Ada Takarannya, Ini Jenis Beras yang Bantu Cegah Gula Darah untuk Hidup Sehat

hidup sehat

Pasien diabetes memiliki beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar jika tidak ingin gula darahnya melonjak. Penderita diabetes biasanya disarankan untuk mengganti konsumsi nasi putih dengan karbohidrat dari makanan lainnya. Mereka juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat agar gula darahnya tetap terkontrol.

Meski begitu, sebenarnya pasien diabetes masih boleh makan nasi putih, asalkan dengan jumlah terbatas. Beras atau nasi putih diketahui dapat memicu gula darah naik.

Nah, sebagai pengganti nasi putih, pasien diabetes bisa mengonsumsi beberapa jenis beras di bawah ini. Rasanya sama enaknya lho kalau diolah dengan baik.

  1. Beras Cokelat

Yang pertama ada beras coklat. Secara umum, beras cokelat dan putih berasal dari jenis padi yang sama. Bedanya, beras cokelat hanya menghilangkan kulit bagian terluar padi alias sekam. Itulah mengapa beras ini warnanya kecoklatan.

Dengan mengonsumsi beras cokelat dua kali dalam seminggu, diketahui dapat menurunkan risiko gula darah. Bukan itu saja, mengganti sepertiga dari porsi nasi putih dengan beras cokelat dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dalam 100 gram beras cokelat terkandung 2,8 gram serat, 7,9 gram protein, dan magnesium yang cukup tinggi. Tingkat glikemiknya sedang, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama jika mengonsumsinya.

  1. Beras Merah

Jenis beras lainnya yang bisa mencegah risiko gula darah melonjak yaitu beras merah. Beras ini berwarna merah karena kandungan antosianin di dalamnya. Beras merah tidak melewati proses pengupasan dengan bersih, sehingga masih tersisa lapisan merahnya.

Selain itu, kandungan serat di dalamnya adalah bagian penting. Sebab, tubuh tidak dapat mencerna serat, sehingga tidak memengaruhi gula darah. Mengonsumsinya akan membantu kamu mengontrol kadar gula darah dan mencegah glukosa naik.

hidup sehat

Sumber foto: Google

Seperti beras cokelat, tekstur beras merah juga lebih keras dibandingkan beras putih. Manfaat beras merah di antaranya yaitu membantu menjaga produksi sel darah merah dan hormon serotonin (hormon yang mengontrol nafsu makan) tetap seimbang. Ini karena beras merah kaya akan kandungan zat besi dan vitamin B6.

Dalam 100 gram beras merah terkandung 7 gram protein dan 2 gram serat.

  1. Beras Hitam

Dalam menu makan sehat, beras hitam belum sepopuler beras merah atau cokelat, padahal kandungan nutrisinya sangat bagus untuk pasien diabetes. Beras hitam mengandung protein, zat besi, dan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, kalori yang dihasilkan oleh beras hitam juga cenderung lebih rendah. Tentu ini sangat aman dikonsumsi para penderita diabetes.

Tekstur beras hitam keras dan pera, sehingga waktu memasaknya lebih lama jika ingin membuatnya lembut. Beras hitam mengandung vitamin E yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun tubuh, dan memperbaiki kerusakan sel.

Dalam 100 gram beras hitam terkandung 4,9 gram serat, 3,5 gram zat besi, dan 8,5 gram protein.

Itulah beberapa jenis beras yang dapat dikonsumsi pasien diabetes. Kombinasikan dengan sayur dan buah agar nilai gizinya seimbang dan lengkap. Selain makanan, penderita diabetes juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda atau yoga.

Jadi, mulai sekarang ayo hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga. Nah, kalau bingung beli bahan makanan sehat dimana, sekarang kamu belanja lebih praktis di Healthy Choice. Gak bingung lagi deh mau masak menu makan sehat apalagi, karena di sini tersedia aneka bahannya.

 

Baca juga: Tips Hidup Sehat Fisik dan Mental dengan Aktivitas Aerial Yoga

Baca juga: 6 Tips Hidup Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Pancaroba


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published