Rekomendasi Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Rekomendasi Menu Makanan Sehat yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Menu makan sehat adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selama ini, kamu mungkin berpikir bahwa makanan yang sehat hanya mengandung sayuran saja. Padahal, asupan nutrisi lainnya juga dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhannya.

Betul sekali, penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan juga mineral. Jadi, bukan sayuran saja, karena setiap hari anak perlu mendapatkan asupan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya. Lalu, apa saja makanan yang baik untuk pertumbuhan si kecil? Simak daftarnya berikut ini.

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Selain ditambahkan ke dalam menu makan, kamu juga bisa menjadikan beberapa makanan ini sebagai camilan sehat. Apa saja sih makanannya?

  • Telur
  • Telur mengandung nutrisi yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan otak, yaitu asam lemak omega-3, protein, zat besi, dan lutein. Keempat kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak.

    Selain itu, kuning telur juga memiliki kandungan kolin, yaitu mikronutrien yang dapat meningkatkan fungsi otak, mengatur mood, dan daya ingat.

  • Beri-berian
  • Kelompok beri-berian, seperti buah blueberry, stroberi, dan raspberry, kaya akan vitamin C serta flavonoid yang bisa membantu melindungi sel dari kerusakan.

    Jika si kecil tidak suka memakannya langsung, kamu bisa menjadikan buah-buahan ini menjadi jus atau smoothies. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam adonan cupcake sebagai camilan sehat anak.

  • Wortel
  • Wortel mengandung beta-karoten, yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin jenis ini bermanfaat untuk membantu menjaga dan melindungi selaput lendir, sehingga mencegah bakteri masuk ke dalam sistem imun anak.

    Selain dijadikan sayur atau makanan lain, kamu juga bisa menjadikan wortel sebagai finger food dengan cara direbus atau dikukus lebih dulu.

    makanan sehat

    Sumber foto: Google

  • Keju
  • Kebanyakan anak pasti menyukai menu makan sehat yang satu ini, apalagi kalau dijadikan topping makanan lain. Yup! Keju mengandung kalsium dan vitamin D yang bagus untuk tulang anak. Selain itu, keju juga bisa dijadikan sebagai pilihan camilan sehat bagi anak yang kurang berat badan karena tinggi kalori.

  • Yoghurt
  • Produk susu satu ini mengandung probiotik yang bagus untuk sistem pencernaan dan membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium dan protein yang dapat memperkuat tulang serta membantu anak merasa kenyang lebih lama.

  • Gandum Utuh
  • Kalau kamu menerapkan pola hidup sehat, gandum utuh mungkin sudah menjadi menu sehari-hari. kamu bisa menemukannya dalam roti gandum atau oatmeal. Makanan satu ini memiliki kandungan vitamin E, omega-3, dan tinggi serat. 

    Serat sendiri bermanfaat untuk membantu anak kenyang lebih lama. Sementara itu, vitamin E dan omega-3 adalah nutrisi penting untuk otak karena bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif.

  • Kacang-kacangan
  • Kacang-kacangan mengandung antioksidan yang tinggi untuk melindungi membrane saraf. Ada beberapa jenis kacang yang dapat dikonsumsi anak-anak, seperti kedelai, almond, hingga kacang mede.

    Meski begitu, pastikan anak sudah bisa mengunyah dengan baik agar tidak tersedak.

    Itulah beberapa makanan yang bisa dimasukkan ke dalam daftar tips sehat kamu untuk mendukung tumbuh kembang anak.

    Nah, kamu bisa mendapatkan beberapa menu makanan sehat tersebut di Healthy Choice. Seperti gandum dan kacang-kacangan untuk dijadikan camilan sehat. Yuk langsung check out di sini!

     

    Baca juga: 8 Makanan Sehat Mengandung Magnesium yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

    Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published