Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Secara Sederhana

pola hidup sehat

Kondisi tubuh yang mudah sakit disertai lelah dan munculnya penyakit dapat diakibatkan karena pola hidup sehat yang tidak dibiasakan. Padahal menjaga kondisi tetap prima dimulai dari menjalankan hidup sehat, sehingga akan rentan terkena berbagai macam penyakit yang dapat menghinggap kapan saja.

Kamu bahkan dapat melakukan pola hidup sehat dengan cara memakan makanan yang sehat dan menjalankan rutinitas kebugaran lainnya. Menjaga pola hidup yang baik akan membuat kamu selalu sehat, selain itu kamu juga tidak akan mudah merasa sakit ataupun kelelahan hanya karena melakukan aktivitas sederhana.

Hal yang penting dalam menjalankan pola hidup sehat adalah konsistensi yang kuat, karena tak jarang pola hidup sehat hanya berjalan di awal-awal saja, karena banyaknya godaan yang menghampiri dan rasa malas yang datang tanpa adanya perencanaan apapun. Berikut ini merupakan beberapa cara menjaga pola hidup sehat.

Langkah-langkah Menjalankan Hidup Sehat dan Bugar

  • Mengatur pola dan makanan yang masuk dalam tubuh 
  • pola hidup sehat
    Sumber foto: Canva

    Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh merupakan hal yang paling mempengaruhi kondisi tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, dari makanan juga dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya selama dikonsumsi secara rutin tanpa adanya asupan nutrisi dan gizi.

    Untuk itu kamu perlu memenuhi kecukupan gizi yang seimbang untuk membentuk badan yang ideal dan terhindar dari berbagai penyakit. Adapun gizi yang seimbang diantaranya adalah karbohidrat, serat, protein, lemak baik, serta asupan vitamin yang cukup. Sebagai pengganti nasi kamu dapat menggunakan, ubi-ubian, kentang, jagung, atau sorgum.

    Selain itu kamu dapat memenuhi isi piring dengan sayuran dan makanan non tepung lainya. Pastikan kamu juga mengurangi makanan yang berminyak dan bersantan. Seperti gorengan dan jenis makanan lainnya.

  • Membatasi asupan gula yang dikonsumsi
  • Perlu diperhatikan lebih seksama bahwa makanan yang terlalu manis dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Untuk itu, kamu harus mengurangi makanan yang mengandung banyak gula. Selain makanan, kopi, teh, soda, dan jenis minuman berasa lainnya juga kurang baik untuk dikonsumsi secara berlebih. Tipsnya kurangi gula setiap menyeduh kopi atau teh.

  • Memperhatikan waktu tidur
  • Waktu tidur sering kali diabaikan, padahal tidur merupakan bagian yang cukup penting dalam menjaga pola hidup sehat. Kamu harus lebih sering memperhatikan waktu tidur. Pastikan kamu tidak begadang karena dapat memicu banyak penyakit dan stress yang muncul.

    Tipsnya adalah hindari mengkonsumsi kopi di sore hari, mencoba tidur dan bangun diwaktu yang sama setiap hari atau membiasakan tidur cepat dan bangun cepat. Tidur dalam kondisi tidur juga dapat membuat kamu lebih mudah tidur.

  • Banyak minum air putih
  • Menjaga cairan tubuh agar selalu terhidrasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga pola hidup sehat. Selain itu air putih juga dapat menjaga fungsi otak agar lebih konsentrasi. Serta membuat suasana hati lebih baik. selain itu air putih juga akan membantu membakar kalori.

  • Menghindari stress sebisa mungkin
  • Hindarilah stress sebisa mungkin. Stress berlebih dapat mengakibatkan kadar kortisol meningkat dan dapat merusak metabolisme tubuh. Dengan olahraga rutin dan menjaga pola tidur yang baik dapat mengurangi tingkat stress.

  • Menjalankan olahraga dengan rutin
  • pola makan sehat

    Sumber foto: Canva

    Olahraga sangat dibutuhkan untuk memastikan tubuh, otak, dan hormon berfungsi optimal. Olahraga membantu mengurangi depresi dan risiko berbagai penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe-2, alzheimer, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Sehingga olahraga yang cukup dapat menyehatkan badan dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

     

    Baca juga: Mengenal Sorgun dan Manfaatnya untuk Kesehatan

    Baca juga: 7 Keunggulan Beras Hitam yang Harus Diketahui


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published