Jangan Dilewatkan! Ini Makanan Sehat Sumber Protein Nabati untuk Anak

Jangan Dilewatkan! Ini Makanan Sehat Sumber Protein Nabati untuk Anak

Mengonsumsi menu makan sehat bisa menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi adalah kacang hijau organik, karena kaya serat dan padat nutrisi.


Salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Baik protein nabati ataupun hewani, keduanya dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, seperti pembentukan otot dan tulang, serta menjaga imunitas tubuh. Meski sama-sama dibutuhkan, masih banyak orang tua yang hanya mengandalkan protein hewani saja. Padahal, protein nabati juga tidak kalah baiknya.


Pilihan Sumber Protein Nabati untuk Anak

Sejak anak mengonsumsi MPASI, kamu bisa memberikan protein nabati. Berikut ini pilihan sumber protein nabati yang dapat diolah menjadi menjadi makanan kesukaan anak:


  1. Kacang Kedelai

Siapa yang tidak kenal tempe? Olahan kacang kedelai satu ini mengandung protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gram tempe mengandung sekitar 37 gram protein. Selain protein, tempe juga diperkaya dengan serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat.


Olahan dari kacang kedelai lainnya yaitu tahu. Seperti tempe, tahu juga mengandung protein, meski kadarnya lebih rendah. Dalam 100 gram tahu, hanya mengandung 10 gram protein. Tahu dan tempe ini adalah sumber protein nabati yang dapat diolah menjadi aneka masakan, mulai digoreng, ditumis, bahkan dijadikan semur. 


  1. Kacang Hijau dan Kacang Merah

Dalam 100 gram kacang hijau organik, mengandung sekitar 8,7 gram protein. Selain itu, kacang hijau organik juga memiliki kandungan serat, asam folat, karbohidrat, lemak, dan zat besi. Bukan kacang hijau saja, kacang merah juga bisa menjadi sumber protein nabati untuk si kecil. Dalam 100 gram kacang merah, terdapat 10 gram protein, karbohidrat, serat, dan lemak.


  1. Alpukat

Alpukat sudah sejak lama menjadi pilihan menu makan sehat karena mengandung beragam nutrisi seperti serat, lemak baik, protein, dan karbohidrat. Dalam 100 gram daging buah alpukat mengandung 0,9 gram protein. Kamu bisa menjadikannya sebagai jus, campuran salad, isian roti lapis, atau dimakan langsung.


makanan sehat

Sumber foto: Google


  1. Jagung

Selain rasanya manis, jagung juga merupakan salah satu sumber protein nabati, lho. Dalam 100 gram jagung, terkandung 9,8 gram protein. Selain itu, kandungan lainnya di dalam jagung adalah karbohidrat, lemak, dan serat. Tips sehat mengolah jagung yaitu dengan merebus atau dijadikan sup.


  1. Brokoli

Dalam 100 gram brokoli, mengandung sekitar 2,8 gram protein. Selain itu, sayuran hijau yang kerap masuk dalam daftar menu makan sehat ini juga mengandung vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Tips sehat mengolah brokoli yaitu dengan mengukus, menumis, atau memanggangnya.


  1. Kentang

Setiap 100 gram kentang mengandung 2,1 gram protein. Kentang juga diperkaya dengan vitamin B, kalium, dan serat. Umbi satu ini juga bisa kamu olah menjadi beragam makanan, mulai dari sup hingga camilan sehat untuk anak.


Itulah beberapa makanan sumber protein nabati yang bisa kamu berikan untuk si kecil. Meski begitu, konsumsi protein hewani tetap dianjurkan ya. Sebab, ada zat gizi yang lebih banyak terkandung dalam sumber protein hewani, salah satunya vitamin B12.


Untuk mendukung menu makan sehat harian di rumah, sekarang kamu bisa belanja aneka bahan makanan dengan praktis dan mudah lewat Healthy Choice. Bahkan, tersedia juga kacang hijau organik dan bahan pangan sehat lainnya. Ingin tahu apa saja? Cek dulu di sini!

 

Baca juga: Jadi Menu Andalan, Ini Rekomendasi Makanan Sehat Tinggi Serat yang Baik untuk Anak 

Baca juga: Rekomendasi Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published