5 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) : Menutrisi Tubuh dari Luar-Dalam

5 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) : Menutrisi Tubuh dari Luar-Dalam

Virgin coconut oil atau VCO adalah salah satu jenis minyak alami yang memiliki banyak manfaat mulai dari obat luar untuk kulit hingga dapat diminum untuk menyehatkan. VCO sendiri berbeda dengan minyak kelapa pada umumnya.

 

Sesuai dengan namanya, ‘virgin’ yang berarti minyak ini berasal dari minyak kelapa murni dengan proses melalui pemanasan dalam suhu tinggi seperti minyak pada umumnya. Selain itu, dalam prosesnya VCO tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, maupun proses pengurangan-penambahan kandungan tertentu.

 

Itu sebabnya VCO mengandung banyak nutrisi yang sering dimanfaatkan dalam berbagai produk kesehatan maupun kecantikan. Nah, beberapa nutrisi ini penting untuk kesehatan Anda.

 

Kandungan Nutrisi VCO untuk Kesehatan

Virgin coconut oil  100% mengandung lemak. Meski demikian, lemak tersebut memiliki struktur berbeda dengan lemak minyak pada umumnya. VCO diketahui mengandung zat yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik. Berikut takaran nutrisi yang tersaji pada 1 sendok makan (sdm) VCO:

 

  • Kalori: 121 kilo kalori (kkal)
  • Total lemak: 13,5 g

 

Dari kandungan baik tersebut, banyak yang memanfaatkan VCO untuk kesehatan salah satunya sering digunakan sebagai minyak pijat. Namun, VCO murni umumnya bisa dikonsumsi. Biasanya bisa dikombinasikan dengan serangkaian program untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Nah berikut ini manfaat VCO dalam menutrisi tubuh.

 

  1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang mengandung lemak jenuh, virgin coconut oil memiliki asam lemak yang dapat membantu metabolisme tubuh, sehingga mampu mencegah penumpukan lemak pada arteri.

 

Hal ini telah terbukti dari beberapa populasi di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitvan di Papua Nugini yang sering mengonsumsi minyak VCO dalam jumlah banyak memiliki kasus serangan jantung yang rendah.

 

  1. Melindungi Kulit dan Rambut

Tak hanya dapat dimakan, mengoleskan minyak VCO pada kulit juga bisa membuatnya halus dan bercahaya. Pasalnya  virgin coconut oil  dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati serta menyamarkan noda hitam dan memudarkan stretch mark.

 

Selain itu, menggosok rambut dengan minyak kelapa juga dapat membuatnya terlihat lebat dan berkilau, karena VCO bisa menutrisi hingga ke akar rambut, dan melindungi dari kerusakan akibat panas matahari.

virgin coconut oil

Sumber foto: Google

 

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Rupanya selain baik untuk kulit dan rambut, VCO juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap kuat dan bersih. Pasalnya, minyak ini dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Namun, meski demikian Anda tetap harus sikat gigi dan berkumur secara rutin agar tidak ada plak atau sisa makanan yang menempel.

 

  1. Mempertajam Fungsi Kognitif

Virgin coconut oil dipercaya mengandung triasilgliserol rantai sedang atau medium-chain triacylglycerides (MCT) yang mudah diserap hari ketimbang asam lemak lainnya. Selain itu, kandungan ini juga dapat mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga kandungan MCT bisa lebih mudah diolah menjadi keton, yakni sumber energi utama pada otak.

 

Keton memiliki efek luar biasa untuk menghasilkan energi terutama pada otak seperti mencegah epilepsi maupun Alzheimer. Sementara itu, lansia mengalami penurunan tingkat metabolisme tubuh gula pada otak. Hal inilah yang menjadikan otak kekurangan energi dan memicu risiko terkena Alzheimer. Jika didampingi dengan pola hidup diet rendah karbohidrat, asupan ketin dapat memenuhi 70% kebutuhan energi otak.

 

  1. Mengandung Efek Anti-Mikroba

Seringkali kita menemukan kandungan VCO pada beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi, pembersih wajah atau makeup. Hal ini tidak mengherankan, mengingat VCO memiliki kandungan antimikroba yang ampuh membunuh kuman. Jika digunakan dengan tepat minyak VCO dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

 

Tak hanya itu, penelitian tabung reaksi juga menunjukkan hasil virgin coconut oil efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus  penyebab infeksi jamur pada manusia.


Nah, itulah manfaat virgin coconut oil yang dapat menutrisi tubuh secara penuh baik dari dalam maupun luar. Khasiat VCO memang tidak diragukan lagi, pasalnya banyak peneliti yang membenarkan dan sudah terbukti digunakan di berbagai produk kecantikan maupun kesehatan. Jika Anda membutuhkan virgin coconut oil, Anda bisa mengunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja produk tersebut.

 

Baca juga: Resep DIY Masker Rambut dengan Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO)

Baca juga: Benarkah Berbahaya? Tren Pakai Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai Sunscreen


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published