10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kesehatan Penglihatan Si Kecil

makanan sehat

Selama ini wortel dikenal sebagai salah satu makanan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Tak heran, orang tua selalu ingin agar buah hatinya menyukai sayuran berwarna oranye satu ini.

Banyak cara pun dilakukan, mulai dari mengolahnya sebagai masakan, membuat jus, atau menjadikannya camilan sehat.

Tapi, tahu tidak kalau makanan yang bisa menjaga kesehatan mata bukan hanya wortel saja? Berikut ini ada beberapa jenis makanan selain wortel yang bagus untuk penglihatan si kecil. Apa saja? Simak daftarnya yuk!

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, lettuce, dan kale juga bisa kamu pilih untuk dijadikan makanan sehat bagi si kecil. Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa meningkatkan kepadatan pigmen dalam makula yang berperan untuk menyerap kelebihan sinar UV dan cahaya biru. Selain itu, kedua zat tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi mata dari bahaya sinar matahari, polusi, asap, dan debu.

  1. Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang mampu melindungi mata dari efek buruk radiasi UV. Vitamin C dan E pada tomat juga membantu menjaga kesehatan retina mata. Kamu bisa mengolahnya menjadi saus, jus, garnish makanan, atau menyantapnya langsung.

  1. Pepaya

Buah satu ini dikenal kaya akan kandungan vitamin A. Pepaya juga bisa membantu menjaga retina mata berkat kandungan karotenoidnya. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi mata dari radikal bebas. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa mengkreasikannya sebagai salad atau es buah.

  1. Alpukat

Kalau anak memiliki alergi ikan, kamu bisa memberinya alpukat yang juga tinggi akan kandungan Omega-3. Alpukat juga mengandung vitamin C, E, karotenoid yang membantu menjaga kesehatan mata. Kamu bisa mengolahnya menjadi puding, jus, atau memberikannya langsung pada anak.

  1. Mangga

Buah yang bercita rasa manis-asam ini kaya akan betakaroten yang bisa menjaga kejernihan mata si kecil. Kamu bisa memberikannya potongan buah segar, atau membuatnya menjadi jus, es, dan mencampurnya ke puding.

makanan sehat

Sumber foto: Google

  1. Stroberi

Stroberi juga tinggi vitamin C dan populer sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang mampu melindungi mata dari bahaya radikal bebas. Kamu bisa mengolahnya jadi selai atau smoothies sebagai sarapan di pagi hari.

  1. Kacang-kacangan

Kacang almond, biji bunga matahari, kacang merah, atau kacang polong, mengandung vitamin E yang bisa memperlambat degenerasi makula. Kamu menambahkannya sebagai topping kukis anak, mengolahnya bersama sayur-sayuran lain, atau dijadikan camilan sehat.

  1. Daging dan Unggas

Daging dan unggas mengandung zinc yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Zinc berperan sebagai pembawa vitamin A dari hati ke retina dan mampu memproduksi melanin untuk melindungi mata.

  1. Ikan

Mengandung asam lemak Omega-3 yang dapat bermanfaat sebagai anti peradangan, mengonsumsi ikan juga bisa mengurangi degenerasi makula serta mencegah katarak. Selain itu, Omega-3 juga dapat mencegah mata kering. Contoh jenis ikan yang kaya kandungan Omega-3 adalah salmon, makarel, dan tuna.

  1. Telur

Bukan hanya sayuran dan buah saja yang mampu menjaga kesehatan mata. Telur juga tidak kalah manfaatnya. Telur mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang mampu meningkatkan kesehatan mata.

Itu dia beberapa daftar makanan yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan penglihatan si kecil. Ingin beralih ke konsumsi makanan sehat? Langsung saja cek aneka bahan makanan sehat di sini.

Eits, jangan lupa lengkapi pola hidup sehat kamu dengan olahraga secara rutin agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Baca juga: Menu Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Pasca Olahraga

Baca juga: Pulihkan Tenaga Setelah Olahraga, Ini Manfaat Buah Pisang sebagai Makanan Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published