Ini Sumber Lemak Penting yang Bisa Jadi Pilihan untuk MPASI

virgin coconut oil

MPASI merupakan olahan makanan untuk bayi yang banyak dipenuhi nutrisi penting. Oleh karenanya, sebelum mengolah makanan pendamping ASI (MPASI), anda perlu memahami terlebih dahulu kandungan nutrisi yang sebaiknya ada di dalam makanan si kecil. Selain karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, bayi juga butuh asupan lemak guna melengkapi kandungan MPASI.

Mungkin anda akan bertanya-tanya sumber lemak tambahan seperti apa yang bisa menjadi pilihan untuk MPASI bayi? Yuk, simak informasi selengkapnya.


Pentingnya Kandungan Lemak dalam MPASI Bayi

virgin coconut oil

Sumber foto: Google


Menurut ikatan dokter anak Indonesia (IDAI), lemak yang ada di dalam ASI terbilang sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dari kandungan lemak dari susu formula. Oleh karenanya, saat bayi mulai belajar makan MPASI, komposisi lemak di dalam makanan bayi tersebut juga harus tinggi, sama halnya seperti yang ada di dalam ASI.

Hal ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tubuh dan otak bayi. Selain itu, asupan lemak di dalam MPASI bayi juga penting untuk menyediakan asam lemak esensial. Dimana lemak tersebut diperoleh dari makanan karena tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Asupan lemak juga turut membantu mengoptimalkan proses penyerapan vitamin larut lemak di dalam tubuh bayi dan meningkatkan persediaan energi.

Meski demikian, pemberian lemak untuk MPASI bayi tetap harus seimbang. Namun, anda bisa pilih jenis lemak sesuai dengan kebutuhan gizi si kecil. Nah, berikut ini sumber lemak penting yang bisa jadi pilihan campuran MPASI.


  1. Minyak Kelapa atau Virgin Coconut oil

Minyak kelapa sendiri terbagi menjadi dua jenis. Ada minyak kelapa biasa (refined coconut oil) dan minyak kelapa murni (virgin coconut oil atau VCO). Minyak kelapa biasanya diolah dari daging kelapa yang sudah dikeringkan kemudian diambil minyaknya. Sementara minyak kelapa murni (VCO) biasa diambil dari kelapa segar.

Namun, untuk campuran MPASI anda tak perlu ragu untuk memberikan minyak kelapa biasa maupun minyak kelapa murni (VCO) untuk bayi. Pasalnya, kedua jenis minyak kelapa tersebut sama-sama bisa diolah menjadi sumber lemak di dalam MPASI, namun jika ingin mendapatkan kandungan nutrisi yang lebih tinggi anda bisa memilih virgin coconut oil atau VCO.


  1. Minyak Zaitun

Seperti namanya, minyak zaitun terbuat dari sari buah zaitun yang dipers, sehingga menghasilkan minyak. Minyak tersebut juga sering kali dikenal dengan nama Olive oil  dimana merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal. Itu sebabnya, minyak zaitun bisa jadi salah satu pilihan sumber lemak untuk MPASI bayi.


  1. Margarin

Margarin adalah minyak nabati atau lebih tepatnya minyak kelapa sawit. Artinya, margarin juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan, tak terkecuali untuk bayi. Teksturnya yang cenderung padat dan mudah meleleh bisa menjadi sumber lemak tambahan untuk MPASI bayi.


  1. Mentega

Sekilas mentega dan margarin tampak sama. Tak heran, banyak orang yang kesulitan membedakan kedua sumber lemak ini. Mentega (butter) terbuat dari lemak hewani sehingga lebih banyak mengandung lemak jenuh dibandingkan dengan margarin.

Nah, untuk kebutuhan MPASI bayi, ada dua jenis mentega yang bisa anda pilih. Yakni, mentega dengan tambahan garam (salted butter) dan mentega tanpa garam (unsalted butter).


  1. Santan

Meskipun bisa menjadi sumber lemak untuk MPASI, namun pemberian santan untuk bayi hanya diperbolehkan sejak usia 6 bulan atau saat mulai belajar makan MPASI. Kandungan lemak di dalam santan sekitar 34 gram (gr), salah satu takaran yang tepat untuk diolah ke dalam MPASI bayi.
Selain itu, zat gizi yang terkandung dalam santan juga tak kalah banyak. Terlebih santan adalah sumber makanan yang mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau.

 

Itulah beberapa pilihan sumber lemak yang dapat diberikan untuk bayi sebagai MPASI. Jika anda membutuhkan sumber lemak virgin coconut oil anda bisa mengunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja. Sebagai orangtua penting bagi anda memastikan asupan lemak yang diperlukan untuk tumbuh kebangnya. Oleh karena itu pastikan anda memilih produk makanan terbaik untuk si kecil.

 

Baca juga: 5 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) : Menutrisi Tubuh dari Luar-Dalam

Baca juga: Apakah Boleh MPASI dari Tepung Beras untuk Bayi? Cek Faktanya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published