Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Minuman Sehat

Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Minuman Sehat

Jahe merah yang diolah menjadi jamu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti penurunan daya tahan tubuh hingga penurunan vitalitas. Jahe memiliki kandungan protein, lemak baik, asam organik, serta vitamin A, B, dan C. 

Jahe merah juga kerap kali digunakan untuk campuran obat-obatan, contohnya obat masuk angin dan sakit perut, karena memiliki kandungan dan efek farmakologis yang berkhasiat sebagai obat dan memperkuat khasiat obat.

Jahe merah disebut juga sebagai jahe sunti, karena rasanya lebih tajam dan lebih pedas. Selain itu, Jahe ini mengandung banyak khasiat, sehingga banyak produsen obat herbal yang menggunakan jahe merah sebagai bahan tambahannya.

Beberapa Langkah Mengolah Jahe Merah sebagai Obat Herbal

  • Mengatasi Sakit Perut

  • jahe merah

    Resep minuman jahe untuk mengobati sakit perut sangatlah sederhana. Pertama siapkan jahe merah sebesar jari. Tambahkan madu sebagai pemanis agar tidak terlalu terasa pedas serta penambah khasiat.

    Saat mengolah jahe, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih. Kamu bisa memarutnya, lalu mencampurkannya dengan setengah sendok makan air dan satu sendok makan madu. Kemudian peras campuran bahan tersebut dan saring, sehingga airnya dapat diminum.

  • Menjadi Obat Herbal Masuk Angin

  • Jahe merah dapat digunakan untuk membuat ramuan masuk angin. Caranya, kamu dapat mempersiapkan bahan-bahan seperti jahe seukuran jari, bengel setengah jari, dan  kencur 1 jari.

    Untuk proses membuatnya, cuci semua bahan sampai bersih kemudian potong. Lalu rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Kemudian tiriskan rebusan ramuan dan dinginkan, bagi menjadi 3 gelas untuk diminum 3 kali sehari. 

    Cara lainnya untuk mengatasi masuk angin dengan jahe merah adalah cuci jahe merah hingga bersih, kemudian parut jahe, campurkan parutan jahe dengan air lalu peras hingga mendapatkan sarinya. Lalu gosokan ramuan tersebut ke tulang punggung, tengkuk, perut, dan kaki. 

  • Mengatasi Rasa Mual

  • jahe merah

    Untuk mengatasi rasa mual, kamu dapat menyiapkan jahe merah yang sudah dibersihkan lalu iris tipis. Kemudian seduh dengan air panas dan campurkan madu. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari untuk mengatasi rasa mual.

    Ramuan jahe juga dapat menjadi pertolongan pertama bagi penderita difteri. Caranya adalah dengan mencuci bersih rimpang jahe terlebih dahulu, kemudian memarutnya dan tambahkan jeruk nipis serta madu murni ke dalam parutan jahe, peras dan saring campuran bahan tersebut. Jadikan ramuan sebagai obat kumur 3 kali sehari.

  • Obat Batuk Alami

  • jahe merah

    Banyak obat batuk mengandung jahe, kamu dapat membuatnya sendiri dirumah karena kamu dapat menghindari campuran bahan pengawet dalam obat batuk kemasan. Caranya rebus 3 ruas jari jahe merah dengan 2 gelas air. Pastikan sebelum merebusnya kamu mencuci jahe hingga bersih. Lalu rebus jahe hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

    Itulah tips cara mengolah jahe merah menjadi minuman sehat. Kalau kamu ingin mendapatkan jahe merah berkualitas dan pastinya organik, lewat website Healthy Choice saja ya.

     

    Baca juga: Benarkah Gula Aren Bisa Cegah Obesitas Sejak Dini

    Baca juga: Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Mengkonsumsi Jahe Merah untuk Ibu Hamil


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan