Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

Penderita diabetes harus menjaga gula darahnya tetap stabil, salah satu caranya yaitu lewat pola hidup sehat. Diabetes merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat, bukan hanya di Indonesia tetapi juga beberapa negara lainnya.

Secara umum, diabetes mellitus diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat yang membuat kadar gula dalam darah menumpuk di atas batas normal. Penyakit ini bersifat kronis dan jangka panjang. 

Dalam kondisi normal, gula darah merupakan sumber energi bagi sel-sel dalam tubuh yang membentuk jaringan dan otot, termasuk untuk otak. Namun, jika kadar gula darah berlebihan, dapat berbahaya karena memicu penyakit diabetes.

Pengidap diabetes biasanya disarankan untuk menjalankan diet sehat dan memperbanyak makanan bergizi. Seperti mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah karena kadar indeks glikemiknya lebih rendah.

Diet yang tepat akan menjaga kadar gula darah pengidap diabetes tetap stabil. Meski harus menjalani diet, namun penderita diabetes masih boleh kok mengonsumsi camilan atau snack.

Asal, yang dikonsumsi adalah camilan sehat ya. Lantas, seperti apa sih snack sehat itu? Camilan yang dikonsumsi pengidap diabetes sebaiknya kaya akan serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi tersebut akan membantu mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Penasaran camilan sehat apa saja yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes? Langsung cek daftarnya berikut ini.

camilan sehat

Sumber foto: Google

  • Telur Rebus
  • Telur rebus bisa menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, dalam sebutir telur rebus berukuran besar juga mengandung sekitar 6,3 gram protein.

    Protein sendiri dapat membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan. Menurut penelitian, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi dua butir telur rebus setiap hari selama 12 minggu menunjukkan penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan.

    Kadar hemoglobin A1c, yang merupakan ukuran kontrol gula darah jangka panjang juga lebih rendah. Telur dapat meningkatkan rasa kenyang yang membantu mengurangi asupan kalori serta menurunkan berat badan.

  • Alpukat
  • Alpukat tinggi akan kandungan serat dan asam lemak tidak jenuh tunggal. Nutrisi ini membuat alpukat menjadi salah satu makanan yang ramah bagi pengidap diabetes. Sebuah studi membuktikan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang memasukkan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dalam menu sarapan sehatnya secara teratur mengalami peningkatan dalam kadar gula darah.

  • Salad Tuna
  • Dalam 5 ons tuna kaleng terdapat sekitar 20 gram protein tanpa lemak. Bukan hanya itu, tuna juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 meski dalam jumlah kecil, namun terbukti dapat membantu mengontrol diabetes karena perannya dalam mengurangi peradangan serta meningkatkan kontrol gula darah.

  • Popcorn
  • Popcorn adalah snack sehat yang rendah kalori, sehingga baik bagi pengidap diabetes. Pada satu cangkir atau sekitar 8 gram popcorn mengandung 31 kalori. Makan camilan yang rendah kalori dapat menurunkan berat badan yang selanjutnya mengurangi kadar gula darah hingga membantu mengelola diabetes tipe 2 secara keseluruhan.

    Selain itu, popcorn juga termasuk camilan tinggi serat. Dalam satu cangkir popcorn terdapat kandungan sekitar 1 gram serat.

  • Edamame
  • Selain kaya akan serat, edamame yang termasuk kacang-kacangan ini juga tinggi serat lho. Dalam satu cangkir atau 155 gram edamame terdapat 8 gram serat dan 18 gram protein.

    Bukan hanya itu saja, edamame juga memiliki kandungan isoflavon yang mampu mengurangi kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin pada pengidap diabetes.

    Itu dia camilan sehat yang baik untuk penderita diabetes. Agar terhindar dari penyakit ini, yuk mulai terapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Nah, sekarang kamu bisa mendapatkan bahan pangan sehat dengan lebih mudah di sini.

     

    Baca juga: Rekomendasi Camilan Sehat untuk Teman Ngopi yang Bikin Berat Badan Aman

    Baca juga: 5 Tips Daftar Camilan Sehat dan Enak Saat di Kantor, Tenang Berat Badan Aman


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan