihlah madu alami seperti Madu Alam, karena kandungan nutrisi didalamnya masih terjaga.

Ketika dioleskan ke kulit, antioksidan akan mendorong pembentukan sel, sehingga jaringan kulit yang baru akan terbentuk.

Bekas luka cacar air bisa diatasi dengan mencampur satu sendok makan madu murni, satu sendok makan air, dan satu sendok oatmeal. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur hingga berbentuk pasta, oleskan pada area bekas luka. Diamkan sekitar 15-20 menit. Kemudian, bersihkan dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih atau tisu.

Manfaat Madu Lainnya untuk Kulit

Madu mengandung karbohidrat, asam amino, protein, vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B6, kalsium, natrium, kalium, magnesium, klorin, besi, dan seng.

Selain mengatasi bekas luka cacar air, bahan alami satu ini juga punya banyak manfaat lain untuk kulit, di antaranya:

  • Mencegah Penuaan Dini
  • Kamu pemilik kulit kering? Cobalah gunakan masker madu. Bahan ini dapat melembabkan kulit dan mencegah munculnya garis halus, bintik-bintik hitam, dan kerutan, yang merupakan tanda-tanda penuaan dini.

  • Mengatasi Jerawat Meradang
  • HC Wild Forest Honey memiliki sifat antibakteri yang bisa meredakan jerawat meradang. Caranya, oleskan masker madu ke seluruh wajah hingga merata. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air.

  • Mencerahkan Kulit
  • Antioksidan dalam madu efektif dalam menangkal radikal bebas yang bisa masuk ke dalam kulit karena paparan sinar UV. Manfaat ini bisa diperoleh dengan menggunakan masker dari campuran madu dan air lemon.

  • Mencegah Bibir Kering
  • Mengoleskan madu ke area bibir dapat mencegah bibir pecah-pecah dan efektif untuk melembabkan kulit di sekitarnya. Tidak hanya itu, madu juga bisa digunakan sebagai scrub bibir dengan mencampurnya bersama gula pasir.

    Itulah cara kerja madu dalam mengatasi bekas luka cacar air dan manfaat lainnya untuk kecantikan kulit. 

    Kamu bisa mendapatkan manfaat madu di atas dengan menggunakan Forest Honey sebagai makanan sehat karena berasal dari madu hutan alami dan organik. Tidak sabar ingin segera merasakan manfaatnya? Langsung saja ke Healthy Choice sekarang dan dapatkan produknya!


    Baca juga: Begini Caranya Menjaga Kualitas Madu Alami Agar Segarnya Awet!

    Baca juga: Benar Gak Sih Madu Alami Bisa Cegah Asam Lambung? Cek Faktanya


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published