Benarkah Beras Coklat Sumber Gizi Terbaik untuk Si Kecil? Cek Faktanya

beras coklat

Biasanya ibu di rumah mengolah nasi putih menjadi bubur sebagai makanan pendamping ASI alias MPASI. Namun sebetulnya selain beras putih, kamu juga bisa memilih beras coklat yang lebih padat nutrisi.

Bubur yang terbuat dari beras berwarna coklat ini sebaiknya mulai diperkenalkan pada si kecil saat ia berusia lebih dari 6 bulan. Hal ini karena mereka perlu makanan yang lebih padat daripada ASI, sebab mulai tumbuh gigi. Selain itu, lambung si kecil juga harus mulai dibiasakan mengolah makanan.

Apa saja keunggulan beras coklat dibanding nasi putih? Perbedaannya bukan hanya dari warnanya saja ya. Lapisan terluar dari beras biasanya dihilangkan sehingga warnanya menjadi putih. Sedangkan pada beras coklat, lapisan terluar yang disebut aleurone tidak dibuang karena mengandung gizi yang bagus untuk tubuh.

Apa Bedanya dengan Beras Merah?

beras coklat

Sumber foto: Google

Dedak dan bekatul pada beras coklat utuh menjadikannya pilihan yang lebih baik dibanding nasi putih. Pigmen yang terkandung di dalam beras inilah yang memberinya warna. Jika jumlah pigmen tersebut tinggi, maka warnanya bisa menjadi lebih merah, hitam atau ungu. Dengan begitu, beras coklat bisa disebut sebagai jenis lain beras merah.

Pigmen yang disebut antosianin ini merupakan gudangnya antioksidan. Namun, nasi merah juga tinggi akan kandungan mangan yang berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tubuh.

Manfaat Beras Coklat

Banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi nasi putih karena tampak lebih bersih. Padahal, aleurone yang dimiliki beras coklat kaya akan potasium, kalsium, magnesium, tiamin, protein, dan serat.

Dengan kandungan nutrisinya yang padat, tidak heran kalau beras jenis ini kerap menjadi bagian dalam menu makan sehat. Nah, berikut ini beberapa manfaat beras coklat yang bagus untuk tubuh dan bisa menjadi alternatif asupan karbohidrat dalam pola hidup sehat kamu:

  • Tinggi akan kandungan selenium yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, nyeri sendi, dan kanker.
  • Dapat mencukupi kebutuhan mangan hingga 80% dari kebutuhan tubuh. Mineral jenis ini akan membantu mensintesis lemak dalam tubuh.
  • Mengandung minyak netral yang dapat menurunkan kolesterol.
  • Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan lebih baik dibandingkan beras putih. Serat juga membuat perut merasa kenyang lebih lama.
  • Kandungan nutrisinya terjaga karena tidak melewati proses pemutihan dan pengikisan.
  • Kaya akan antioksidan, bahkan kandungan ini setara dengan yang dimiliki oleh stroberi dan bluberi.
  • Lebih rendah gula, sehingga cocok dikonsumsi para penderita diabetes. Konsumsi beras coklat setiap hari juga membantu tubuh terhindar dari risiko memburuknya diabetes hingga 60%.

Menu makan sehat untuk anak memang harus padat nutrisi alami dan serat untuk membantu memenuhi kebutuhannya di masa pertumbuhan. Kandungan serat yang tinggi pada beras coklat diketahui juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan si kecil lho.

Itu dia beberapa manfaat yang dimiliki oleh beras berwarna coklat ini. Meski belum cukup umum, tidak ada salahnya untuk beralih ke beras yang lebih sehat bukan?

Sekarang, kamu bisa membeli beras coklat di Healthy Choice. Selain beras, di sini juga tersedia aneka bahan pangan yang mendukung pola hidup sehat kamu. Tunggu apalagi? Yuk mulai konsumsi makanan yang lebih sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit!

 

Baca juga: Beras Hitam vs Beras Putih, Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi

Baca juga: Dipercaya Bantu Kendalikan Gula Darah, Begini Cara Penyajian Beras Hitam

 


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published