Benarkah Cuka Apel Dapat Mengurangi Nafsu Makan Secara Sehat?

Benarkah Cuka Apel Dapat Mengurangi Nafsu Makan Secara Sehat?

Siapa yang tidak kenal cuka apel alias cider vinegar? Meski rasanya asam, cuka ini sangat disukai dan banyak dipakai orang. Cairan asam ini biasa digunakan untuk mengasinkan daging, ikan atau saus salad. 

Pembuatannya sendiri berasal dari perasan fermentasi apel, mirip seperti proses pembuatan alkohol. Jadi setelah mendapatkan sari apel dengan cara melumat dan diperas buahnya, bakteri dan ragi ditambahkan untuk memulai fermentasi. 

Kandungan gula alami pada apel juga akan menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi selanjutnya, alkohol akan diubah jadi cuka oleh acetobacter yang merupakan bakteri pembentuk asam asetat.

Cuka yang didapatkan dari proses fermentasi panjang tersebut juga menghasilkan berbagai komponen. Seperti asam galat, asam asetat, katekin dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikannya bermanfaat sebagai antibakteri dan antioksidan.

Lalu apakah benar cuka apel bisa mengurangi nafsu makan? Simak dulu ya manfaat-manfaatnya di bawah ini!

  • Mengontrol Gula Darah
  • Zat pektin di dalam cuka jenis ini adalah serat larut yang dapat membantu melepaskan glukosa ke dalam darah secara perlahan. Hal ini menghindari kenaikan glukosa secara mendadak.

  • Meredakan Nafsu Makan
  • Bagi kalian yang penasaran apakah cuka satu ini bisa menekan nafsu makan, jawabannya, yups! Memang benar. Cairan asam satu ini dipercaya dapat membantu meredakan nafsu makan dan bisa mempertahankan berat badan. Caranya yaitu dengan menghancurkan lemak. Sehingga, berat badan akan menurun secara alami.

  • Meningkatkan Metabolisme
  • Mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan mineral membuatnya mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

    cuka apel

    Sumber foto: Google

  • Menghilangkan Racun Dalam Tubuh
  • Cairan satu ini adalah diuretik yang sangat bagus untuk membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai obat kembung dan meredakan nyeri haid.

  • Melawan Infeksi
  • Cuka apel mengandung malic acid yang ampuh dalam melawan infeksi bakteri dan jamur. Kandungan ini juga dapat melawan timbunan uric acid yang terbentuk di persendian serta bisa meredakan nyeri sendi.

  • Melancarkan Pencernaan
  • Kamu sering mengalami masalah pencernaan? Konsumsi cuka sari apel bisa menjadi solusi tepat. Menurut sebuah penelitian, jenis cuka ini dapat membantu mengobati perut kembung dan konstipasi. Setelah masalah pencernaan teratasi, perut pun jadi lebih nyaman, dan langsung sehat tentunya.

    Ingin beli tapi takut produknya palsu? Ada beberapa cara untuk memastikan apakah cuka sari apel tersebut asli atau palsu. Produk asli memiliki aroma khas yang bagi sebagian orang mungkin cukup menyengat. Namun, justru bau yang tajam tersebut bisa menjadi tanda keaslian cuka tersebut.

    Cuka sari apel asli tidak memiliki bahan-bahan tambahan lainnya seperti garam, pewarna atau pengawet. Pada kemasan produk asli biasanya terdapat tulisan ‘Raw’. Artinya produk tersebut terbuat dari bahan dasar apel asli, baik bagian kulit atau daging buahnya.

    Cara lainnya yaitu dengan melihat warnanya. Warna cuka sari apel yang asli terlihat pekat dan lebih keruh. Cek juga pada label kemasan apakah tercantum tulisan ‘unfiltrasi’ dan ‘unpasteurisasi’. Ini untuk memastikan apakah cuka tersebut dihasilkan tanpa proses pemanasan dan penyaringan. Sehingga kandungan nutrisinya tidak berkurang atau rusak. Kalau masih ragu, kamu bisa membeli cuka apel disini yang bisa dipastikan keasliannya. 

     

    Baca juga: Menu Diet Sehat Anak untuk Cegah Obesitas

    Baca juga: 5 Manfaat Penting Oatmeal untuk Sarapan Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published