Mengenal Sorgun dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Sorgun dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Menjalankan hidup sehat tidak melulu selalu dirasa sulit, banyak makanan yang tetap dapat kamu manfaatkan dan kreasikan untuk menjadi makanan pokok maupun untuk makanan pendamping. Contoh adalah menggunakan bahan sorgum yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. 

Sorgum sendiri biasa juga disebut sebagai cantel atau gandrung.  Sorgum adalah tanaman yang bijinya bermanfaat sebagai pakan. Bahan dasar energi biodiesel dan bahan pangan. Namun sorgum dapat dijadikan sebagai bahan makanan pokok yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat banyak, bahkan lebih banyak dari sumber karbohidrat.

Bentuknya sendiri mirip seperti jagung, bedanya adalah ukurannya yang agak lebih kecil dibandingkan dengan jagung. Adapun beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika ingin memakan bahan makanan yang satu ini. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Manfaat Sorgum yang Perlu Kamu Ketahui

1. Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

sorgum

Kabar gembira untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, karena sorgum dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pokok makanan pengganti nasi. Kamu dapat melengkapi sorgum dengan makanan pendamping lain atau lauk pauk yang tentunya memiliki nutrisi yang kaya akan vitamin dulu.

Bahan pangan yang satu ini diperkaya dengan kandungan pati yang memiliki susunan yang lebih kompleks dibanding biji-bijian. Selain itu, juga dilengkapi dengan serat tinggi sehingga cepat dicerna tubuh. Tidak ada lagi kata untuk sulit buang air karena makanan ini kaya serat dan baik untuk pencernaan. 

2. Dapat mencegah tumbuhnya sel kanker

Khasiat Lainnya pada bahan makanan sorgum adalah adanya komponen antioksidan yang tinggi yaitu fenol dan tanin. Fenolik yang terkandung sangat baik bagi tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Selain itu kandungan tanin juga sangat berguna untuk mencegah penyakit kanker.

Tanin sendiri merupakan zat penyusun pigmen pada sorgum sebagai penghambat pembentuk enzim yang memicu timbulnya sel kanker yang merambat di dalam tubuh. Penyakit berbahaya ini tentu dapat diatasi dengan mengkonsumsi sorgum secara rutin.Menjaga kadar gula darah

Sorgum termasuk kedalam biji-bijian yang untuk dan tersusun dari zat-zat dengan struktur yang kompleks seperti pati, serat, asam fenolat, dan antioksidan. Seluruh nutrisi yang terkandung dalam sorgum sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

3. Meredakan bengkak atau radang

sorgum

Manfaat sorgum selanjutnya adalah mampu meredakan bengkak maupun radang yang diderita seseorang. Dimana kandungan yang terdapat pada makanan ini dapat membantu proses penyembuhan luka. Komponen polifenol pada sorgum, yang tidak lain adalah asam fenolat, merupakan agen anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan pada tubuh.

4. Menjaga kadar kolesterol

sorgum

Keunggulan dan manfaat terakhir yang terkandung dalam sorgum adalah dapat menjaga kadar kolesterol. Karena di dalam bahan makanan ini mengandung zat lipia atau policosa yang dapat menghambat sintesis kolesterol dalam tubuh. Zat ini menurunkan kadar kolesterol (plasma non-HDL).

Selain itu sorgum juga dipercaya untuk mengatasi penyakit celiac. Penyakit ini umumnya terjadi karena adanya faktor utama dari berlebihnya kadar gluten. Yaitu protein terkandung dalam bahan makanan yang mengandung tepung.


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published