Kiat Penting Memberikan Snack Sehat untuk Gigi Si Kecil

Kiat Penting Memberikan Snack Sehat untuk Gigi Si Kecil

Sebagai orangtua yang sibuk, kamu mungkin merasa kalau menyediakan biskuit untuk anak merupakan pilihan yang lebih mudah dibanding menyiapkan menu makanan sehat.

Tapi, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan snack sehat kepada si kecil. Ingin tahu bagaimana memberikan snack sehat untuk gigi anak? Simak ulasannya berikut ini.

Tips Memberikan SnackSehat untuk Anak

Berikut ini beberapa tips penting yang bisa kamu tiru untuk memberikan camilan sehat kepada anak:

  • Simpan wortel atau beberapa anggur yang sudah dicuci bersih ke dalam lemari es, sehingga kamu bisa langsung mengambil sebagian kecil saat makan siang. Untuk anak, potonglah anggur jadi dua bagian agar ia tidak tersedak.
  • Sebelum kamu pergi tidur, isi wadah tertutup dengan beberapa potong keju dan buah cincang. Mungkin kamu memang perlu waktu beberapa menit untuk menyiapkannya, tapi ini akan menghemat waktumu pada esok hari karena camilan untuk si kecil sudah siap.
  • Masukkan camilan sehat untuk anak ke dalam kaleng biskuit, tapi bukan biskuit rasa manis ya. Kerupuk tawar, kue beras, kue gandum, dan stik roti bisa menjadi pilihan yang bagus.
  • Saat makan malam, rebuslah beberapa telur. Kamu bisa menyimpannya di lemari es hingga tiga hari, dan jadikan sebagai camilan yang enak untuk anak.

Trik Agar Anak Tertarik Makan Camilan Ramah Gigi

camilan sehat

Sumber foto: Google

Nah, agar anak tetap tertarik dengan camilan ini, kamu bisa melakukan beberapa trik di bawah ini:

  • Berikan beragam tekstur dan rasa supaya makanan lebih menarik. Renyah, lembut, panas, dingin, asam, manis, hambar, asin, dan pedas semuanya menarik. Sajikan menu makanan sehat yang berwarna-warni dan bentuknya menarik.
  • Tanamlah buah dan sayur di halaman rumah. Anak mungkin akan berminat untuk makan sayur dan buah yang ia petik sendiri di kebun rumahnya.
  • Pakai pemotong biskuit untuk membuat sandwich mini aneka bentuk yang lucu.
  • Ajak anak berbelanja bahan makanan dan biarkan ia memilih sayur, buah, dan keju. Dia mungkin lebih tertarik untuk memakannya jika memilihnya sendiri.
  • Perhatikan apakah anak bisa mengelompokkan buah menurut warna atau ukurannya. Potong buah-buahan yang besar agar terhindar dari bahaya tersedak serius.

Ide Menu Snack Sehat untuk si Kecil

Di bawah ini ada beberapa menu makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk mengganjal perut si kecil:

  • Buah
  • Buah merupakan pilihan camilan sehat yang populer baik untuk anak-anak maupun orang tua. Kamu bisa memberikan potongan buah segar maupun diolah sesuai resep camilan anak.

  • Sayuran yang Dipotong Kecil-kecil
  • Sebagian besar anak-anak tidak menyukai sayuran karena dianggap tidak menarik. Jadi, kamu harus memutar otak untuk menemukan menu makanan sehat yang berasal dari sayuran.

    Contohnya, kamu bisa memberikan salad sayur untuk si kecil. Salad sayur ini terdiri dari jagung, wortel, sayuran hijau, jamur, dan lainnya.

    Cari tahu jenis sayur yang disukai si kecil agar ia antusias saat memakannya. Pastikan untuk selalu mencuci sayuran tersebut hingga bersih dan masak sampai matang ya.

  • Ubi
  • Seperti kentang, ubi juga mengandung karbohidrat. Kamu bisa mengolahnya menjadi snack sehat untuk anak, baik dengan cara dikukus atau digoreng. Tidak kalah dengan kentang goreng, ubi goreng juga nikmat disantap dengan cocolan saus tomat.

    Itu dia beberapa tips dan menu snack sehat untuk anak, ingin cari bahan pangan sehat? Langsung saja kunjungi website Healthy Choice, di sini tersedia aneka bahan pangan yang bisa kamu olah jadi makanan sehat untuk si kecil.

     

    Baca juga: Rekomendasi Bahan Makanan yang Bisa Diolah Menjadi Snack Sehat

    Baca juga: 

    5 Snack Sehat Terbuat dari Bahan Organik yang Baik untuk Diet


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan