Trik Membuat Olahan Oatmeal dengan Kreatif

Trik Membuat Olahan Oatmeal dengan Kreatif

Oatmeal ataupun havermut merupakan bahan makanan sejenis tepung kasar dari tumbuhan oat dan haver. Oatmeal memiliki berbagai nutrisi yang dapat menurunkan Kolesterol, namun rasa oatmeal yang hambar membuat bahan makanan ini kurang nikmat untuk disantap. Agar tidak terasa bosan, anda dapat membuat olahan oatmeal yang menarik.

Tidak sulit untuk mengolah oatmeal agar terasa lebih nikmat, anda bahkan dapat memanfaatkan bahan makanan yang mudah ditemukan agar rasa oatmeal tidak terasa hambar dan memiliki cita rasa yang jauh lebih enak.

Tak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol, oatmeal memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan organ tubuh terutama Jantung. Tak jarang penderita penyakit jantung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi oatmeal secara rutin. Selain itu, manfaat lain dari oatmeal adalah dapat menstabilkan gula darah.  

Berikut Cara Membuat Olahan Oatmeal yang Lebih Nikmat

  • Pancake Pisang

  • olahan oatmeal

    Pancake menjadi salah satu makanan yang sering dihidangkan pagi hari atau menemani kopi dan teh di sore hari sebagai cemilan sebelum makan malam. Cara membuatnya pun cukup mudah. Bahan-bahan yang harus anda siapkan diantaranya adalah oat, telur, pisang, susu cair dan mentega. Untuk proses membuatnya sebagai berikut:

    • Langkah pertama dalam membuatnya adalah haluskan oatmeal, telur, pisang, dan susu cair
    • Kemudian Panaskan teflon, oleskan mentega lalu tuang 1 centong adonan ke dalam teflon, masak hingga agak kecoklatan, lalu angkat dan sajikan. 
    • Untuk menambahkan rasa manis, anda dapat menuangkan madu.
  • Smoothies Oatmeal Stroberi

  • Smoothies menjadi salah satu hidangan yang menjadi tren saat ini. tampilannya yang dibentuk hingga sedemikian rupa memberi warna dan dapat menarik hati banyak pembeli. Namun anda dapat membuat smoothies sendiri dengan campuran oatmeal yang memiliki banyak nutrisi. Adapun langkah-langkah membuat Smoothies oatmeal stroberi sebagai berikut:

    • Siapkan blender, masukan oatmeal madu, pisang dan stroberi beku, haluskan semua bahan hingga menjadi bubur
    • Kemudian tuangkan smoothies kedalam mangkuk atau gelas, 
    • tambahkan buah-buahan sebagai topping diatas smoothies agar tampilan smoothies terlihat lebih menarik dan berwarna.
  • Bubur Oatmeal Gurih

  • olahan oatmeal

    Selain makanan yang manis, olahan oatmeal juga dapat dikreasikan menjadi makanan yang gurih. Untuk bahan-bahannya anda dapat menyiapkan oatmeal, dada ayam yang sudah direbus, air, kaldu ayam (air rebusan ayam), garam dan merica, cabe rawit, telur. Cara membuatnya:

    • Masak oat dengan air, lalu tambahkan garam dan merica, tunggu hingga terlihat mengental
    • Kemudian tambahkan potongan rebusan ayam, kaldu ayam, lalu aduk hingga matang
    • Setelah itu angkat dan letakan di dalam mangkuk, tambahkan bubuk cabe atau cabai rawit untuk penambah rasa pedas, masukan telur sebagai pemanis. 
  • Oatmeal Berries Granola

  • Olahan oatmeal selanjutnya cukup mudah, menu ini dapat anda jadikan sebagai cemilan sehat yang kaya akan nutrisi. Caranya siapkan oatmeal, granola, susu rendah kalori, dan madu sebagai penambah rasa manis. Langkah membuatnya:

    • Campurkan oatmeal, granola, susu rendah kalori dan madu
    • Tambahkan buah-buahan sebagai topping
  • Oatmeal Coklat

  • olahan oatmeal

    Olahan oatmeal yang terakhir wajib dicoba untuk para pecinta rasa coklat. Bahan-bahan yang harus disiapkan diantaranya adalah, oats, air, susu coklat rendah kalori, kurma, garam secukupnya. Tahapan membuatnya:

    • Masukan oats, air, susu cokelat rendah kalori, kurma, dan sedikit garam ke dalam panci
    • Aduk dan masak hingga matang
    • Letakan di dalam mangkuk
    • Tambahkan pisang dan stroberi
    • Anda juga dapat menambahkan yogurt dan kacang almond sesuai selera

    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published