Manfaat Diet Vegetarian dan Jenis Makanan Sehat untuk Pasien Kanker

makanan sehat

Diet vegetarian sering dianggap pola makan terbaik bagi penderita kanker. Tapi perlu dicatat, menu diet sehat ini tidak bisa dilakukan sembarangan ya. Ada beberapa jenis makanan sehat yang harus diperhatikan agar manfaat diet ini bisa didapatkan secara maksimal.

Vegetarian bisa diartikan sebagai pola makan yang menghindari konsumsi daging dan produk olahan hewani. Asupan nutrisi dari menu diet sehat ini didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Namun, ada jenis diet vegetarian yang masih memperbolehkan konsumsi produk olahan hewani.

Berikut ini jenis-jenis diet vegetarian:

  • Lacto-ovo-vegetarian, yakni pola makan yang tidak memperbolehkan konsumsi daging, tapi masih bisa mengonsumsi susu, telur, dan produk olahannya.
  • Lacto-vegetarian, yakni pola makan yang menghindari konsumsi daging dan telur, tapi masih konsumsi susu dan produk olahannya masih diperbolehkan.
  • Ovo-vegetarian, yakni pola makan yang masih mengonsumsi telur, tapi menghindari konsumsi daging, susu, dan produk olahannya.
  • Vegan, yakni pola makan yang hanya mengonsumsi sayur-sayuran, tanpa daging, susu, telur, dan produk olahannya.

Manfaat Diet Vegetarian untuk Pasien Kanker

makanan sehat

Sumber foto: Google

Ada banyak manfaat diet vegetarian bagi kesehatan. Bukan hanya membantu menurunkan berat badan dan mengontrol kadar kolesterol, pola diet satu ini diketahui juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker.

Selain itu, pola makan ini juga bagus untuk penderita kanker. Manfaat diet vegetarian pagi pasien kanker yaitu:

  • Memperkuat sistem imun tubuh
  • Membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh
  • Mengurangi gejala kanker
  • Mengurangi efek samping pengobatan
  • Mengurangi kelelahan dan menjaga stamina tubuh

Jadi, bisa disimpulkan bahwa diet vegetarian ini bukan menyembuhkan penyakit kanker, tetapi untuk meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Jenis Asupan Diet Vegetarian untuk Penderita Kanker

Menu diet sehat untuk pasien kanker harus dilakukan dengan tepat. Sebab, diet ini menghindari konsumsi daging maupun produk hewani, sehingga dapat menimbulkan risiko kekurangan nutrisi.

Berikut ini beberapa jenis asupan diet vegetarian untuk pasien kanker yang baik dikonsumsi:

  • Makanan utuh padat nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, kacang, dan biji-bijian.
  • Makanan tinggi protein yang berasal dari produk nabati, seperti tempe, tahu, kedelai, oat, lentil, dan kacang arab.
  • Makanan yang kaya akan serat, seperti brokoli, edamame, chia seed, kacang polong, beras coklat, dan buah pir.
  • Makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, biji bunga matahari (kuaci), dan minyak zaitun.

Selain itu, pengidap kanker juga direkomendasikan untuk makan makanan yang mengandung senyawa fitokimia. Senyawa tersebut bisa didapatkan dari mengonsumsi buah beri, tomat, apel, teh hijau, bayam, pakcoy, dan bawang putih. Makanan-makanan ini dipercaya dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh.

Namun, tidak sedikit juga ahli yang menilai bahwa diet vegetarian pada pasien kanker tidak selalu baik. Jika pasien kanker menerapkan pola makan ini, ia tidak bisa mengonsumsi beberapa sumber protein hewani yang diduga bisa membantu mengurangi massa otot yang umum terjadi dalam pengobatan kanker.

Selain itu, efektivitas diet vegetarian untuk pasien kanker juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Sehingga, sangat penting untuk mendapatkan rekomendasi menu diet sehat yang tepat bagi pasien kanker dari dokter.

Nah, karena asupan lemak sehat, serat, dan protein nabati sangat dibutuhkan oleh tubuh, kamu bisa mendapatkan produk minyak zaitun hingga beras coklat lewat website Healthy Choice. Pilihan bahan makanan sehat lainnya juga bisa kamu dapatkan di sini.

 

Baca juga: Mengenal Superfood! Ini Daftar Makanan Sehat yang Termasuk Superfood

Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published