Makanan Sehat Ini Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

makanan sehat

Tidur yang nyenyak sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tidur bisa mengembalikan energi yang telah terkuras seharian, bahkan dapat mencegah stress dan sejumlah penyakit berbahaya. Mengutip dari Healthline, tidur mampu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Secara umum, orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Akhir-akhir ini kamu merasa kesulitan tidur? Tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu mendapatkan tidur berkualitas. Salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

Daftar Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Makanan di bawah ini mampu membuat tidur lebih nyenyak. Namun, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsinya tepat sebelum tidur. Kamu tetap harus memberikan jeda makan satu hingga dua jam sebelum tidur. 

Meskipun makanan sehat yang dikonsumsi, tetap saja tidak disarankan untuk langsung tidur. Karena, justru dapat membebani pencernaan dan meningkatkan kadar gula darah. Berikut makanan sehat yang baik kamu konsumsi sebelum mulai terlelap.

makanan sehat

Sumber foto: Google

  • Kacang Almond
  • Kacang almond merupakan sejenis kacang pohon yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kacang almond memiliki kandungan fosfor, riboflavin hingga mangan yang diyakini dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2. 

    Lemak sehat, serat dan antioksidan di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan melindungi sel-sel dari peradangan.

    Makanan sehat satu ini juga menjadi salah satu sumber hormon melatonin paling baik. Melatonin sendiri dapat mengatur jam internal dan mengirim sinyal kepada tubuh untuk tidur. Tak heran kalau kacang almond sangat ampuh untuk memperbaiki kualitas tidur.

  • Buah Kiwi
  • Kiwi merupakan buah yang sangat bernutrisi dan rendah kalori. Dalam satu buah kiwi bisa mengandung 42 kalori dan vitamin C, potasium, folat dan berbagai mineral lain. Mengkonsumsi buah kiwi bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan. 

    Ini dikarenakan kandungan serat dan antioksidan karotenoid di dalamnya yang tinggi. Serotonin dan antioksidan dalam kiwi ini lah yang bisa membuat tidurmu semakin berkualitas.

  • Ikan Berlemak
  • Ikan berlemak seperti tuna, salmon, trout dan mackerel merupakan sumber vitamin D. Selain itu, ikan berlemak juga tinggi akan asam lemak omega-3, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

    EPA dan DHA dikenal dapat membantu menangani peradangan. Selain itu, omega-3 mampu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit jantung. Kombinasi omega-3 dan vitamin D di dalam ikan berlemak juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Karena kedua zat ini sudah terbukti dapat merangsang produksi serotonin.

  • Kacang Kenari
  • Kacang kenari mengandung lebih dari 19 vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya yaitu fosfor, magnesium, mangan dan tembaga. Kacang kenari juga memiliki asam lemak omega-3, asam linoleat dan sumber melatonin 

  • Oat
  • Oat adalah sumber makanan yang kaya akan mineral, vitamin dan asam amino yang mampu mendorong produksi melatonin. Makanan sehat ini pun mampu meningkatkan produksi insulin.

  • Madu
  • Cukup dengan satu sendok madu mampu membantu menstimulasi pelepasan melatonin di otak dan melumpuhkan orexin yang membuat tubuh tetap waspada. Dengan begitu tubuh menjadi lebih santai.

  • Pisang
  • Meski pisang adalah salah satu makanan penambah energi, tapi buah satu ini tinggi magnesium yang membantu melemaskan otot. Selain itu juga ada melatonin dan serotonin, sehingga bisa mendorong kamu untuk tidur.

    Itulah tujuh makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Nah, kalau kamu sedang mencari rekomendasi kacang almond, oat maupun berbagai makanan sehat lainnya, cek Healthy Choice ya!

     

    Baca juga: Alasan Beras Organik yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Lambung

    Baca juga: Mengenal 7 Khasiat Beras Coklat yang Menyehatkan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published