5 Tips Hidup Sehat dengan Berolahraga untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang di Usia 40 Tahunan

hidup sehat

Ingin hidup sehat agar kepadatan tulang tetap terjaga di usia 40-an? Yuk simak ulasan tips hidup sehat dengan berolahraga di bawah ini!

Kepadatan tulang akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, kalau kamu sudah terbiasa menjalani pola hidup sehat sejak muda, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, maka risiko yang berhubungan dengan kesehatan tulang pun bisa berkurang.

Lalu, apakah kamu tahu kalau kepadatan dan kekuatan tulang mencapai puncaknya saat seseorang mencapai usia 30-an? Lalu, setelah usia tersebut kepadatan dan kekuatan tulang kamu bisa menurun.

Sementara itu, pada wanita dan pria di atas usia 20 tahun yang rutin berolahraga, biasanya memiliki kepadatan dan kekuatan tulang lebih optimal dibanding mereka yang tak berolahraga. Seperti kita tahu, salah satu manfaat olahraga adalah untuk membantu mencegah pengeroposan tulang alias osteoporosis di masa tua.            

Selain membantu tulang tetap sehat, olahraga juga mempertahankan keseimbangan tubuh dan kekuatan otot. Karena itulah, penting untuk berolahraga, terutama bagi orang dewasa yang telah didiagnosa osteoporosis.

5 Jenis Olahraga untuk Menjaga Kepadatan Tulang

hidup sehat

Sumber foto: Google

Olahraga yang selalu masuk dalam daftar pola hidup sehat memang bagus dilakukan oleh segala usia. Terutama kalau kamu sudah memasuki usia 40-an. Usia tersebut adalah waktu terpenting untuk berolahraga karena fungsi tubuh mulai menurun, seperti berkurangnya massa otot, penurunan hormon, dan metabolisme melambat sehingga mudah mengalami kenaikan berat badan. Akibatnya, risiko terpapar berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, darah tinggi, dan diabetes pun semakin tinggi.

Sebab itu, sebaiknya melakukan olahraga secara rutin dengan memerhatikan intensitas yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Berikut ini rekomendasi olahraga yang bagus untuk menjaga kepadatan tulang di usia 40-an:

  • Jalan kaki
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Yoga
  • Senam aerobik

Tapi, kalau kamu punya kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, masalah jantung, atau obesitas, sebaiknya tanyakan lebih dulu dengan dokter sebelum berolahraga secara rutin.

Terlebih lagi, kalau kamu mengidap osteoporosis, pastikan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai aktivitas yang aman dan cocok dilakukan supaya tidak berisiko patah tulang.

Nutrisi untuk Menjaga Kepadatan Tulang

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, kamu juga harus mengonsumsi menu sarapan sehat dan bernutrisi untuk mendukung kesehatan tubuh. Berikut ini tiga nutrisi yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang:

  • Kalsium, selain terkandung dalam produk susu, jenis nutrisi ini juga bisa ditemukan pada tahu, sayuran hijau, biji-bijian, ikan sarden, dan lainnya.
  • Vitamin D, bisa didapatkan dari kuning telur, ikan berlemak (makarel, salmon, sarden).
  • Magnesium, terkandung dalam kacang-kacangan, gandum, sayuran hijau, alpukat.

Untuk bisa berolahraga, badan tentu harus fit dong ya. Nah, untuk menjaga imun tubuh tetap terjaga, berikut ini lima nutrisi penting yang wajib masuk dalam menu makanan sehat sehari-hari:

  • Beta karoten, bisa didapatkan dari wortel, ubi, dan sayuran hijau.
  • Vitamin C, banyak terkandung dalam buah-buahan (jeruk, lemon, dan lainnya), brokoli, paprika.
  • Vitamin D, bisa didapatkan dari susu nabati, makanan fortifikasi, dan suplemen.
  • Vitamin E, bisa diperoleh dari biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, brokoli.
  • Zinc, biasanya terkandung dalam biji labu, biji wijen, kacang-kacangan, buncis, dan lentil.

Nah, sekarang kamu bisa mendapatkan aneka jenis biji-bijian yang kaya akan kandungan nutrisi dengan lebih mudah di sini. Jadi, jangan lupa selalu tambahkan dalam menu sarapan sehat harianmu dan dampingi hidup sehat dengan berolahraga juga ya!

 

Baca juga: Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Bedanya Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis

Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan