Bumil Wajib Tahu, Ini Khasiat Beras Hitam untuk Dikonsumsi saat Hamil

beras hitam

Beras hitam adalah salah satu jenis beras yang cocok dijadikan bubur atau bahan membuat kue. Namun, beras hitam ini ternyata juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan zat besi di dalamnya yang sangat bermanfaat.

Jika menerapkan pola hidup sehat, beras hitam bisa dijadikan sebagai pengganti nasi putih. Tapi, jangan lupa imbangi juga dengan konsumsi sayur dan buah.

Khasiat Beras Hitam untuk Ibu Hamil

Beras jenis ini memiliki julukan forbidden rice karena di masa Cina Kuno, beras hitam hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan bangsawan saja.

Namun, kini julukan tersebut tidak berlaku lagi karena siapapun boleh mengonsumsinya. Jadi, apa saja manfaat beras hitam untuk ibu hamil? Ini dia daftarnya:

  1. Mencegah Sembelit

Ibu hamil rentan mengalami sembelit akibat perubahan hormon. Itulah mengapa, ibu hamil perlu mengonsumsi menu makan sehat yang kaya serat.

Nah, beras hitam adalah salah satu sumber serat yang bagus. Dalam setengah cangkir atau satu porsi beras hitam memiliki sekitar 3 gram serat. Kandungan ini dapat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah diare, kembung, dan sembelit.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes saat Hamil

Kandungan serat yang tinggi di dalam beras hitam juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes pada ibu hamil. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap glukosa yang berasal dari biji-bijian, sehingga kadar gula lebih terkontrol.

  1. Sumber Protein

Manfaat lainnya dari beras hitam untuk ibu hamil yaitu mendukung perkembangan janin. Hal tersebut karena beras hitam kaya akan kandungan protein. Setiap 100 gram beras hitam mengandung sekitar 8,5 gram protein.

Manfaat Beras Hitam Lainnya

beras hitam

Sumber foto: Google

Selain manfaat beras hitam untuk ibu hamil di atas, ada juga khasiat lainnya yang perlu kamu ketahui. Penasaran? Langsung saja simak infonya di bawah ini!

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Beras hitam mengandung fitokimia antosianin yang mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL). LDL sendiri dikenal sebagai salah satu penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah.

  1. Tinggi Antioksidan

Warna beras hitam yang gelap menandakan ia kaya akan kandungan antioksidan. Lapisan terluar dari biji-bijian satu ini mengandung lebih banyak antosianin yang merupakan jenis antioksidan.

Jumlah antosianin pada beras hitam sendiri lebih tinggi dibandingkan jenis biji-bijian lainnya, termasuk beras merah, quinoa, atau varietas gandum utuh lainnya.

Antosianin dapat membantu menangkal efek buruk radikal bebas yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, dan mencegah penyakit kardiovaskular. Senyawa ini juga bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak.

Sebagian besar nutrisi dalam beras terdapat di lapisan luar, kulit dan dedak. Namun, kandungan nutrisi pada beras putih banyak yang terbuang karena proses penggilingan. Sementara beras hitam tidak melewati proses pemurnian, sehingga kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat di dalamnya tetap terjaga.

  1. Sebagai Detoksifikasi Alami

Beras hitam bermanfaat sebagai detoksifikasi alami karena kandungan fitonutrien di dalamnya yang dapat membantu membersihkan penyakit dan racun dalam tubuh. Beras hitam juga membantu mengeluarkan zat yang tidak diinginkan dari organ hati lewat aktivitas antioksidannya.

Itulah berbagai manfaat beras hitam untuk ibu hamil. Ingin memulai pola hidup sehat? Sekarang ada Healthy Choice yang menyediakan aneka bahan makanan sehat. Termasuk beras hitam yang kaya nutrisi ini.

 

Baca juga: Beras Hitam vs Beras Putih, Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi

Baca juga: Dipercaya Bantu Kendalikan Gula Darah, Begini Cara Penyajian Beras Hitam


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published