Baik Dikonsumsi Setiap Hari, Berikut Makanan Sehat Pembersih Usus

Baik Dikonsumsi Setiap Hari, Berikut Makanan Sehat Pembersih Usus

Sistem pencernaan yang normal akan mendukung dan meningkatkan kekebalan tubuh. Para peneliti percaya bahwa usus besar yang bersih berkaitan erat dengan penurunan berat badan.

Usus manusia sendiri adalah tempat tinggal bagi lebih dari 100 triliun mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut berasal dari makanan yang terdiri dari gabungan bakteri jahat dan baik. Jika bakteri jahat lebih banyak dari bakteri baik dan jumlahnya tidak seimbang, hal tersebut bisa menyebabkan gangguan fungsi tubuh, infeksi, atau penyakit berbahaya.

Karena itulah, usus berusaha untuk menjaga sistem pencernaan yang baik dengan menjaga jantung dan mengontrol tekanan darah dalam kondisi baik. Membersihkan usus melalui makanan dianggap penting untuk mendetoksifikasi dan meningkatkan metabolisme secara alami.

Lalu, makanan apa saja yang dapat membersihkan usus secara efektif sekaligus menurunkan berat badan? Simak daftarnya berikut ini.

  • Makanan maupun Minuman yang Tinggi Kandungan Probiotik
  • Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dicerna lewat mulut. Probiotik bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengusir bakteri jahat di pencernaan. Pada jenis tertentu, probiotik juga membantu mendukung produksi vitamin B dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung probiotik alami adalah yogurt, acar, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya.

  • Makanan Tinggi Serat
  • Serat merupakan jenis nutrisi yang tidak bisa diproses tubuh menjadi gula dan menjadi bahan makanan bagi bakteri sehat di dalam usus. Koloni bakteri sehat ini sangat dibutuhkan untuk penyerapan vitamin dan nutrisi ke dalam tubuh.

    Bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan alias diet, mengonsumsi makanan berserat adalah kunci. Sebab, makanan ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol kadar gula darah, hingga mengendalikan nafsu makan. Kamu bisa coba mengonsumsi BRM whole grain quinoa yang juga termasuk gandum utuh.

  • Oatmeal
  • Sumber foto: Canva

    Oatmeal termasuk gandum utuh yang baik bagi jantung dan organ pencernaan. Karena rasanya yang hambar, oatmeal sering dikonsumsi dengan dicampur yoghurt, potongan buah segar, maupun buah-buahan kering. Produk BRM Oatmeal adalah pilihan yang ideal karena kualitasnya yang tinggi dan diproduksi dengan standar yang ketat untuk memastikan nutrisi yang optimal.

  • Lemon
  • Sumber vitamin C satu ini adalah detoks alami bagi tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya sangat tinggi. Jus lemon diklaim mampu membersihkan usus besar dan mengobati peradangan.

     

  • Apel
  • Buah ini mengandung enzim bernama pektin yang menghilangkan racun dalam usus besar serta memperkuat lapisan di usus, sehingga kebersihan usus dan jaringannya dapat terjaga. Karena itulah, tak heran kalau apel sering dijadikan obat alami sembelit.

  • Alpukat
  • Alpukat dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan sumber lemak sehat yang tinggi dan bisa larut dalam usus. Hal ini sangat baik untuk memudahkan pergerakan usus dan menjaga kolon (usus besar) tetap bersih.

  • Lidah Buaya
  • Bukan hanya dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut saja, lidah buaya juga dapat mendetoksifikasi racun di usus karena tinggi antioksidan. Jika tertarik, kamu bisa mengonsumsi tanaman banyak dijumpai di negara tropis ini sebagai jus. Atau kalau ingin lebih praktis dan rasanya enak, kamu bisa membeli jeli lidah buaya yang banyak dijual di pusat perbelanjaan.

    Itu dia beberapa makanan sehat yang dapat membantu membersihkan usus. Namun mengonsumsi makanan bernutrisi seperti gandum utuh, buah-buahan tinggi vitamin, atau sayuran yang kaya serat saja tidak cukup untuk menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan. Karena kamu perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan mencukupi kebutuhan mineral harian.

    Setelah menyimak informasi di atas, sekarang saatnya ke Healthy Choice untuk mendapatkan produk-produk makanan sehat seperti BRM Whole Grain Quinoa yang tinggi serat. Tunggu apalagi? Yuk langsung belanja di sini!

     

    Baca juga: Mengenal Chia Seeds, Si Kecil Hitam yang Baik untuk Kesehatan Jantung

    Baca juga: Terbukti Secara Ilmiah, Benarkah Cuka Apel Bisa Obati Sariawan Anak


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published