Apakah Aman Menambahkan Cuka Apel untuk MPASI Bayi? Ini Penjelasan Lengkapnya

cuka apel

MPASI alias makanan pendamping air susu ibu sebaiknya diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Sebaiknya berikan menu makan sehat berupa sayur dan buah sebagai bahan-bahan MPASI. 


MPASI pun harus diberikan sesuai takaran agar mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Meski begitu, penting dicatat bahwa MPASI bukanlah pengganti ASI! ASI tetap harus diberikan hingga si kecil menginjak umur 24 bulan, agar kebutuhan gizinya tercukupi secara optimal.


MPASI memang penting, tapi jangan diberikan begitu saja. Kamu harus memerhatikan apa yang boleh dan tidak untuk diberikan pada bayi. Lantas, apakah aman menambahkan cuka apel ke dalam MPASI bayi? Bukankah cuka sari apel adalah salah satu bahan alami yang bagus untuk kesehatan? Berikut ini jawabannya!


Cara Pemberian MPASI untuk Bayi

Menurut Mom Junction, cuka sari apel bisa ditambahkan ke dalam MPASI. Cuka sari apel sendiri adalah bahan alami yang serbaguna. Yang jika diberikan pada si kecil sebagai makanan pendamping, akan memberikan berbagai manfaat kesehatan.


Karena mengandung asam asetat, pektin, biotin, polifenol, vitamin C, B1, B2, dan B6, tidak heran kalau cuka sari apel kerap masuk ke dalam daftar tips sehat sebagai salah satu bahan makanan yang banyak direkomendasikan.


Semua kandungan tersebut sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh bayi, pereda nyeri, dan mengatasi refluks asam. Tapi ingat, tidak semua jenis cuka apel aman untuk bayi. Sebaiknya pilih cuka sari apel yang sudah disaring, dipasteurisasi, dan diencerkan.


Karena, jika tidak disaring dikhawatirkan cuka sari apel tersebut masih mengandung bakteri yang membahayakan. Sedangkan, cuka sari apel yang tidak diencerkan bisa mengakibatkan sensasi terbakar pada kulit dan perut bayi, sebab tingkat keasamannya mencapai 5%.


Tips Mengolah MPASI dengan Cuka Apel

cuka apel

Sumber foto: Google

Ingin menggunakan cuka apel sebagai menu makan sehat bayi? Caranya campurkan 30 ml cuka sari apel ke dalam 230 ml air putih lebih dahulu. Kemudian, tambahkan satu sendok teh campuran tersebut ke dalam makanan si kecil.


Namun, jangan berikan cuka apel ini setiap hari ya. Karena pemberian cuka sari apel secara rutin justru bisa memicu reaksi alergi hingga gangguan pencernaan pada bayi. Masih Ragu? Kamu boleh konsultasi lebih dulu dengan dokter anak sebelum memberikan jenis makanan baru kepada bayi, termasuk cuka sari apel.


Selain si kecil, kamu dan anggota keluarga lain juga bisa mengonsumsi cuka sari apel untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Asalkan selalu perhatikan ukuran yang tepat dan jangan berlebihan. Agar kesehatan keluarga di rumah terjaga, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat yang seimbang, ya.

Mengonsumsi menu makan sehat, rutin berolahraga, dan menjaga kualitas tidur adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan.


Tertarik mengonsumsi cuka apel tapi bingung beli dimana? Di jaman yang serba canggih ini, kamu bisa membeli apapun dengan lebih mudah secara online, termasuk cuka sari apel.

Salah satunya bisa melalui website Healthy Choice yang terbukti terpercaya dan bahan-bahan yang tersedia pun sudah pasti berkualitas. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera beli cuka apel di sini sebagai tambahan MPASI si kecil!

 

 

Baca juga: Selain Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel

Baca juga: Terbukti Secara Ilmiah, Benarkah Cuka Apel Bisa Obati Sariawan Anak


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published